VIVO S1 Smartphone Tangkas Penyempurna Tugas

Sebagai seorang desainer tentu saya membutuhkan sebuah smartphone yang tangkas untuk menyempurnakan tugas saya sehari-hari, Apakah smartphone itu?

Pikot Coffee & Resto tampak sepi sore kemarin. Hanya terlihat dua sampai tiga pelanggan yang duduk sambil menikmati kopi dan roti bakar. Biasanya menjelang sore hari, sudah banyak sekali pengunjung yang datang untuk melepas penat atau sekedar menikmati kopi beraroma khas gula aren. Sengaja saya mampir untuk mengecek pesan WA yang masuk dari beberapa klien.

Sejak minggu kemarin, komunikasi saya memang terfokus hanya dengan satu gadget yaitu laptop. Hal ini lantaran layar smartphone saya retak yang mengakibatkan sulitnya membaca pesan WA yang masuk. Jadi setiap hari saya terpaksa harus membuka pesan WA melalui laptop yang telah disinkronkan dengan pesan WA-web. Ya, semua terjadi akibat kondisi tergesa-gesa hingga smartphone saya terjatuh dan meretakkan sebagaian layarnya. Untungnya, tak sampai meretakkan hati saya juga.

Di Kafe PIKOT

Terpaksa Cek Pesan WA melalui Laptop karena layar pada smartphone retak.

Dok.pri

Sebagai seorang desainer, smartphone menjadi andalan saya untuk berkomunikasi dengan klien. Tanpa smartphone sulit rasanya untuk berkomunikasi dengan cepat. Hadirnya Sikumbang alias smartphone kesayangan saya, tentunya telah menemani saya selama ini untuk berkomunikasi dengan klien atau sekedar menjelajah jejaring sosial. Ketika layarnya retak dan tak sepenuhnya berfungsi dampaknya tentu menghambat komunikasi dengan beberapa klien. Alhasil pekerjaan yang harusnya selesai lebih cepat harus tertunda karena banyaknya revisi desain yang sulit untuk di follow up.

Mungkin sudah saatnya untuk Sikumbang purna tugas. Saya rasa ini waktu yang tepat menganti Sikumbang dengan smartphone idaman setelah tiga tahun lamanya bersama. Performa Sikumbang yang tak lagi segesit dulu, hasil kameranya yang jauh dari kata jernih, terlebih memorinya seringkali full tiba-tiba, mengisyaratkan bahwa Sikumbang selayaknya punya pengganti. Meskipun masih bisa diservice, namun acapkali smartphone idaman sering kali tersebsit sejak hadirnya smartphone kekinian.

Setiap hari iklan smartphone kekinian selalu berseliweran di jejaring sosial. Beberapa ada yang menarik perhatian karena tampilannya, ada juga yang membuat hati ini meleleh karena fitur yang ditawarkan. Bingung! sih iya, karena mencari smartphone idaman layaknya mencari pasangan hidup, ketika kita tepat memilih akan semakin banyak manfaat yang kita bisa dapatkan. Nah, ini dia kriteria smartphone idaman untuk menemani aktivitas saya sebagai seorang desainer.

Kriteria Smartphone Idaman

Resolusi Layar Full HD Plus

Layar sikumbang yang hanya berukuran 5,2 inci dengan resolusi HD, nampaknya belum memuaskan saya menikmati hasil karya desain melalui smartphone. Resolusi layar full HD Plus tentunya jadi kriteria pertama untuk smartphone idaman saya.

Kamera Dengan Fitur Kekinian

Hasil karya desain yang sudah terpampang di billbord ataupun pada media cetak lainnya tentunya harus diabadikan sebagai portfolio desainer. Kamera kekinian tentu menjadi alasan penting kenapa fitur kamera seperti Artificial Intelligence (AI) harus ada di smartphone idaman.

Performa Tangguh dengan Teknologi Terupdate

Memiliki smartphone lemot pasti sangat menjengkelkan. Selain berdampak pada proses komunikasi terkadang juga sulitnya mengakses data yang telah disimpan. Performa tangguh dengan teknologi terkini seperti keamanan finger print tentu menjadi perhatian penting dalam memilih smartphone idaman.

RAM dan Memori yang Besar

Seringnya menyimpan referensi desain tak menutup kemungkinan untuk menguras memori pada smartphone. Kalau memori penuh tentu akan menghambat proses penyimpanan data lainnya. Oleh karena itu RAM dan Memori yang besar diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Baterai Tahan Lama

Sebagai desainer yang memiliki aktivitas mobile, komunikasi menjadi hal terpenting di setiap keadaan. Smartphone dengan daya tahan baterai yang lama tentu menjadi sebuah faktor penting. Baterai yang tahan lama pastinya harus ada pada smartphone idaman. 

Kriteria diatas mungkin terbilang sederhana untuk saya, tapi pada kenyataanya itulah poin-poin yang penting yang bisa menunjang aktivitas saya sebagai seorang desainer. Tak butuh waktu lama untuk menentukan smartphone idaman, karena kriteria di atas ada pada smartphone yang satu ini yaitu Vivo S1. Inilah berberapa alasan kenapa Vivo S1 berhak menggantikan Sikumbang.

Desain Vivo S1 Memukau dan Kekinian

Desain menjadi salah satu faktor yang penting bagi seorang desainer seperti saya. Desain yang memukau dan kekinian tentu bisa menjadi inspirasi ketika saya mengalami artblock atau istilah lainnya dari buntu ide. Sejak pertama kali melihat tampilan desain Vivo S1, hanya kalimat inilah yang terbesit “Unlock Your Style”. Sesuai dengan taglinenya Vivo S1 mampu membuka gaya untuk berekspresi dengan smartphone kekinian.

Penampakan Smartphone VIVO S1  (Source: Vivo)

Smartphone Vivo S1 memiliki ukuran 6,38 inci dengan resolusi layar rasio aspek 19,5:9 Full HD Plus 1080 x 2340 membuat smartphone ini semakin kekinian. Screen-to-body ratio yang mencapai 90% membuat layarnya terbilang cukup lebar, pastinya memberikan pengalaman baru saat bermain game atau sekedar menonton film favorit. Pada area layarnya terdapat notch diatasnya, layaknya smartphone kekinian. Layar Vivo S1 juga dilengkapi dengan 6,38” Super AMOLED Ultra All Screen yang membuat warna tampilan layar semakin tajam dan akan tetap nyaman jika berada di bawah cahaya matahari.

Unlock your style ternyata bukan hanya sebagai tagline semata, tetapi memang benar-benar diaplikasikan dengan baik pada smartphone Vivo S1. Desain fitur yang satu ini pastinya paling berkesan saat membuka layar smartphone. Kini bukan lagi jamannya membuka kunci dengan pola, apalagi dengan sidik jari dibelakang handphone yang kadang sulit dijangkau. Kini telah hadir eranya Screen Touch ID, fitur terbaru membuka kunci layar hanya dengan sentuhan langsung pada layar. Awesome!

Layaknya smartphone high end, Vivo S1 juga didukung dengan layar Always On Display. Meskipun smartphone terkunci namun layar tetap menyala dengan menampilkan jam dan notifikasi pada smartphone kapan pun juga. Dengan tema yang dapat diganti-ganti, tentunya akan membuat tampilan smartphone Vivo S1 semakin menarik dan kekinian. Tak perlu kuatir dengan fitur ini, karena daya yang dikeluarkan sangat irit.

Skyline blue

Cosmic Green

Varian Vivo S1

– Skyline Blue

– Cosmic Green

Dimensi Vivo S1 yaitu 159.5 x 75.2 x 8.1 mm dan berat sekitar 179 gram dengan lengkungan di setiap sudutnya membuat smartphone ini cukup nyaman digenggam meskipun bodinya terlihat agak besar. Untuk desain bodinya sendiri Vivo S1 menggunakan material polycarbonate dengan dua pilihan warna pada body dibagian belakangnya yaitu Skyline blue yang memberikan kesan elegan dengan gradasi biru mudanya dan Cosmic Green yang memberikan kesan premium dengan gradasi biru pekatnya. Kalo saya tentu lebih suka dengan desain Skyline blue yang terkesan lebih lembut.

Kamera Vivo S1 tersemat Artificial Intelligence

Disaat mengabadikan gambar menjadi momen terbaik untuk dikenang, tentu kamera ponsel berperan  penting disaat itu juga. Memiliki kamera dengan fitur kekinian pastinya akan menunjang aktivitas saya sebagai desainer karena inspirasi desain bisa datang dari mana saja dan perlu untuk diabadikan.

Vivo S1 hadir dengan kamera depan 32MP AI Selfie Camera yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang mana dapat menghasilkan bidikan yang smart layaknya fotografi. Fitur cerdas pada kamera Vivo S1 ini diantaranya AI Filter, AI Selfie Lighting, AI Face Beauty dan ditambah lagi dengan AR Stickers. Adanya teknologi AI tentunya dapat menghasilkan jepretan yang dapat mengidentifikasi objek dengan sendirinya seperti langit, tanaman, makanan, orang dan pemandangan.

Pada bagian belakang Vivo S1 juga terdapat fitur AI Triple Rear Camera, terletak pada bagian atas sebelah kiri, dilengkapi juga lampu flash tepat dibawah kamera dan sejajar dengan logo Vivo. Kamera belakang telah didukung kamera sensor Sony IMX499, mengambil foto dengan Vivo S1 tentu semakin lebih akurat dan presisi. Terdapat juga AI Portrait Framing yang membantu kita untuk mendapatkan komposisi terbaik untuk rasio sempurna dan memberikan pengalaman menyenangkan setiap kali mengabadikan momen.

Kamera belakang Vivo S1 terdapat sensor utama 16 MP beraperture f/1.7, sensor ultra-wide 8 MP aperture f/2.2 dan sensor 2 MPAI Super Wide-Angle Camera yang dihasilkan mampu memperluas pandangan  hingga 120°, sehingga dapat menangkap lebih banyak pemandangan yang lebih indah. Hasilnya pun tak kalah jauh dengan kamera depan, karena kita bisa lebih berekspresi dengan ketiga sensor kamera yang mampu membidik objek dengan berbagai angle menarik.

Fitur lainnya pada kamera belakang yaitu seperti, Doc, Pro, Pano, dan Fun Video. Dengan fitur Fun Video, kita dapat membuat video sesuai kreasi kita yang di dalamnya telah diisi musik sebagai backsound-nya.

Vivo S1 Performa Tangguh

Kelebihan lainnya dari smartphone Vivo S1 adalah performanya yang tangguh di kelasnya. Vivo S1 dibekali chipset MediaTek Helio P65 Octa-Core berkecepatan 2.0GHz, RAM 4GB, dan penyimpanan 128GB, membuat kita semakin bebas berselancar dengan berbagai aplikasi masa kini tanpa lemot dan kekurangan memori. Menyimpan foto, video, musik, maupun aplikasi favorit, jadi lebih nyaman dengan ruang penyimpanan yang lebih luas. Kalaupun masih kurang terkait ruang penyimpanannya, vivo S1 juga menyediakan slot microSD berkapasitas hingga 512GB.

Vivo S1 dibekali dengan user interface Funtouch OS 9 terbaru yang berbasis Android 9.0 Pie. Sistem operasi seperti ini tentu menyuguhkan kinerjanya yang mulus tanpa hambatan dan juga lancar saat membuka berbagai aplikasi. Vivo S1 juga dilengkapi dengan fitur smart button dan AI Jovi. Serta menghadirkan ultra game mode dengan multi-turbo dan competition mode yang membantu performa smartphone cocok untuk bermain game tetapi penggunaan daya baterai tetap hemat.

Vivo S1 Baterai Tahan Lama

Performa Vivo S1 yang tangguh tentunya harus didukung dengan daya baterai yang mumpuni agar performanya mampu berguna secara maksimal. Vivo S1 telah dibekali dengan daya baterai berkapasitas 4500 mAh, membuat smartphone ini cukup awet untuk pemakaian normal sehari-hari. Kalau pun kehabisan daya jangan kuatir, karena Vivo S1 dilengkapi dengan Dual-Engine Fast Charging prosesor Mediatek 6768

Dengan daya baterai yang cukup besar ditambah pengisian daya yang lebih cepat, vivo S1 siap mendukung berbagai aktivitas kita dimana pun dan kapan saja. Bertemu klien tentunya menjadi semakin tenang, tanpa harus kuatir kehabisan daya saat di jalan. 

Kepo-in Vivo S1 di Vivo Club Indonesia

Anda pengguna Vivo atau ingin tahu lebih banyak tentang Vivo? Jawabanya hadir di Vivo Club Indonesia. Vivo Club Indonesia merupakan Komunitas smartphone android vivo yang dibentuk oleh Vivo Indonesia. Dimana para pengguna smartphone Vivo seperti Vivo S1 bisa berkumpul dan berdiskusi mengenai berbagai hal tentang kelebihan Vivo S1, sistem operasi maupun fitur-fiturnya. Dalam forum handphone Android resmi dari Vivo Indonesia, para pengguna smartphone Vivo juga dapat berkumpul, berdiskusi, dan bertukar pikiran, berbagi informasi terkait trend, terutama bidang teknologi dan smartphone photography dalam forum yang bisa diakses di vivoclub.id

Mau tahu informasi lebih banyak tentang produk-produk Vivo lainnya? Cek dan follow semua sosial media Vivo Indonesia di:

Instagram: @vivoclub_indonesia
Facebook fan page: Vivo Club Indonesia
Youtube Channel: Vivo Club Indonesia
Forum: vivoclub.id

Kesimpulannya…

Kehadiran Vivo S1, tentunya menjadi kabar gembira bagi kita yang harus bekerja tanpa mengenal batasan waktu dan tempat. Karena Vivo S1 terbaru ini didesain dengan fitur yang tangkas cocok untuk menyempurnakan tugas.

Dengan beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan Vivo S1 “Unlock Your Style” menghadirkan innovasi terbarunya seperti Screen Touch ID, AI Tripel Camera dan kelebihan lainnya yang patut kita acungkan jempol. Tentunya sesuai dengan harganya yang merogoh kocek mulai dari Rp 3.599.000. Pantaslah bila Vivo S1 diperhitungkan sebagai salah satu ponsel terbaik pada kisaran tiga jutaan.

Harapannya dengan hadirnya Vivo S1 saya mampu mendongkrak produktivitas Desain secara maksimal dan tanpa batas. So, kamu mau pilih yang mana?

Spesifikasi Vivo S1 Smartphone

ModelVivo S1 Smartphone
Resolusi Layar6.38 inci, rasio aspek 19,5:9 Full HD Plus 1080 x 2340
Kamera

Kamera Belakang: 16 MP (f/1.78) sensor Sony IMX 499, 8 megapiksel f/2.2 super wide angle 120 derajat, 2 megapiksel sebagai depth sensor

Kamera Depan: 32 megapiksel

ChipsetMediaTek Helio P65
RAM / Memori4 GB / 128 GB
Baterai4.500 mAh, dual engine fast charging 18 watt
PortmicroUSB 2.0, 3,5mm jack audio
Sistem OperasiAndroid 9 Pie dan antarmuka FunTouch OS 9.0
FiturFingerprint di layar, Dual SIM 4G, Bluetooth 5.0
WarnaSkyline Blue dan Cosmic Green
Dimensi159.53×75.23×8.13mm
Berat179 gram
HargaMulai dari 3 Juta-an

 

Discimer

Artikel ini diikutesertakan dalam Blog Competition Vivo Club Indonesia

Sumber Referensi

https://www.vivo.com/vivo-s1

 

Copyright

Teks: Adhi Hermawan
Infografis: Adhi Hermawan
Ilustrasi: Freepik, Flaticon