Berkunjung ke Istanbul pastinya menjadi momen berkesan yang wajib diabadikan. Nah, sebelum berkunjung tentunya kita harus tahu nih spot traveling yang wajib kita kunjungi. Daftar berikut ini bisa menjadi pertimbangan kita sebelum melakukan perjalanan menuju Istanbul, Turki yang digadang merupakan kota terpadat yang merupakan pusat perekonomian dan budaya di kota Istanbul.

a. Visit Blue Mosque

Blue Mosque pic: pinterest.com

Akhirnya sampai juga di Istanbul, kota terpadat di Turki yang menjadi pusat perekonomian, beragam budaya serta menyimpan banyak sejarah. Istanbul juga merupakan salah satu kota dengan penduduk terpadat di dunia dengan populasi sekitar 15 juta penduduk. Tentunya akan semakin padat jika ditambah dengan wisatawan yang datang dari seluruh penjuru dunia untuk melihat keindahan kota ini.

Sampai di Istanbul kurang lengkap rasanya kalau Anda tidak berkunjung ke Masjid Sultan Ahmed yang menjadi ikon negara Turki. Sejauh mata memandang masjid ini nampak didominasi dengan warna biru baik bangunannya maupun interiornya, maka tak heran kalau masjid ini lebih dikenal dengan sebutan Blue Mosque atau Masjid Biru.

Masjid Biru Turki dibangun pada tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, yang kemudian menjadi nama dari masjid biru ini. Masjid ini memiliki enam menara dengan tinggi kubah 43 meter yang dirancang oleh arsitektur bernama Sedefhar Mehmet Aga. Masjid yang proses pembangunannya memakan waktu tiga tahun ini juga merupakan salah satu masjid megah di Istanbul.

Selain merupakan bangunan bersejarah, Masjid Biru ini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Sebagai rasa syukur telah sampai di masjid bersejarah, tentunya Anda tidak akan melewatkan momen berdoa di dalam bangunan masjid yang megah ini. Semoga kita senantiasa bersyukur atas karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

b. Visit Hippodrome Square

Hippodrome Square pic: pinterest.com

Tidak jauh dari Masjid Biru, terdapat bangunan yang tak kalah menariknya, yaitu Hipprodrome Square atau yang kini dikenal sebagai Sultan Ahmet Meydan atau Sultan Ahmet Square. Terletak satu wilayah dengan Blue Mosque. Hippodrome Square awalnya didirikan oleh Septimius Severus pada awal abad ke-2 (tahun 196), yang kemudian didirikan kembali oleh Konstantin I. Kemudian kawasan Hippodrome diaktifkan kembali namun berubah fungsi menjadi arena pacuan kuda untuk melatih kuda-kuda serdadu dinasti Utsmaniyah. Dan saat ini Hippodrome menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Tercatat dalam sejarah bahwa Monumen Hippodrome memiliki tinggi sekitar 117 meter dengan panjang 480 meter. Terdapat air mancur Jerman yang merupakan pintu masuk ke Hippodrome. Berkeliling Hippodrome Square Anda juga akan menemukan berbagai macam monumen diantaranya yaitu Obelisk Mesir, Serpent/Spiral Column dan Konstantin II Obelisk. Sekarang Anda tahu, bahwa Hippodrome Square merupakan salah satu bukti sejarah pusat peradaban besar dari bangsa yang pernah mendiami Konstantinopel.

c. Visit Topkapi Palace

Topkapi Palace pic: pinterest.com

Setelah mengunjungi Hippodrome Square, Anda akan mengunjungi Istana Topkapi yang merupakan kediaman resmi sultan Ustmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465 – 1856). Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah sultan Mahmed II. Sebagai ilustrasi gambaran istananya, komplek topkapi palace terdiri dari empat lapangan utama dan bangunan kecil, puncak istana dihuni 4000 orang.

Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana ini juga digunakan untuk acara keagamaan. Sekarang, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata Istana Topkapi ini untuk mengenal sejarah umat muslim melalui peninggalan bersejarahnya seperti pedang dan jubah nabi Muhammad. Hikmah berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengenal peninggalan Islam yang ada di Turki, khususnya di istana Topkapi.

d. Visit Hagia Sophia

Hagia Sophia pic: pinterest.com

Kalau anda penyuka wisata museum, ada kabar gembira untuk anda, di Turki, ada wisata museum yang sangat unik bernama hagia Sophia. Museum ini dulunya adalah gereja, namun setelah wilayah turki dikuasai oleh Fatih sultan Mahmed, gereja ini dialihfungsikan menjadi masjid pada tahun 1453. Kemudian, pada tahun 1943, turki merubah fungsi Hagia Sophia menjadi museum dimana Anda sebagai pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan kaligrafi Allah, Muhammad, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali serta kedua cucu nabi Muhammad, yakni Hasan dan Husein.

Bila Anda ingin pergi ke lantai 2 (The upper floor gallery), Anda harus melalui Lorong tangga yang unik, pada Lorong ini terdapat papan pemberitahuan berisi tulisan “the stairs to 2nd floor is not wheel chair friendly.” Yang maknanya tangga menuju lantai dua memiliki jalur yang melandai dan tidak rata. Jadi, anda harus berhati-hati saat menaiki tangga di lorong ini. Di lantai 2, Anda bisa menikmati mosaic yang indah dan melihat blue mosque melalui jendela, menarik, bukan? Dengan berkunjung ke Hagia Sophia, Anda jadi tahu sejarah museum Hagia Sophia yang dulunya adalah gereja dan dialihfungsikan menjadi tempat ibadah umat muslim.

e. Shopping di Grand Bazaar

Grand Bazar pic: pinterest.com

Karena letak Grand Bazaar masih di distrik Fatih yang dekat dengan Blue Mosque dan Hagia Sophia, tak ada salahnya bagi Anda untuk berbelanja oleh-oleh di Grand Bazaar yang terletak di Fatih. Grand Bazaar sudah berdiri sejak 1455 pada pemerintahan khilafah Ottoman dan diperluas pada abad ke-16 serta pasar ini bertahan hingga kini. Pusat perbelanjaan ini termasuk yang tertua di Turki, terdapat 500 toko, dan tercatat sebagai tempat wisata yang terbanyak dikunjungi oleh wisatawan di seluruh dunia dengan total pengunjung 91.250.000 orang.

Untuk kunjungan hariannya, Grand Bazaar tiap hari dikunjungi 400.000 orang yang berbelanja perhiasan motif khas Turki, karpet, hingga rempah-rempah. Bila Anda sudah puas berbelanja, Anda bisa beristirahat di kafe dan restoran yang ada di Grand Bazaar yang buka dari pukul 9.00 – 19.00. Meski tercatat sebagai tempat wisata tertua, keadaannya saat ini jauh dari kesan old fashion, malah penampilan grand bazaar sangat eksotis dan memanjakan mata para pengunjungnya. Para pedagangnya ramah, dan kalau Anda jadi pengunjung pertama di toko yang baru dibuka, maka Anda akan diberi harga yang jauh lebih murah. Menarik, bukan? Perjalanan wisata ke Grand Bazaar tentunya Anda bisa berbelanja kuliner halal dan semua cinderamata khas muslim yang bernuansa Islam.

Nah, itulah 5 spot traveling yang wajib kita datangi ketika berkunjung ke kota Istanbul, Turki. Jangan lupa ya untuk mengabadikan momen berkesan dan menarikmu disana. Selamat jalan-jalan!