Dari Jualan Kerupuk Keliling Hingga Jadi Bos Angkringan, Bersama Bank Muamalat #AyoHijrah!

“Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.” — Winston Churchill —

Memutuskan resign dari perusahaan memang tidak semudah yang saya bayangkan. Berulang kali saya mempertimbangkan keputusan ini agar saya tidak salah melangkah. Keputusan saya sudah bulat “Saya harus menjadi pengusaha” mengingat mimpi saya selepas lulus sekolah dulu adalah menjadi seorang pengusaha. Dan pada akhirnya saya berani mengambil keputusan mengundurkan diri dari perusahaan, tepatnya satu tahun setelah saya diangkat menjadi karyawan tetap.

Mungkin bagi sebagian orang ini adalah keputusan yang konyol, tetapi bagi saya ini adalah keputusan yang tepat. Empat tahun bekerja menjadi buruh pabrik, sudah cukup bagi saya untuk mengenal dunia pekerjaan, waktu berkumpul bersama keluarga yang serba terbatas, bahkan memahami karakter orang lain yang saling sikut-menyikut demi sebuah jabatan. It’s enough for me!

Dengan tidak lagi terikat dengan perusahaan saya bisa mengeksplorasi kemampuan saya dibidang yang saya sukai, tidak lagi melakukan pekerjaan yang monoton dan masih bisa menikmati sinar matahari yang mulai muncul dari peraduannya. Keputusan ini adalah langkah awal yang besar bagi saya untuk mengubah masa depan saya menjadi lebih baik.

Seperti yang dikatakan oleh seorang motivator Bob Sadino “Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bos nya”. Inilah secercah kata bijak yang membuat saya semakin yakin bahwa saya harus terus berjuang untuk mewujudkan mimpi saya menjadi seorang pengusaha.

Berawal Menjual Kerupuk Keliling

Langkah menjadi seorang pengusaha saya awali dengan menjual kerupuk keliling bersama sahabat saya. Ternyata benar, sulit rasanya menghilangkan rasa malu dari yang semula mengenakan pakaian berdasi lalu berubah seketika menjadi pakaian oblong sederhana. Walaupun begitu, kami tetap lakukan demi mewujudkan mimpi menjadi seorang pengusaha. Kerupuk kemudian menjadi alternatif usaha yang kami pilih untuk dikembangkan dalam bidang usaha yang kami tekuni.

Kenapa saya memilih menjual kerupuk? Alasanya karena ibu saya memiliki usaha yang telah sukses memproduksi kerupuk mentah di kampung halaman saya, Grobogan, Jawa Tengah. Dari kerupuk mentah itulah kemudian dikirim ke Jakarta untuk kami olah menjadi kerupuk siap makan. Dari kontrakan kecil, kerupuk tersebut dibungkus dalam plastik kemasan yang kemudian saya distribusikan ke warung-warung yang berada tak jauh dari lokasi kontrakan kami. 

Dari setiap satu bungkus kerupuk tak banyak kami mengambil keuntungan, antara Rp. 200 hingga Rp. 500 rupiah tergantung volume isi plastiknya. Walaupun terbilang sangat murah, namun dari keuntungan tersebut sudah cukup untuk membeli kerupuk mentahnya kembali. Tiga bulan berlangsung, saya baru menyadari bahwa keuntungan penjualan tidak ada peningkatan. Setelah saya analisa, ternyata saya tidak melibatkan harga ongkos kirim dari Grobogan ke Jakarta, tidak menghitung biaya pokok produksi seperti kebutuhan minyak goreng, gas dan juga biaya tenaga kerjanya. 

Dari sinilah saya menyadari bahwa usaha tidak hanya sekedar jualan, namun tetap harus memiliki ilmunya. Akhirnya usaha kami terpaksa terhenti karena kurangnya modal dan perputaran uang dari warung-warung yang tidak lancar saat pembayarannya. 

Belajar Dari Kegagalan

Dari sebuah kegagalan tentu saya belajar banyak hal untuk terus memperbaiki diri dalam mengatur sebuah usaha. Nah, untuk menebus kegagalan, saya harus hijrah menjadi lebih baik lagi, saya berharap dapat mewujudkan usaha yang dulu pernah menjadi impian saya. Saya ingin membuka kembali usaha angkringan. Saya juga sudah mempersiapkan strategi bisnis yang telah saya rangkum saat mengikuti beberapa pelatihan bisnis. Dan diantara strategi bisnisnya yaitu sebagai berikut:

1. Menciptakan Konsep Ide Angkringan Menarik
Konsep dan ide yang menarik tentu dibutuhkan dalam mewujudkan usaha ini. Angkringan ini akan hadir dengan berbagai nuansa kampung yang dibalut dengan lampu-lampu seperti di kampung.

2. Menentukan segmentasi dan target pasar
Kita harus cermat dalam menentukan segmentasi dan target pasar mulai dari jenis kelamin, status pendidikan, tingkat usia, dan status ekonomi. Karena saya usahanya di bidang kuliner  jadi untuk target pasar sudah jelas untuk semua kalangan terutama anak milenial. Kalau dari pengalaman sebelumnya sih, cara ini cukup efektif.

3. Lokasi yang strategis untuk toko & produksi
Lokasi adalah salah satu faktor utama yang mendukung keberhasilan suatu usaha. Tentunya dengan lokasi yang strategis akan meningkatkan pemasaran dan juga memperluas market. Jadi sebisa mungkin untuk memilih lokasi yang sesuai dengan target pasar juga. Namun, di era digital sekarang ini, tempat bukanlah alasan untuk kita tidak memulai usaha, karena kita bisa melakukan semua transaksi secara online. Salah satunya dengan membuka toko online.

4. Positioning harga produk
Kadang sempat bingung juga sih dalam menentuan harga produk. Nah, kita bisa melakukannya dengan cara positioning harga produk, jika target kita kalangan menengah ke bawah tentu kita harga yang cocok tentu dibawah brand lain yang segmentasinya di atas pasar kita. Karena itu harus dilakukan dengan selektif sesuai dengan effort yang kita keluarkan, misalnya modal, tenaga, waktu dll.

5. Menentukan kualitas & kapasitas produksi
Menjaga kualitas itu penting dalam sebuah usaha, apalagi kalau kita sebagai pemula. Jika kualitas produk kita bagus, pasti pelanggan kita akan lebih memprioritaskan kita. Kalau kualitas kita menurun tentu banyak pelanggan kita yang akan kecewa, jadi menjaga kualitas adalah prioritas.

Soal kuantitas juga perlu untuk diperhitungkan saat kita sepakat dengan waktu yang ditentukan, jangan sampai terlewat batas waktunya. So, ini penting banget buat kalian yang merasa kapasitasnya hanya mampu sedikit, jangan sekali-kali menerima orderan dengan kapasitas besar atau diluar dari kemampuan kita. Ini akan berdampak pada kepercayaan pelanggan kita.

6. Marketing produk
Era digital seperti sekarang ini, membawa perubahan dalam segi sosialisasi termasuk saat pemasaran produk. Teknologi internet yang terus berkembang, mewarnai serangkaian cara untuk mempromosikan suatu uasaha. Jangkauannya lebih luas daripada pemasaran manual, apa salahnya kita mencoba beralih ke internet marketing. Apalagi sudah banyak marketplace yang menyediakan lapak untuk kita menjajakan produk kita di dalamnya.

7. Berserah diri
Berserah diri di sini tentu bukanlah putus asa, tetapi lebih memasrahkan segala sesuatunya kepada Sang Pencipta. Karena kita sama-sama tahu bahwa rejeki itu sudah diatur sesuai porsi masing-masing dan segala ketentuannya adalah baik untuk kita. Secapek apapun kita berusaha, sebanyak apapun waktu yang terbuang, sebesar apapun harta yang kita keluarkan, tentu akan ada balasannya.So, Tetep semangat !!!

Itulah beberapa strategi saya dalam meningkatkan usaha di bidang kuliner yang akan saya geluti nanti. Untuk memulainya tentu butuh dukungan dan informasi agar apa yang menjadi resolusi bisnis di tahun 2019 ini tidak terhenti di tengah jalan.

Tapi gak perlu kuatir sih karena di era digital sekarang ini, kita tidak perlu pusing dan bersusah payah dalam menciptakan atau memulai sebuah usaha. Salah satunya yaitu dengan hadirnya #ayohijrah yang siap untuk membantu kita mewujudkan mimpi kita menjadi seorang pengusaha. 

Wujudkan Bisnis Berkah Bersama Bank Muamalat

Mengelola bisnis berbasis syariah tentu kurang afdhol jika kita tidak menggunakan Bank yang berbasis syariah juga. Oleh karena itu #ayohijrah untuk mengelola keuangan usaha kita dengan Bank yang berbasis Syariah yaitu Bank Muamalat.

#AyoHijrah

Layanan Perbankan Syariah

Saatnya kita memanfaatkan layanan perbankan syariah untuk melengkapi hijrah kita

Sesuai Tuntunan Islan

Gerakan #Ayohijrah menjadi pendorong kita untuk melakukan sesuatunya sesuai tuntunan islam

Menjadi Lebih Baik

Dengan Hijrah ke perbankan syariah, insyaAllah usaha kita akan lebih baik

Usaha yang berkah tentu harus didasari dengan prinsip dan metode yang benar. Berbagai pengalaman saya yang gagal dalam usaha tentu memberikan pelajaran penting dalam hidup saya. Salah satu yang mesti saya perbaiki dalam usaha yaitu mengatur keuangan. Oleh karena itu pentingnya #ayohijrah mengelola keuangan yang berbasis syariah Islam untuk mewujudkan usaha yang berkah dan bermanfaat.

Apa sih itu gerakan #AyoHijrah ?

Sesuai dengan arti dari Hijrah yang bermakna untuk “lebih baik” maka #AyoHijrah adalah gerakan yang diinisiasi dari Bank Muamalat untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.

Dengan adanya gerakan #AyoHijrah tentu harapannya dapat menginspirasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, tidak hanya dalam hal ibadah namum dalam menjalani kehidupan ini termasuk dalam hal berbisnis. Berbisnis tentu perlu juga adanya hijrah, namun yang saya maksud disini adalah pentingnya kita mensiasati usaha kita agar senantiasa sesuai dengan syariat islam.

Banyak dari kita yang telah terjun di dunia bisnis namun lupa dengan hakikat muamalah yang telah diatur sesuai syariat Islam. Oleh karena itu pentingnya gerakan #AyoHijrah untuk mengingatkan kembali kepada kita agar melakukan segala sesuatunya sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam.

Tujuan Gerakan #AyoHijrah

Tahukah kalian apasih sebenarnya yang menjadi tujuan gerakan #AyoHijrah ?

#AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah. Cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.

Sebenarnya apa saja sih kegiatannya? Nah berikut ini adalah berbagai kegiatan dari gerakan #AyoHijrah

Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah

Open booth di pusat kegiatan masyarat

Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama

Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah

#AyoHijrah ke Bank Muamalat!

Hal yang terpenting dalam berbisnis adalah bagaimana cara kita mengatur keuangan dengan baik. Tentu baik itu tidak cukup, harus dilengkapi dengan kata halal agar semua yang kita lakukan tidak menjerumuskan kita ke dalam kubangan dosa akibat salah mengelola keuangan usaha kita. Kini Bank Muamalat hadir untuk melengkapi kebutuhan kita dalam mengelola keuangan yang sesuai prinsip-prinsip dan ketentuan Islam.

Kenapa harus Bank Muamalat? Ini dia alasanya! 

Bank Syariah Pertama

Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992

Prinsip Sesuai Syariah

Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Bank yang Murni Syariah

Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.

Fasilitas Bank Lengkap

Produk dan layanan keuangan lengkap dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.

Bank Muamalat merupakan bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992. Lebih dari seperempat abad Bank Muamalat terus memperbaiki diri agar mampu menerapkan prinsip-prinsip dan aturan Islam dalam hal mengelola keuangan. Sesuai dengan labelnya, Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.

Tidak hanya itu, pengelolaan dana di Bank Muamalat juga didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. Pastinya hal ini meyakinkan kita bahwa Bank Muamalat benar-benar hadir untuk melengkapi kebutuhan kita dalam hal mengelola keuangan yang sesuai dengan syariah. 

Bank Muamalat juga menghadirkan produk dan layanan keuangan lengkap dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri. Jadi meskipun syariah, kita tetap dapat menggunakan fitur dan fasilitas kekinian untuk mempermudah transaksi.

Layanan Produk #AyoHijrah

Tabungan iB Hijrah

Tabungan nyaman yang digunakan untuk kebutuhan transaksi dan berbelanja dengan kartu Shar-E Debit  dengan program subsidi belanja di merchant lokal dan luar negeri.

Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah

Salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH), yang terdaftar di SISKOHAT Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tabungan iB Hijrah Rencana

solusi perencanaan keuangan yang tepat untuk mewujudkan rencana dan impian di masa depan dengan lebih baik sesuai prinsip syariah.

Tabungan iB Hijrah Prima

Tabungan untuk memenuhi kebutuhan transaksi bisnis sekaligus investasi dengan aman dan menguntungkan. Dilengkapi dengan fasilitas Shar-E Debit Gold.

Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah

Tabungan untuk memenuhi kebutuhan transaksi bisnis sekaligus investasi dengan aman dan menguntungkan. Dilengkapi dengan fasilitas Shar-E Debit Gold. 

Deposito iB Hijrah

Merupakan Deposito syariah dalam mata uang Rupiah dan US Dollar yang fleksibel dan memberikan hasil investasi yang optimal bagi Anda.

Giro iB Hijrah

Produk giro berbasis akad wadiah yang merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan transaksi bisnis Nasabah Non-perorangan yang didukung oleh fasilitas Cash Management.

iB Hijrah Angsuran Super Ringan

Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix (masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK)

Kesimpulanya…

Usaha yang berkah tentu didasari dengan prinsip dan ketentuan sesuai dengan ajaran Islam. Agar apa yang kita lakukan bernilai ibadah dihadapan Allah.

Termasuk dalam mengatur keuangan, kita juga harus bisa mengelola keuangan dengan baik dan sesuai syariah.

Bersama Bank Muamalat Indonesia, #AyoHijrah untuk usaha yang lebih baik dan berkah.

Ayo Hijrah! Bisnis Berkah, Untung Berlimpah Bersama Bank Muamalat

Discimer

Artikel ini diikutesertakan dalam Bank Muamalat Blog Competition

Sumber Referensi

https://www.bankmuamalat.co.id/seputar-ayo-hijrah

Copyright

Teks: Adhi Hermawan
Foto: Adhi Hermawan
Ilustrasi: Freepik, Flaticon