ASUS ROG Phone 3, Smartphone Gaming Sultan Tiada Lawan
The Ultimate Winner makin tersemat dalam smartphone ASUS ROG Phone 3 dengan performa dahsyat yang semakin memikat.

Malang melintang di dunia gamers, siapa sih yang tidak terkesima dengan brand yang satu ini. Pasalnya, perangkat hardware dari brand gaming ini menjadi incaran para gamers di seluruh dunia. ROG atau Republic of Gamers merupakan brand gaming yang telah diluncurkan ASUS sejak tahun 2006. Itu artinya sudah 14 tahun industri gaming ini menjajaki produknya ke berbagai belahan dunia. 

Tidak hanya ROG PC Game yang menjadi legendaris di kalangan para gamers karena performanya, Laptop ROG dengan spek dewa juga masih menjadi perangkat prioritas gamers karena mobilitasnya. Dan perangkat mobile yang tak kalah memikat yaitu ROG Phone. Meskipun terbilang belum cukup lama sejak peluncuran awal pada tahun 2018, ROG Phone mampu mendobarak mobile gaming yang menjadi trend di kalangan gamers saat ini.

Sebagai perangkat paling mobile dengan spesifikasi dan fitur canggih kelas atas, ROG tidak pernah berhenti untuk berinovasi dalam industri mobile gaming di dunia. Alhasil pada bulan September tahun 2020 kemarin, ASUS kembali memperkenalkan ROG Phone 3, generasi terbaru smartphone gaming premium yang merupakan bagian dari jajaran produk Republic of Gamers. Sejak peluncurannya, sudah pasti saya mengidam-idamkan ROG Phone 3, Smartphone #TheRealSultan ini. Namun, apalah daya saya yang hanya bisa menyentuh tanpa sanggup untuk memiliki. 

ASUS ROG Phone 3 Smartphone Gaming Sultan (dok. ASUS)

Smartphone gaming dengan tagline ‘The Ultimate Winner‘ ini, nyatanya tidak bosan-bosan untuk dikulik dan dibahas lebih dalam lagi. Performa dashyat dengan desain yang semakin memikat menjadikan smartphone ini benar-benar menjadi idaman para gamers. Wajar saja kalau ROG Phone 3 disebut-sebut sebagai smartphone gaming sultan, ya karena performanya memang tiada lawan.

Nah, bagi kamu khususnya para gamers di tanah air, ROG Phone 3 ini bisa menjadi rekomendasi smartphone gaming pilihan. Performanya tentu sudah tidak diragukan lagi karena dalam smartphone ini terdapat fitur-fitur yang luar biasa seperti Snapdragon 865 Plus yang powerfull, Stuninng 144Hz display yang kece abis, Baterai badak dengan kapasitas 6000 mAh, Built for gamers yang lengkap dan memberikan pengalaman bermain game yang lebih nyata.

Pasti pada penasarankan seperti apa smartphone gaming sultan yang tiada lawan ini. Sebelum menuju ke pembahasan lengkapnya mari kita simak infografis sepintas tentang spesifikasi ROG Phone 3 dibawah ini.

Powerfull dengan Snapdragon 865 Plus

Powerfullnya tidak tanggung-tanggung, ROG Phone 3 dipersenjatai Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang merupakan prosesor tercepat di dunia saat ini. Smartphone sultan ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas ultra-cepat 5G dan WiFi 6, membuat kinerja smartphone ini makin ngebut. Dan yang lebih mengesankan yaitu adanya fitur terbaru bernama ROG HyperFusion Technology, dimana fitur tersebut digunakan untuk menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik.

ROG Phone 3 juga didukungan dengan fitur Snapdragon Elite Gaming, yang mana fitur ini digunakan sebagai optimasi untuk meningkatkan performa dari segi hardware maupun software. Pastinya fitur ini mampu meningkatkan kualitas grafis dengan menyertakan tampilan paling canggih dari True HDR10+ dan PBR (physical based rendering) sehingga memungkinkan bermain game pada smartphone serasa bermain di desktop, sangat berkualitas tentunya!

Smartphone idaman para gamers ini juga dibekali dengan RAM hingga 12GB LPDDR5 serta memori internal 256GB dengan tipe UFS 3.1, dimana kemampuannya 15% lebih cepat jika dibandingkan dengan smartphone gaming generasi sebelumnya. Dengan memori mumpuni tersebut, tentunya kita bisa menginstal berbagai macam game tanpa khawatir kehabisanan memori, meskipun smartphone ini tidak dilengkapi dengan tambahan slot memori eksternal.

Selain disenjatai dengan prosesor dan memori tercepat, smartphone ini juga dipasang sistem pendingin multilayer yang disebut Game Cool System sebagai pendingin yang super efiesien. Bermain game tentunya semakin enjoy dengan prosesor yang mampu mempertahankan performa puncaknya dalam waktu yang lama.  Hal inilah yang membuat ROG Phone benar-benar menjadi rekomendasi terbaik dibandingkan smartphone flagships lainnya.

Visual Memukau dengan Refresh Rate 144Hz

Kesan pertama melihat ROG Phone 3 yaitu cukup satu kata “Awesome”. Melihat displaynya saja sudah terbayang betapa ekslusifnya smartphone yang satu ini. Designnya yang berbeda dari flagship pada umumnya, mejadi ciri khas ROG Phone 3 yang tampak lebih premium. Meskipun warnanya hanya Black Glare, tapi smartphone ini sangat cocok dipakai oleh siapa saja. 

Smartphone ROG Phone 3 memiliki ukuran 6,59 inci dengan aspek rasio 19,5:9 dengan resolusi (2340 x 1080 piksel) dilengkapi teknologi canggih yang membuat layarnya makin memukau. Teknologi displaynya yang didukung fitur snapdragon elite gaming mampu menghasilkan nilai refresh rate yakni 144Hz dan response time 1ms. Pastinya gamers akan merasakan sensasi bermain game yang luar biasa karena tampilannya serasa nyata dan terasa begitu alami. Apalagi layarnya juga telah didukung dengan layar berjenis AMOLED 10-bit HDR Display yang membuat pengalaman bermain game, next to the level.

Lagi-lagi tidak bisa dipungkiri, kalau ROG Phone 3 ini memiliki layar yang sangat kokoh dengan lapisan Gorilla Glass ditambah dengan hadirnya touch latency hanya 25ms, membuat sentuhanya memiliki respon yang cepat. Apalagi layar pada ROG Phone 3 juga sudah tersertifikasi TUV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced. Hal ini tentunya cocok untuk meminimalisir mata lelah bagi gamers yang sering menatap layar smartphone.

ASUS juga membekali layarnya dengan akurasi warna Delta E <1. Artinya warna dapat ditampilkan dengan sangat akurat di smartphone gaming ini. Sehingga memberikan visual yang baik dan memberikan pengalaman menonton yang nyaman dan menyenangkan. 

Baterai Jumbo dengan Kapasitas 6.000 mAh 

Untuk urusan baterai, ROG Phone 3 ini tertanam baterai lithium-polymer berkapasitas 6.000 mAh yang mampu bertahan seharian. Menariknya, smartphone ini dilengkapi dengan teknologi ROG 30W HyperCharging yang dapat mengisi daya baterai dari kondisi kosong sampai penuh dalam waktu singkat. Tentunya ini sangat cocok bagi para gamers yang suka mengikuti event pertandingan hingga seharian, tak perlu kuatir lagi kehabisan baterai dan kehilangan momen penting saat bertanding.

Dan yang terpenting adalah ROG Phone 3 dilengkapi dengan sistem pengaturan baterai khusus untuk menghemat daya. Penghematan baterai dapat disesuaikan oleh user pada mode penggunaan baterainya, meskipun mengisi ulang baterai secara terus-menerus, tetap tidak akan mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan. Mantab bukan!

Audio Super dengan Sistem GameFX

Bagai sayur tanpa garam, rasanya pasti hambar! Begitu juga dengan bermain game tanpa audio, pasti berasa ada yang kurang. Audio tentunya juga menjadi faktor penting pada smartphone, tapi tak perlu khawatir karena ROG Phone 3 sudah dibekali dengan fitur audio dengan volume, kejernihan, dan tingkat respons frekuensi mampu menghasilkan suara berkualitas tinggi.

Sistem audio GameFX terbaru di ROG Phone 3 dirancang dengan spesialis pengoptimalan audio Dirac. Pada smartphone ROG Phone 3 tampak jelas terdapat dua speaker stereo menghadap depan, tentunya akan menghadirkan audio yang kuat dan imersif untuk game yang sedang berjalan. Ada juga fitur Mode GameFX terbaru yang menentukan lokasi pemain menggunakan algoritme audio sehingga dapat terdengar setiap gerakan saat bermain game. Keunggulan yang unik bukan!

Teknologi ini pastinya memberikan keunggulan saat bernavigasi di dalam lingkungan game yang berbeda. ROG Phone 3 memang senjata untuk para gamers, dengan fitur-fitur baru dan menarik yang membawa pengalaman bermain game menjadi lebih seru. Maka tidak heran jika speaker ROG Phone 3 mendapat pujian dari DXOMARK sebagai audio level True FlagshipSelain itu ROG Phone 3 sangat cocok bagi kamu yang suka mendengarkan musik, menonton film, video atau streaming game diiringin suara yang mengagumkan. 

Triple Rear Camera yang Memukau

Sebagai fitur tambahan untuk kamu yang suka eksist di depan kamera, ROG Phone 3 dilengkapi dengan triple rear camera atau sistem tiga kamera dengan kamera utama wide-angle Sony IMX 686 64 Megapiksel, kamera kedua ultrawide 13 Megapiksel, dan kamera makro yang hasil fotonya dijamin tidak akan kalah dengan smartphone lainnya. Sedangkan pada kamera depan dilengkapi dengan kamera 24 Megapiksel high-resolution. Pastinya akan lebih tampil percaya diri dengan hasil photo yang luar biasa.

Selain itu ROG Phone 3 juga dapat merekam video dengan resolusi 8K. Sehingga cocok bagi kamu yang sering membuat konten atau video dengan modal smartphone. Apalagi jika kamu sering mengikuti kompetisi gaming, pastinya jangan pernah lewatkan moment yang jarang banget kamu temui seperti halnya moment kemenanganmu, foto bersama gamers sejati atau bahkan momen lucu saat pertandingan.  

Oh iya, sering kita menjumpai letak kamera yang mengganggu saat permainan berlangsung, tentu akan mengganggu konsentrasi kita saat bermain. Nah, ROG Phone 3 sudah memikirkan secara detail sampai lini yang terkecil sekalipun terutama dalam urusan tataletak ke-4 kameranya yang sudah terpasang di sudut yang sama pada PCB. Hal ini untuk memastikan bahwa kamera depan tidak menghalangi pandangan wajah saat bermain game. Mantab bukan!

Built For Gamer Super Lengkap

Sejak peluncuran ASUS ROG Phone, smartphone ini memang benar-benar dikhususkan untuk para gamer. Terlebih dengan kehadiran ROG Phone 3, berbagai fitur-fitur baru dan menarik dihadirkan agar para gemar merasakan pengalaman bermain game, Next to the Level. Beberapa trobosan baru juga dihadirkan seperti peningkatan pada kontrol AirTrigger 3, HyperFusion Network technology, juga perubahan tataletak port

Perubahan pada AirTrigger 3 yaitu terletak pada sensor sentuh ultrasoniknya yang ekstra presisi, ditambah adanya motion sensor yang memberikan sensasi yang luar biasa saat bermain menggunakan ROG Phone 3. Kamu bisa menggunakan 6 tingkatan sensor gerak bahkan dapat mensimulasikan fungsi L1 L2/ R1 R2. Inilah yang memuat jiwa gamers saya meronta-ronta melihat kehebatan smartphone sultan yang satu ini.

Nah, fitur berikut ini tentunya sangat menolong sekali bagi kamu gamers yang sering kali terkendala jaringan. ROG Phone 3, kini telah dilengkapi teknologi HyperFusion yang berfungsi untuk menggabungkan koneksi secara bersamaan antara Wi-Fi dan jaringan seluler. Pastinya dengan fitur ini sinyal smartphone menjadi lebih kuat dan stabil serta mampu meningkatkan kecepatan koneksi internet. Bukan main!

Bermain game bersama ROG Phone 3 pastinya akan membuatmu lebih nyaman senyaman dirimu dengan dirinya. Pasalnya, ROG Phone 3 dirancang khusus menggunakan port samping untuk menjaga agar kabel tidak menggangu jalannya permainan. Hal ini tentunya membuatmu lebih nyaman saat mengisi daya bahkan saat bermain game sekalipun. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti AeroActive Cooler 3, ROG Clip, ROG Kunai 3 pada port samping yang multi fungsi ini. 

Asli Keren! Fitur yang satu ini bikin hari-hari kamu makin berwarna karena ROG Phone 3 dilengkapi Aura RGB yang mana pada Logo ROG dibelakang layar memunculkan cahaya dengan warna RGB. Transisi warnanya seolah membuat para gamer tak hanya bisa menikmati performanya, tetapi juga bisa gaya dengan lighting Aura RGB yang ditampilkannya. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa dengan memiliki ROG Phone 3 kamu tak hanya bisa menggunakan smartphonenya saja tetapi juga dapat bisa menikmati ROG Connect, dimana kamu akan terhubung dengan komunitas pengguna ROG Phone dari berbagai belahan dunia. Kamu bisa mencari informasi bahkan kenalan dengan gamers lainnya. Tentunya silaturahim antar pemain game tetap terjaga.

The Most Immersive Gaming Experience

Kapan lagi bermain game serasa berada di dunia nyata? Nah, sekarang saatnya kita berekspresi, menunjukkan bakat serta kemampuan diri dalam mengolah ketangkasan kita dalam setiap permainan. Tenang! ASUS ROG Phone 3 sudah dilengkapi dengan teknologi AirTrigger 3, yang mana fitur ini memiliki sensor gerak untuk mengontrol aksi dalam game dengan mudah. Tak hanya itu, dengan respon yang cepat tentunya akan memberikan keunggulan kompetitif bagi para gamer.

Dan faktor untuk menciptakan pengalaman seru agar para gamers lebih immersive saat bermain games adalah aksesoris game yang kompetible. ASUS ROG Phone 3 telah merancang sedemikian rupa dengan perangkat tambahan untuk menunjang para gamers dalam melancarkan aksinya. Nah berikut ini adalah beberapa perangkat tambahan yang membuat pengalaman bermain game-mu makin asyik dan seru.

ROG KUNAI 3 GAMEPAD

Ngegame pastinya menjadi semakin seru dengan ROG Kunai Gamepad 3 karena dilengkapi dengan controller fisik. Handlenya yang kokoh tentunya mudah digenggam sekaligus fleksibel saat digunakan. ROG Kunai 3 Gamepad juga didukung fitur key mapping melalui Game Genie dan telah kompatibel dengan berbagai game. Tinggal hubungkan melalui Bluetooth, kabel USB Type-C, dan adaptor USB Wi-Fi, perangkat ini siap digunakan.

ROG CLIP

ROG Phone 3 juga bisa lho dipasangkan dengan controller game yang sudah kamu miliki seperti DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia!

Cukup dengan menghubungkan ROG Clip di salah satu controller tersebut dan tempatkan ROG Phone 3 pada dudukan yang telah disediakan, pengalaman game-mu akan lebih seru dan menyenangkan. Dijamin kamu betah seharian dirumah main game dengan konsol.

TWINVIEW DOCK 3

Nah, bagi kamu yang multitasking atau punya aktivitas lain saat nge-game, tapi nggak mau game kamu ke skip. Cobain nih TwinView Dock 3, dimana kamu bisa menggunakan layar ganda dalam aktivitas gaming.

Canggihynya TwinView Dock 3 juga dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh, layar yang juga sama-sama memiliki refresh rate 144Hz yang serupa dengan ROG Phone 3.

MOBILE DESKTOP DOCK

Kalau kamu merasa capek bermain di smartphone, kamu bisa gunakan perangkat Mobile Desktop Dock. Smartphone akan dihubungkan dan diubah layaknya sebuah PC. Dengan menggunakan Mobile Desktop Dock, ROG Phone 3 otomatis bisa terhubung dengan layar 4K, keyboard dan mouse secara bersamaan.

Buat kamu para youtuber gaming pastinya sangat menyenangkan, nge-game bisa sambil menciptakan konten atau bahkan berbagi tutorial gaming.

Itulah beberapa aksesoris tambahan yang akan mencetak pengalaman seru dan menyenangkan saat bermain game. Kalau saya sendiri tentu lebih memilih menggunakan TwinView Dock 3 sebagai perangkat tambahan, karena selain bermain game saya juga bisa berinteraksi dengan orang sekitar melalui chat. Kalo kamu?

Oh iya, sebenarnya sih ada aksesoris lainnya yang bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu untuk menjadi seorang gamers sejati. Seperti apa aksesorisnya? kalian bisa cek di bawah ini!

ASUS ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan Lighting Armour Case terbaru untuk melindungi ROG Phone 3 dengan cover bertema ROG dan menampilkan fitur Auro Lighting. Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomisasi melalui aplikasi Armoury Crate. Pastinya kamu akan lebih percaya diri dengan casing yang satu ini.

Tak hanya case dengan Auro Lighting, ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan aksesoris Glass Screen Protector yang berguna untuk menjaga layar ROG Phone agar tidak cepat tergores atau bahkan hingga pecah. Aksesori Glass Screen Protector juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi screen dan penggunanya dari bakteri atau kuman.

Dan tak kalah pentingnya yaitu aksesoris AeroActive Cooler 3 yang menunjang performa ROG Phone 3 dengan pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah. Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone. 

Bagaimana? tertarikkan untuk beli aksesoris yang super lengkap itu? Pastinya pengalaman gaming kamu akan meningkat ke level selanjutnya. Tapi sebelum beli aksesorisnya, ya mbok yo beli dululah smartphonenya. Nah, bagi kalian yang mau beli ROG Phone 3, monggo kepoin harganya di bawah ini! 

The Real Smartphone Sultan

Dengan spesifikasi tinggi dan fitur-fitur yang memukau, ROG Phone 3 menjadi rekomendasi terbaik smartphone gaming #TheRealSultan. Sangat tepat bagi Anda gamers yang membuthkan perangkat gaming dengan performa kelas atas.

ROG Phone 3 [RAM 8GB/128GB] = Rp.9.999.000,-,

ROG Phone 3 [RAM 12GB/256GB] = Rp. 14.999.000,-

Dengan beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan ROG Phone 3 berupa Snapdragon 865 Plus, Stuninng 144Hz display, Baterai 6000mah, Built for gamers dan The most immersive gaming experience.  Tentunya Smartphone gaming ini patut diacungi jempol. Maka nggak heran kalau ROG Phone 3 disebut juga Smartphone Gaming Sultan yang Tiada Lawan.
Tunggu apalagi? Langsung kunjungi Onlineshop berikut ini! 

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

ModelASUS ROG Phone 3
Display

6.59″ 19.5:9 (2340 x 1080) 144 Hz / 1 ms AMOLED 10-bit HDR display

Delta-E < 1

650 nits outdoor-readable brightness

1,000 nits peak brightness

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certification for eye comfort

HDR10 and HDR10+ certified

113.3% DCI-P3, 108.8% NTSC, 153.7% sRGB color gamut coverage

1,000,000:1 contrast ratio AMOLED display with Corning® Gorilla® Glass 6

Supports Always-On display

Capacitive touchscreen with 10-point multitouch (supports glove touch)

Processor CPU:3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU:Qualcomm® Adreno™ 650

Memory (RAM/Storage)Up to 12 GB LPDDR5 RAM

Up to 256 GB UFS 3.1 ROM

Camera System

Sony® flagship IMX686 64 MP image sensor – 1/1.7” large sensor size, 0.8 µm pixel size
Quad Bayer technology – 16 MP, 1.6 µm large effective pixel size
F1.8 aperture
26.6mm equivalent focal length in 35mm film camera
6p lens
2×1 On-chip-lens phase detection autofocus
LED flash

Rear camera modes: Photo, Portrait, Panorama, Night, Pro

Second Rear Camera

13 MP, 125° ultrawide-angle camera

200% wider view to fit more friends and scenery in the frame
Real-time distortion correction
11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

Macro Mode

5 MP

Front Camera

24 MP

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Front camera modes: Photo, Portrait

Wireless Technology

Integrated WiFi 6 (802.11a/b/g/n/ac/ax, 2×2 MIMO)

Dual-band 2.4GHz/ 5GHz WiFi

Bluetooth® 5.1 (BR/EDR+LE), supports Qualcomm® aptX™ Adaptive

Wi-Fi Direct

NFC

SensorIn-display fingerprint sensor, face recognition, accelerometer, e-compass, gyroscope, proximity sensor, Hall sensor, ambient-light sensor, ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press
SIM card and SD slot

Dual SIM slots

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual-SIM / dual-standby support; 5G services are only supported in 5G network-enabled locations in 5G-ready countries.

NetworkGSM/GPRS/EDGE; WCDMA/HSPA+/DC-HSPA+; FDD-LTE; TD-LTE; CDMA; TD-CDMA; 5G Sub 6 SA/NSA
NavigatorGNSS support GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo (E1/E5a), BeiDou (B1/B2a), QZSS (L1/L5) and NavIC (L5)
OSAndroid™ 10 with ROG UI
Battery6000 mAh (typical) high-capacity battery, supports Quick Charge 4.0 and PD Charging
Audio / Microphone

Speaker

Dual front-facing speakers with Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect


Audio Output

 Hi-Res Audio 192 kHz / 24-bit standard (USB-C® output) that is 4x better than CD quality

Game Mode for better in-game sounding experience with localization capability
AudioWizard with multiple listening profiles


Microphone

 Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Size / Weight

P: 171mm(6.73 inches)
L: 78mm(3.07 inches)
T: 9.85mm(0.39 inches)

 

Weight: 240 grams (8.47 ounces)

ColorBlack Glare
Other

Kickstand with 1-step angle

Rubber slot (for the rubber insert in the side-mounted port of the phone)

 

Daftar

Referensi

Foto / Gambar

Elvina Yanti
(kicauanvinacom)

https://rog.asus.com/

Freepik.com

 

Infografis / Illustrasi

Adhi Hermawan

Freepik.com

Video / Youtube

Chanel Youtube: ASUS Indonesia
Smartphone Gaming The Ultimate Winner #TheRealSultan