8 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Nikmati di Pulau Karimunjawa

Karimunjawa, gugusan kepulauan yang terletak di utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini memang bak kepingan surga. Tidak sedikit wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang kembali karena terpikat keindahannya. Selain menawarkan pesona alam, Karimunjawa juga menjanjikan ragam aktivitas seru bagi para pengunjungnya. Untuk pembayaran transaksi selama liburan di sana, kamu bisa menggunakan QRIS Gopay

Cara pakai qris sangat mudah. Cukup dengan melakukan scan kode QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang diberikan merchant melalui smartphone. Kamu tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar saat liburan. Selain tidak praktis juga rawan dicuri atau hilang. Apalagi sekarang merchant-merchant di destinasi wisata sudah banyak yang menerima pembayaran melalui QRIS.   

8 Aktivitas Seru Selama Berlibur di Karimunjawa

Karimunjawa dijuluki The Paradise of Java karena keindahan pantai, bawah laut, hutan mangrove dan potensi budaya yang dimilikinya. Namun, tidak semua orang tahu apa saja yang bisa dilakukan di Karimunjawa? Padahal di sinilah surganya aktivitas seru. Nah, ini dia beberapa kegiatan mengasyikan yang bisa kamu nikmati di Karimunjawa :  

1. Menjelajah Pulau Ke Pulau

Setidaknya ada 27 pulau yang membentuk gugusan Karimunjawa. Masing-masing pulau memiliki keistimewaan, sehingga Island hopping adalah hal yang wajib kamu lakukan saat liburan di Karimunjawa. 

Kamu bisa menjelajahi pulau-pulau dengan menyewa perahu yang berkapasitas 15 orang. Untuk menghemat, kamu bisa sharing cost dengan traveller lain. 

2. Menyelami Keindahan Alam Bawah Laut 

Pemandangan bawah laut yang penuh pesona menjadi salah satu alasan kenapa harus ke Karimunjawa setidaknya sekali seumur hidup. Kamu bisa menyelam ke bawah laut yang kaya akan ikan, biota dan terumbu karang warna-warni. 

Jika belum bisa diving atau bahkan berenang jangan khawatir, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling yang terdiri dari snorkel dan fin yang memudahkan untuk mengapung dan bernafas di dalam air.  Bawah laut dengan pemandangan terbaik bisa kamu temukan  antara lain di Pulau Cemara, Pulau Tanjung Gelam dan Pulau Menjangan Kecil. 

3. Berenang Bersama Hiu

Siapa bilang semua hiu ganas dan menyeramkan? Di Pulau Menjangan Besar Karimunjawa, hiu-hiunya jinak bahkan lucu seperti bayi blacktip reef shark. Hiu-hiu bersahabat ini berada di penangkaran. Menariknya, kamu boleh ikut berenang bersama mereka. Tertarik mencobanya? 

4. Menyaksikan Lumba-Lumba

Selain hiu, kamu juga bisa melihat kawanan lumba-lumba di Karimunjawa. Di momen tertentu, binatang yang dapat kamu lihat adalah lumba-lumba. Di momen tertentu, mamalia yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata itu muncul di antara Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara Kecil. 

5. Merasakan Sensasi Menjejakkan Kaki di Pulau Pasir 

Di Karimunjawa terdapat sejumlah Gosong, sebutan untuk pulau pasir mungil. Kamu bisa merasakan keseruan menjejakkan kaki di gundukan pasir  Cemara,Selikur, Seloka, Batu Putih, Karang Moncong, Karang Besi dan Tengah.

6. Trekking di Hutan Mangrove 

Setelah puas bermain di bawah sinar matahari, berteduh di rindangnya pepohonan mangrove adalah pilihan tepat. Menikmati rimbunnya hutan dengan ratusan mangrove yang terdapat beragam flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Selain melakukan trekking, kamu juga bisa naik ke gardu pandang untuk menyaksikan hamparan hutan bakau dan panorama sunset  yang memesona. 

7. Berswafoto di Bukit Love

Ingin selfie di spot ikonik? Kamu bisa mengekspresikan diri di Bukit Love yang instagramable. Latar belakang tulisan Karimunjawa atau Love biasanya menjadi spot favorit berfoto. Di sini juga terdapat gazebo-gazebo untuk bersantai sembari mengagumi keindahan dan luasnya perairan Karimunjawa dari ketinggian. 

8. Menikmati Kuliner Malam di Alun-Alun

Setelah menikmati wisata bahari di siang hari, malam hari saatnya berburu kuliner di Alun-Alun Karimunjawa. Tempat ini menyajikan beragam hidangan, terutama hasil laut. Aneka seafood, ikan, lobster yang segar dan lezat bisa kamu temukan di sini. Jangan lupa mencicipi ikan serepeh khas Karimunjawa. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas kepulauan ini seperti ikan asin dan kerupuk amplang.

Liburan di Karimunjawa Lebih Asyik Berkat Dukungan Bank Digital

QRIS
Source: Freepik.com

Cara pakai QRIS yang praktis membuat aktivitas liburanmu lebih nyaman dan menyenangkan. Semua jenis transaksi selama kamu berlibur di kepulauan Karimunjawa pasti akan jauh lebih mudah dan hemat  jika pembayarannya menggunakan QRIS GoPay

Saldo GoPay tipis saat liburan? Jangan khawatir, kamu bisa top up lewat Aplikasi digibank by DBS. Tidak hanya itu, kamu juga dapat melakukan pembayaran apapun dengan sat set dengan digibank QRIS, salah satunya untuk membeli tiket pesawat atau kapal ke Karimunjawa. 

Asyiknya lagi, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan transaksi dengan menggunakan digibank QRIS, yaitu : 

  • Bayar apapun lebih praktis dan sat set dengan digibank QRIS.
  • Tersedia limit hingga Rp10 juta per transaksi setiap hari yang bisa kamu manfaatkan saat berlibur.
  • Menawarkan promo menarik di berbagai merchant pilihan yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat budget liburan

Nah, sekarang kamu bisa mulai merencanakan liburan ke Karimunjawa bersama bestie. Jangan lupa, lakukan segala jenis transaksi selama traveling dengan menggunakan QRIS GoPay supaya lebih praktis dan hemat. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk dan layanan digibank by DBS, klik tautan di sini.

Referensi : 
https://travel.tempo.co/read/1763561/5-aktivitas-seru-yang-bisa-dinikmati-pelancong-saat-berlibur-di-karimunjawa
https://www.tripzilla.id/aktivitas-seru-di-karimunjawa/9917
https://www.merdeka.com/gaya/7-kegiatan-seru-ini-bisa-dilakukan-di-karimunjawa.html
https://www.dbs.id/digibank/id/id/tabungan/fitur-aplikasi/qris