Berkarya untuk sebuah Impian

My Lovelist on Prelo

Berawal dari barang bekas, Berkarya demi kreatifitas.

Sebuah …..

  Kreatifitas

Yang muda yang berkarya, yang muda yang berinnovasi, yang muda yang berkreasi, yang muda yang berprestasi, yang muda yang membangun masa depan lebih cerah dan lebih cerah lagi” – My Inspiration Wisdom

Begitulah sebuah luapan kalimat motivasi yang diucapkan coach Irawan dengan wajah sangarnya, suaranya yang lantang dan juga jiwanya yang bersemangat, saat memberikan pelatihan bisnis di daerah Bogor. Dua kata yang memiliki makna dan harapan untuk menciptakan gebrakan baru ditengah hiruk-pikuknya kehidupan. “Yang muda” seolah-olah menjadi warning bagi saya untuk terus berkarya dan berkreasi. Menjadi pelopor untuk generasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Beri aku 1.000 Orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 Anak muda niscaya akan ku guncangkan dunia.” – Ir. Soekarno

Lagi-lagi yang muda adalah sebagai bentuk penekanan untuk bisa membawa perubahan bagi negeri dan bangsa kita. Menaruh harapan kepada yang muda untuk mampu menaklukkan dunia dengan genggaman tangannya, itulah pesan singkat yang tersirat dalam sebuah buku yang terpampang dilemari buku saya yang berjudul Soekarno.

Sedikit merenung dan mulai tersadarkan bahwa masa muda kita adalah masa dimana kita akan dihadapakan dengan dua pilihan, untuk menjadi seorang yang berguna atau seorang yang hanya diam, berubah dengan sikap baik atau hanya acuh dengan keadaan, berani tampil di muka umum atau bersembunyi dibalik tirai dan terus berkarya atau mati ditempat.

Saat itulah saya mulai memaknai bahwa yang muda-lah yang kreatif dengan segala innovasi dan karya. Sebuah kreatifitas yang tercipta untuk melakukan perubahan dari tidak ada menjadi ada, dari tidak berguna menjadi berguna.

Kreatifitas Tanpa Batas

Kreatifitas yang lahir tanpa keterbatasan

Kreatifitas bukan lagi membuat burung-burungan dari kertas origami, main tembak-tembakan dari bambu yang berpeluru kertas basah dan menghias sepeda saat tujuhbelasan, tetapi sebuah tantangan untuk bisa melakukan segala hal yang kita sukai.

Jamannya sudah berubah bro! _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Saatnya kita menilik teka-teki kecil dibalik tumbuhnya perkembangan teknologi saat ini. Era yang begitu pesat dengan berbagai teknologi canggih sekarang ini menjadi trobosan terbaru untuk memudahkan manusia dalam berbagai aktifitas yang dilakukan.

Saya pun mulai terpikirkan akan hal ini, seolah-olah semua telah disetting dalam perangkat canggih bernama smartphone. Hanya dengan sentuhan jari, hal yang dulunya tidak mungkin kini telah berubah menjadi nyata, kalo kata doremon ini semua berkat kantong ajaib. Ini membuktikan bahwa pada dasarnya kita mampu melakukan perubahan untuk kemajuan diri kita.

Satu kata yang harus saya tanamkan dalam hati ini yaitu “Action”. Saatnya saya mengambil setiap kesempatan ditengah-tengah berkembangnya teknologi untuk memanfaatkannya dalam berkarya, berinnovasi dan menciptakan perubahan kecil, terutama untuk diri saya sendiri.

Teknologi saat ini semakin hari semakin canggih bro!, kita tidak bisa berdiam diri menikmatinya begitu saja. Sedangkan diluar sana akan ada banyak orang yang berkreasi dan terus berinnovasi. Saatnya kita melakukan perubahan dalam diri kita dengan sebuah karya dan kreatifitas kita yang tanpa batas. Karya yang nantinya akan dinikmati orang lain sebagai bentuk share to care kita dalam kehidupan ini.

Jika kita cermati, mungkin sudah banyak juga kawan-kawan kita yang kreatif, membentuk gebrakan baru untuk mengatasi berbagai permasalahan hidup. Kita temukan ojek online untuk mengatasi permasalahan transportasi di kota-kota besar yang sering terjadi kemacetan, kita temukan wadah pendidikan ditengah-tengah sulitnya siswa mencari guru privat dan masih banyak kreatifitas bentuk lainnya yang memudahkan manusia untuk terlepas dari hiruk-pikuknya permasalahan hidup.

Begitu pula yang dilakukan oleh start up yang satu ini bro!, Prelo namanya. Walau terdengar sedikit asing, namun keberadaanya telah menjadi inspirasi saya dan banyak orang untuk peduli dengan lingkunganya, peduli dengan barang bekas dan peduli dengan kreatifitas.

Disinilah jiwa saya bangkit seketika dengan adanya harapan untuk bisa berkreasi dengan barang bekas atau barang second. Karena kreatifitas tidak memandang barang bekas atau second.

Ta’aruf dengan si Prelo

Selidik punya selidik saya mengenal prelo dari blog sahabat saya. Awalnya sih berfikir bahwa prelo ini adalah nama orang, namun setelah melihat logo si prelo membuat saya sedikit lebih paham dengan maksud dan tujuannya. Begini Logonya,

Prelo sendiri merupakan marketplace jual-beli barang bekas guna memper-mudah kita dalam menjual atau membeli barang bekas yang aman dan berkualitas. Tidak hanya itu saja, prelo juga sangat ramah dengan lingkungan apalagi jika kita mengenal 3R ( Reuse, Reduce, Recyle ) ini sangat cocok untuk menggambarkan tentang apa dan bagaimana si Prelo :

1. Reuse atau menggunakan kembali barang bekas

Tentu barang bekas yang tidak terpakai dirumah kita sangat banyak, alangkah baiknya kita gunakan kembali sebelum membeli barang yang fungsinya serupa atau kualitasnya masih bagus. Agar lebih memungkinkan serahkan saja kepada prelo untuk bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

2. Reduce atau mengurangi barang bekas

Barang yang menumpuk dikolong tempat tidur, diatas lemari atau bahkan di gudang sangat mengganggu pemandangan dan menurunkan nilai estetika ruangan. Sebaiknya, dari sekarang kita mulai untuk mensortir barang yang tidak terpakai, kemudian menjualnya kepada yang membutuhkan. Tidak perlu kuatir, serahkan saja sama ahlinya Prelo yang siap membantu mengatasi permasalahan barang bekas kalian.

3. Recylce atau mendaur ulang barang bekas

Sebagai seorang yang menyukai karya seni tentu sebuah kerajinan tidak serta merta dihasilkan dengan bahan yang baru, dari barang bekas pun sangat bisa dan cocok untuk dijadikan sebuah karya seni, justru akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Jualnya juga gak susah kok, tinggal photo, kasih judul dan deskripsi, terus upload deh di prelo. Barang bekas berkurang, kreatifitas bertambah dan menghasilkan pemasukan.

Saatnya kita ubah mindset pikiran kita, bahwa barang bekas itu akan bernilai lebih jika berada ditangan orang yang tepat. Saya semakin yakin bahwa Prelo akan membantu saya untuk mewujudkan impian saya menjadi seorang video-blogger walau semua berawal dari barang bekas atau barang second.

Dari Barang Bekas Untuk Sebuah Kreatifitas

Barang bekas bukan suatu alasan untuk kita tidak berkarya.

Menjadi Vlogger dari Barang Bekas

Berawal dari barang bekas, ya!

Jangan pernah meremehkan barang bekas. Mungkin memang bekas, namun fungsinya  tidak akan berkurang ketika kita menggunakannya.  Barang bekas tidak seburuk yang kita bayangkan, justru dengan barang bekas kita bisa memulainya untuk berkarya dan berkreasi. Semua ini memang tidak terlepas dari prelo yang telah bekerja keras untuk,

  1. Memanfaatkan barang bekas,
  2. Mengubah opini orang tentang barang bekas
  3. Menjadikan barang bekas sebagai sebuah peluang.

Prelo merupakan satu bentuk kreatifitas yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh kita. Karena tidak semua barang bekas yang kita anggap negatif bernilai negatif dimata orang lain.

Disinilah saya mulai belajar bahwa dengan barang bekas kita dapat memanfaatkannya untuk membuat sebuah karya. Prelo memiliki tujuan nyata bahwa barang bekas akan memiliki nilai pada orang lain jika mempertemukan antara pemilik barang bekas dengan orang yang membutuhkan barang bekas tersebut.

Inilah yang membuat saya tersadarkan bahwa barang bekas manfaatnya banyak, fungsinya seperti barang baru, yang membedakan hanyalah barang tersebut sudah terpakai lebih dulu oleh orang lain.

Kini harapanku untuk menjadi seorang Video-Blogger dapat terwujud walau hanya dengan barang bekas. Semoga karya saya nanti merupakan bentuk share to care kepada semua orang. Tentunya semua itu akan terwujud jika lovelist barang preloved untuk vlogger berikut ini saya dapatkan.

My Lovelist on Prelo to become Vlogger

yang Muda yang Kreatif menjadikan saya memiliki mimpi untuk menjadi seorang Vlogger professional. Dengan menjadi vlogger setidaknya saya bisa berbagi informasi, pengalaman dan ilmu pengetahuan yang saya miliki. 

Ayah saya pernah berkata, “Untuk menjadi orang kreatif itu mudah, tapi untuk menjadi orang kreatif yang bermanfaat bagi orang lain itu perlu ilmu”.

Saat itulah saya mencoba untuk terus belajar dimanapun dan kapanpun untuk mendapatkan materi yang bisa saya bagikan ketika saya menjadi vlogger nanti.

Materi dan ilmu sudah diperoleh ya walaupun masih sedikit, sekarang saatnya untuk mewujudkan perangkat yang dibutuhkan oleh seorang vlogger. Semua perangkat sudah saya persiapkan di lovelist prelo saya. Walaupun belinya bekas, tapi bukan suatu alasan untuk kita tidak berkarya. Semoga saja dengan peralatan ini seorang vlogger baru akan lahir dan bermanfaat untuk orang lain.

Camera Fujifilm X-A2 Bekas

Kamera ini adalah modal utama yang harus saya miliki untuk melanjutkan langkah aksiku dalam menjadi seorang video blogger. Ini menjadi perioritas utama dalam wishlistku yang ingin saya capai.

Kamera merupakan bagian penting dari seorang vlogger. Dengan kamera ini, akan saya gunakan untuk merekam setiap kejadian yang nantinya menjadi bahan informasi untuk berbagi. Bagi saya memiliki kamera fujifilm X-A2 tentu akan membantu saya dalam menciptakan sebuah resolusi gambar dan video yang baik, bagus dan profesional.

Kamera Fujifilm Second, nantinya menjadi perangkat pendukung terciptanya vlog atau informasi lewat video yang semua orang akan dengan mudah mendapatkan informasinya hanya dengan sekali klik.

Go Pro Hero 4 Action Cam Bekas

Go Pro Hero 4 Actioncam terbilang sangat multifungtional dalam pembuatan vlog oleh kebanyakan orang, berbagai aksi dan diberbagai tempat action cam ini mampu memberikan hasil terbaik.

Sudah lama saya menginginkan Go Pro Hero 4 ini, karena hobi saya yang suka mendaki gunung dan berenang ke pulau-pulau, tentunya membutuhkan kamera yang handal terhadap guncangan dan anti air salah satunya yaitu Go Pro Hero ini.

Lagi-lagi saya tidak akan mempermasalahkan barang baru atau bekas, yang terpenting harapan saya untuk menjadi seorang vloger dapat tercipta dengan adanya Go Pro Hero 4 Bekas yang mendukung segala bentuk aktifitas saya dalam membuat karya tersebut.  Andai dengan barang bekas ini bisa terwujud, betapa bergunanya barang tersebut walau barang bekas.

Semua bukan tergantung dari mana barang itu berasal, tetapi bagai mana cara kita berkreasi dengan barang-barang bekas yang masih bisa kita manfaatkan.

Mini Tripod Camera Bekas

Mini Tripod Camera menjadi alat bantu yang sangat diperlukan karena dengan adanya tripod ini bisa membantu saya dalam membuat karya dengan hasil yang baik, bagus serta  profesional.

Mini Tripod juga menjadi sesuatu hal yang sangat penting demi terciptanya video blog ini. Dengan fungsinya yang hanya bisa menopang kamera, namun tanpa ini Mini Tripod Preloved ini, video yang kita hasilkan tidak akan bagus. Jangan melihat dari bentuknya yang sederhana, tapi lihatlah dari fungsinya.

Saya harap dengan adanya tripod ini bisa membantu saya saat pengambilan gambar sehingga kita lebih leluasa dalam melakukan aktifitas pembuatan Video-Blogger. Tentu barang bekas susah dicari, namun dengan adanya prelo semua akan dengan mudah kita dapatkan, lebih aman dan bermanfaat tentunya.

Itulah barang-barang preloved yang sangat mendukung impian saya untuk menjadi seorang vlogger. Saya harap semua itu bisa terwujud dengan adanya prelo yang telah berperan aktif dalam menemukan secercah titik harapan untuk memiliki barang tersebut tanpa harus mengeluarkan budget yang sangat besar. Mungkin ada aplikasi serupa dengan prelo, namun keberadaan prelo meyakinkan saya bahwa membeli barang di prelo akan lebih aman dan memberikan kepuasan tersendiri dengan pelayanannya.

Nah bagaimana dengan kalian?, apakah kalian memiliki wishlist juga untuk membeli barang-barang preloved yang kalian inginkan di prelo?. Atau mungkin sebagian dari teman-teman bertanya-tanya apa itu prelo dan bagaimana cara membeli barang-barang tersebut serta bisakah kita berjualan di prelo. Tentang saja shobat, kali ini saya akan mengulas siapa itu prelo yang sesungguhnya. Lebih lanjutnya monggo di check!

Mengenal Prelo yang Sesungguhnya

Prelo dan Barang Bekasnya

Semua berawal dari pemanfaatan teknologi untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada saat ini. Prelo hadir menawarkan solusi jual-beli barang bekas berkualitas untuk anak muda yang dapat diakses secara mudah langsung melalui layar smartphone mereka.

Bandung lah tempat dimana Prelo yang merupakan salah satu perusahaan rintisan (StartUp) dilahirkan dan dikembangkan langsung oleh anak muda kreatif bandung.

Prelo merupakan marketplace jual beli barang bekas berkualitas yang dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif, sehingga kalian bisa bertransaksi di Prelo dengan aman dan nyaman.

Tidak hanya itu, prelo juga memberikan garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali. Semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW.

Visi dan Misi Prelo.

Visi Prelo Layanan e-niaga ramah lingkungan berbasis teknologi dan pemberdayaan komunitas

Misi Prelo Memaksimalkan potensi teknologi untuk membangun gaya hidup ramah lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, ekonomi, karyawan, dan perusahaan.

Inilah Manfaat ikut Gerakan Peduli Barang Bekas di Prelo

Ayo kita menjual barang bekas!

Semua orang tentu memiliki barang bekas, apalagi barang yang pernah kita beli itu memiliki brand yang berkualitas. Kalo misalkan kita simpen mungkin ngak akan berguna lagi karena kita sudah punya yang baru. Nah solusinya adalah dengan menjual barang bekas ke Prelo. Karena menjualan barang bekas diprelo akan memberikan manfaat yang besar bagi kamu.

Mau hemat. yuk beli barang bekas!

Prelo seolah-olah telah menjadi pionir untuk mencetuskan gerakan membeli barang bekas yang berkualitas. Mencari barang branded yang aman dan berkualitas disinilah tempatnya. Jangan takut untuk membeli barang bekas karena kita akan menemukan mutiara dibalik barang bekas tersebut. Yuk kita resapi betapa pentingnya kita membeli barang bekas.

Segenap Alasan Menjual & Membeli Barang Bekas di Prelo

Bukan sebuah keputusan yang sulit untuk kita menjual atau membeli barang bekas di Prelo, karena semua kekhawatiran kita akan sirna dengan berbagai keuntungan yang akan kita dapatkan setelah menggunakan aplikasi Prelo. Nah berikut ini adalah berberapa alasan mengapa saya atau kalian menjual atau membeli barang bekas di aplikasi prelo:

Langkah Mudah Bertransaksi di Prelo

Download Aplikasinya Segera!

Menggunakan Prelo semudah main game kesukaan kalian, tinggal touch… touch dan touch.  Monggo dicoba bagi yang penasaran dengan aplikasi kece ini, kalian bisa downlaod aplikasinya disini!

   

Pastikan setelah download aplikasinya, lakukan sign up atau daftar pada menu utamanya, lakukan 3 langkah mudah ini!

1. Sign up atau Daftar gunakan facebook agar lebih mudah

2. Isikan Identitas diri kalian dengan baik dan benar

3. Saatnya edit foto profilemu dan selamat berselancar di Prelo

Cara Mudah Berbelanja di Prelo!

Lakukan 4 Cara mudah berbelanja berikut ini dan Dapatkan barang preloved yang masuk kedalam wishlist mu!.

Temukan Barang  Prelovedmu!

Baca dan cermati keterangan produk

Tawaran harga barang yang kamu inginkan

Lakukan pembayaran dan lengkapi data pengiriman

Untuk berbelanja di prelo selain hemat juga sangat mudah dalam melakukan transaksinya, selain itu juga ada fitur penawaran yang didesign secara otomatis akan terhubung lewat chat untuk berinteraksi denga penjual. Fitur penawaran ini sangat menguntungkan para pembeli yang menginginkan harga yang lebih hemat lagi sebelum membeli barang preloved yang diinginkan. Setiap barang yang dijual juga memiliki cerita dari si penjualnya, jadi kita lebih tahu alasan penjual untuk menjual barang preloved tersebut.

Nah bagi kalian yang berminat beli barang-barang preloved yuk masukkan kode referalku yang ini ADHIHERMAVANNJM biar kalian makin dapet harga yang lebih irit dan hemat lagi. Tunggu apalagi, cari barang preloved berkualitas, di Prelo tempatnya!

Cara Mudah Berjualan di Prelo!

1. Daftar dan Login Prelo
Pastikan kalian sudah mendaftar di aplikasi Prelo dan login untuk bisa menikmati fitur jual barang bekas di Prelo

2. Klik tombol "JUAL" pada Editor's Pick
Temukan tombol “JUAL” pada Editor’s Pick untuk bisa masuk ke fitur penjualan.

3. Deskripsikan Produk Kalian
Deskripsikan Produk yang ingin kalian jual, pastikan diisi sesuai dengan kondisi produk yang ingin kalian jual.

4. Upload Produk Kalian
Upload gambar sesuai dengan kolom upload yang sudah disediakan, pastikan sesuai dengan arahan photo agar dapat memudahkan pembeli dalam membeli produk kalian.

5. Pilih kategori produk ya kalian jual
Tentukan kategori produk yang kalian jual, agar dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pembeli barang bekas kamu.

6. Tentukan Harga dan Proses pengirimannya
Tentukan harga barang bekasmu dan jangan lupa untuk menspakati proses pengiriman barang yang ingin dikirim.

7. Share ke social media kalian
Langkah yang terakhir adalah share produk barang bekas kalian ke social media kalian, siapa tahu teman-teman kalian ada yang berminat untuk membelinya.

Jangan lupa sertakan Kode Referal yang kalian dapatkan setelah daftar Prelo agar orang lain bisa merasakan diskonnya juga ya, yuk pake kode referal ku ADHIHERMAVANNJM

Sebagai anak muda saya turut bangga dengan adanya Prelo. Ternyata tidak hanya sebuah marketplace yang membeli dan menjual barang-barang preloved, tetapi juga memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli dengan kreatifitas anak muda.

Dimulai pada bulan November 2015, Prelo telah menjadi tujuan digital bagi pembeli yang mencari barang berkualitas dengan harga murah, menyediakan transaksi yang aman dan nyaman, menyediakan escrow, garansi uang kembali dan melarang produk-produk non-otentik untuk melindungi hak kekayaan intelektual secara ketat.

Kini Prelo juga menghadirkan program Prelo Student Partner guna untuk menjalin hubungan dengan mahasiswa kampus, mempromosikan kampanye hijau dan perlindungan hak kekayaan intelektual, dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas dan pengetahuan di industri bisnis, teknologi dan e-commerce.

Tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda yang membutuhkan arahan dan bimbingan dalam mewujudkan karya dan kreatifitas sekaligus berbisnis.

Kesimpulan !

Barang bekas tidak seburuk yang kita bayangkan. Barang bekas hanya butuh orang yang tepat untuk bisa memanfaatkan fungsinya kembali. Oleh karena itu Prelo hadir untuk mempertemukan kalian yang ingin hidup smart, peduli lingkungan dan peduli dengan barang bekas dalam sebuah wadah aplikasi yang disebut Prelo.

Prelo tidak hanya sebuah aplikasi biasa, keberadaanya membuat orang lebih mudah menemukan jati dirinya untuk berkarya walau dengan barang bekas. Berkarya untuk berbagi dan memberikan manfaat untuk orang lain. Saatnya menjadi bagiaan dari mereka yang berkarya, berkreasi dan berinnovasi, ayo gabung bersama prelo.

Mau barang bekas berkualitas, saatnya gunakan aplikasi prelo. Jangan lupa untuk Follow Social Media Prelo untuk dapatkan informasi lebih lanjut

                

Sumber & Referensi : Prelo.co.id | duitpintar.com

Ilustrasi & Infographic : Adhi Hermavan

Saatnya Ubah Kreatifitas dan hobimu Jadi Sebuah Peluang Bisnis

Kode Referral : ADHIHERMAVANNJM

Let’s Share to Your Friend !