Kuliner Sueger, ya Ke Jember

Berburu Gudeg Pecel Lamintu, wisata kuliner khas JEMBER

Jika kita ingin melakukan perjalanan atau berwisata kesuatu tempat, sudah semestinya kita merencanakannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita lebih leluasa dalam mengeksplor tempat tersebut dengan berbagai informasi yang telah kita dapatkan sebelumnya. Itulah mengapa itenerary atau agenda perjalanan itu penting, ya salah satunya agar kita bisa lebih disiplin waktu dan tidak menyia-nyiakannya waktu ketika berada dilokasi wisata tersebut.

Sama seperti yang saya telah lakukan sebelumnya, untuk menuntaskan perjalanan mengeksplore destinasi wisata Jember saya tidak hanya menuliskannya dalam bentuk artikel berikut ini 7 Misi Terencana Wisata Ke Taman Botani Sukorambi Jember, tetapi menelusuri lebih lanjut hal apa saja yang bisa saya dapatkan ketika berkelana ke kota Jember.

Kota yang memiliki julukan sebagai kota suwar suwir ini ternyata tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya saja, melainkan juga kulinernya yang unik dan bermacam-macam bentuknya. Disela-sela saya menelusuri informasi, ada beberapa hal yang menarik perhatian saya. Sudah pasti ini sangat cocok untuk ditelisik lebih lanjut tentang kuliner tersebut yaitu, wisata kuliner Gudeg Pecel Lumintu Khas Jember.

Sumber: http://tripadvisor.co.id

Sebagai orang yang memfavoritkan pecel, tentu rasa penasaran itu muncul ketika ada makanan favorit kita yang biasa kita makan tetapi berada disuatu tempat yang berbeda. Apalagi sebutannya berbeda dari biasanya Gudeg Pecel Lumintu, sekilas sih terdengar kata mantu tapi inilah keunikan dari makanan khas Jember yang satu ini.

Gudeg Pecel Lumintu
Gudeg Pecel Lumintu

Kita sama-sama tahu bahwa pecel dan gudeg adalah jenis makanan berbeda, namun di Kota Jember keduanya dikolaborasikan sehingga menjadi satu jenis makanan yaitu pecel gudeg. Jika kalian ke Kota Jember sudah pasti kalian akan menemukan makanan khas Kota Jember, Gudeg Pecel. Nah, kalau tempat yang rekomended untuk mencicipi makanan gudeg pecel ini, ya di Gudeg Pecel Lamintu tempatnya.

Warung kulineran Gudeg Pecel Lumintu ini memang sudah lama menjadi legendarisnya gudeg pecel sejak tahun 1980. Meskipun tempatnya masuk gang sempit tetapi tetap ramai pengunjung dan menjadi salah satu tempat kuliner yang paling terkenal di Kota Jember hingga sekarang.

Sumber: http://tripadvisor.co.id

Setelah melihat paparan bentuk gambarnya, rasa penasaran memang telah terbayar. Namun rasanya belum puas jika belum menikmatinya hingga sampai ke tenggorokan. Inilah alasanya kenapa Gudeg Pecel Lumintu ini sangat cocok menjadi target selanjutnya setelah menikmati destinasi wisata Jember yang terkenal dengan wisata pegunungan hingga wisata pantainya.

Sarapan pagi di pinggir pantai sambil menikmati pecel gudeg yang satu ini tentu nikmat rasanya. Oh iya, dalam satu porsi pecel gudeg tersebut disajikan dengan lauk yang beragam tidak hanya berupa nasi. Di dalamnya juga terdapat potongan daging, cecek, rempeyek, dan tentunya dilengkapi dengan sambal pecel khas Kota Jember.

Warung makan yang berada di jalan Kertanegara no 33 ini, memiliki banyak lauk tambahan yang menjadi pilihan, tentunya semakin banyak lauk yang dipilih juga menjadi ukuran harga dari pecel gudeg. Semakin banyak lauk yang dipilih, maka harga juga semakin mahal, namun kita tidak perlu kuatir karena harga masih dalam taraf terjangkau.

Bakalan betah deh  menjelajah kuliner Kota Jember, destinasinya banyak dan kulinernya ngak ngebosenin, mulai dari suwar-suwir, tahu hwa, pia tape dan masih banyak lagi nama-nama unik lainnya deh. Mau pergi sendiri asik bersama keluarga juga asik. Penginapannya juga banyak dengan harga yang terjangkau pula. Makin gak sabar mewujudkan perjalanan dan menikmati sejuta destinasi wisata Jember yang makin rame.

Jember Makin Rame

Selain destinasi wisata Jember yang semakin membahana, kulinernya juga tidak kalah penting untuk dinikmati. Nama makanannya yang khas dan unik menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati sajian kuliner di Kota Jember.

Suasana alam yang begitu mempesona sangat patut untuk dibanggakan, mulai dari wisata alamnya, curug, hingga pantainya menjadi pilihan liburan yang cocok untuk keluarga. Di tambah lagi dengan kulineran yang tak hanya membuat perut kita kenyang.

Menyantap kuliner legendaris pastinya membuat kita merasakan ciri khas yang terkandung dalam makanan tersebut, seperti gudeg pecel lumintu yang satu ini, tentunya akan membuat kita rindu dengan rempah dan bumbu masakan daerah.

Pokoknya jangan pernah melewatkan makanan khas daerah jika kita sedang berada daerah tersebut, karena disitulah kita bisa merasakan perbedaan citarasa dari masing-masing daerah yang akan menambah wawasan dan pengalaman kita. Ayo ke Jember!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

Kulineran di Jember

Jangan Lupa Mampir di

Gudeg Pecel Lumintu yaa!

Sumber Referensi: http://www.tripadvisor.co.id, tempatwisatajember.blogspot.com, gotravelly.com