Notice: WP_Scripts::localize was called incorrectly. The $l10n parameter must be an array. To pass arbitrary data to scripts, use the wp_add_inline_script() function instead. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 5.7.0.) in /home/cre4ble/public_html/wp-includes/functions.php on line 5663
Serunya Hidup di Era Digital, Semakin Mudahnya Menebar Kebaikan - Adhi Hermawan
Serunya Hidup di Era Digital,
Semakin Mudahnya Menebar Kebaikan.

You don’t need money to help others, you need a heart to help others.

(Kamu tidak butuh uang untuk membantu orang lain, kamu hanya butuh hati untuk membantu mereka.) – Nasihat

Kebaikan Itu Menular, Tularkanlah!

Air mata ini mulai tak terbendungkan, mencoba menahan tangis tetapi menetes juga. Hati seolah tergetar, sedih, bahkan tak kuasa menatap layar smartphone yang berisi rekaman video kejadian gempa di Lombok – Nusa Tenggara Barat beberapa bulan yang lalu. Gempa bumi berkekuatan lebih dari 7.0 Skala Richter (SR), telah mengguncang dan memporak-porandakan wilayah Lombok dan sekitarnya.

Atap rumah rubuh, tembok-tembok retak, jalan raya terbelah, tanah longsor, rumah penduduk hancur dan sedikitnya ratusan orang meninggal dunia akibat musibah gempa bumi ini. Hati siapa yang tidak iba melihat saudaranya berkabung atas musibah yang menimpa mereka. Tak kuasa menahan tangis, sesekali ku usap kembali air mata ini.

Bayangkan jika ini terjadi kepada kita, saudara kita, keluarga kita. Kita kehilangan tempat tinggal, kehilangan barang kesayangan kita, bahkan kehilangan orang yang kita cintai. Apa yang mereka alami tentunya kita bisa merasakannya. Lantas apa yang bisa kita perbuat untuk membantu saudara kita disana?.

Begitulah seruan sahabat saya, yang mencoba membujuk saya untuk ikut serta menjadi bagian dari relawan korban bencana Lombok. Jika saya bersedia, saya akan dikirim ke Lombok untuk menjadi relawan disana.

Seketika teringat pesan Ibu saya dengan pepatah Jawa-nya,“Sopo nandur bakal ngunduh, Nek sampeyan apik karo wong liyo, wong liyo bakal apik karo sampeyan” (Siapa yang menanam akan memetiknya, Jika kamu baik kepada orang lain, orang lain juga akan baik kepada kamu) begitulah pesan singkat yang disampaikannya. Intinya, beliau berpesan agar anak-anaknya senantiasa untuk menebar kebaikan kepada semua orang, karena suatu saat nanti, orang lain juga akan menebarkan kebaikan kepada kita.

Inilah alasan saya meyakinkan diri untuk terjun menjadi Relawan di tengah kesibukan saya sebagai freelancer. Semua ini saya lakukan agar saya bisa lebih banyak menebar kebaikan kepada semua orang. Membantu saudara kita yang tertimpa musibah juga menebar kebaikan diantara mereka. Jika kita menolong orang lain, suatu saat nanti, kita yang akan ditolong oleh mereka juga. Karena kebaikan itu menular, maka tularkanlah!.

Pengalaman Menjadi Relawan

Bencana gempa bumi yang telah meluluhlantakan sebagian besar desa di pulau Lombok beberapa bulan yang lalu, menjadi misi pertamaku untuk terjun menjadi relawan. Tujuan utama kami yaitu menyalurkan bantuan yang telah terkumpul dari para donatur untuk korban gempa di Lombok. Perjalanan kali ini terpaksa kami tempuh melalui jalur darat, karena kami harus menjemput tim medis yang ikut serta dalam aksi kemanusiaan ini.

Bisa dibilang ini adalah perjalanan pertama saya yang memakan waktu perjalanan lebih lama untuk sampai ke tempat tujuan. Kalian bisa bayangkan! berapa lama waktu yang kami butuhkan untuk sampai ke Lombok dari titik awal kami yang berada di Jakarta, yang jelas ini akan menjadi perjalanan yang menantang dan seru.

Perjalanan dengan jarak tempuh selama 32 Jam melalui jalur darat ini tentu tidak serta merta berjalan dengan lancar. Banyak halangan dan rintangan yang harus kita hadapi dengan sabar. Dermaga yang rusak akibat gempa menjadi penghambat kapal yang kami tumpangi untuk menyandar, membuat kami menunggu terlalu lama. Setelah kapal mulai menyandar kami pun segera mengeluarkan mobil. Tidak jauh dari dermaga mobil kami pun dihadapkan dengan masalah lagi, ya ban kami bocor. Belum lagi kita juga tersesat di jalan perkampungan yang lumayan sempit.

Semua kejadian ini membuat kami semakin lelah dan penat dengan situasi yang tidak bisa kami prediksi sebelumnya. Hal ini tentunya menjadi tantangan terbesar kami terutama bagi saya yang baru saja terjun di dunia relawan. Tapi lagi-lagi saya tidak boleh mengeluh dan terus berjuang demi saudara kami yang membutuhkan pertolongan. Perjalanan ini pastinya akan menjadi pengalaman yang berharga dan tidak akan pernah terlupakan.

Menjadi Relawan

Mengajarkanmu Arti Berbagi

Akhirnya kami sampai di lokasi tujuan menjelang tengah hari, kami bergegas melapor ke posko bencana untuk menyalurkan bantuan langsung ke desa yang direkomendasikan. Kami tersadar bahwa mereka sudah menunggu kami sejak pagi hari. Tanpa basa-basi kami langung membagikan kepada kepala dusun untuk dibagikan kepada masyarakat yang mengungsi di desa tersebut.

Relawan Peduli Gempa Lombok

Serunya menjadi relawan ternyata tidak hanya menambah daftar pertemanan, tetapi juga mengajarkan kita arti dari berbagi yang sesungguhnya.

Senang melihat mereka bahagia, semoga apa yang kita berikan bermanfaat kepada para korban.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Kami merasakan betapa perihnya hidup mereka disana, tidak ada tempat bernaung melainkan atap terpal dan alas tikar sebagai pelindung diri. Polusi udara dimana-mana, bukan karena asap kendaraan seperti di kota besar melainkan debu yang berterbangan karena tekstur tanah yang bercampur pasir. Belum lagi soal makanan. Kami terpaksa makan makanan seadanya, lagi-lagi mie instan atau makanan cepat saji ala kadarnya yang sudah disediakan oleh relawan untuk memenuhi panggilan perut yang kosong.

Kondisi di Pengungsian

Setiap keluarga tinggal beratapkan tenda dan beralaskan tikar. Dapur masak berada disamping tenda.

Relawan juga ikut membantu membuatkan sanitasi untuk korban bencana.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Satu hal yang menjadi pelajaran berharga bagi saya, yaitu tentang arti berbagi. Menjadi relawan ternyata banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Selain menambah daftar pertemanan juga kita bisa merasakan arti berbagi yang sesungguhnya. Melihat mereka gembira atas kedatangan kami, kami pun juga merasa bahagia. Rasa lelah, letih dan capek kami semua terbayarkan karena kegembiraan mereka. Amanah tertunaikan dan semoga menjadi keberkahan buat kita semua.

Asyiknya Jadi Relawan

Di Era Digital

Era Digital Semua Serba Mudah

Di zaman generasi millenial, perkembangan teknologi menjadi revolusi peradaban yang serba dipermudah. Kini kita hidup tidaklah sesulit Ninja Hatori yang harus mendaki gunung dan melewati lembah.

Cukup dengan sentuhan jari, semua barang yang kita inginkan dengan sekejap sampai di depan mata. Untuk membeli sepatu branded asli Bandung kita tidak harus pergi ke Bandung. Semua akan terwujud cukup dengan sekali sentuh, membayarnya pun tak perlu ke Bank, karena dengan sekali tekan semua beres. Cakep!

Inilah kenapa hidup di era digital semuanya semakin mudah, lebih cepat dan tetap terintegrasi. Akhirnya, menjadi relawan di era digital pun semakin menyenangkan.

Relawan itu memang harus siap capek, karena apa yang kita lakukan berhubungan langsung dengan kondisi di lapangan. Misalnya saja untuk mencari donasi, kita harus terjun ke jalanan membawa kardus donasi, spanduk dan siap siaga di persimpangan lampu merah. Tak jarang  kondisi seperti ini sering menyebabkan kemacetan dan menghambat lalulintas.

Door to door alias dari pintu ke pintu untuk meminta donasi. Hal yang satu ini mungkin sudah jarang terjadi, memang tak seharusnya terjadi karena untuk berdonasi yang sifatnya kemanusiaan tentu segala sesuatunya harus di dasari dengan kesadaran diri sendiri, agar apa yang telah diberikan mendapatkan balasan pahala dari Sang Pencipta.

Di era digital sekarang ini kita harus berubah, lebih berinnovasi dan mampu memanfaatkan teknologi dan informasi sebagai modal atau alat untuk menebar kebaikan. Inilah serunya menjadi relawan di era digital. Menebarkan kebaikan semakin lebih mudah pastinya.

Menebar Kebaikan

Lebih Mudah di Era Digital

Menurut survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di tahun 2017, ada 143,26 juta orang Indonesia yang telah menggunakan internet, dari total populasi sebanyak 262 juta orang. Itu artinya ada 54,86 persen orang Indonesia yang telah terhubung ke internet. Setiap hari, setiap waktu di pastikan banyak orang yang mengakses internet. Berbagai aplikasi pun diciptakan agar manusia dapat dengan mudah mengakses informasi melalui internet. Tentunya ini menjadi peluang bagi kita untuk meraup ladang pahala dengan menebar kebaikan.

Menebar kebaikan lebih mudah memang di era digital. Sebagai relawan tentu kita bisa memanfaakan digital sebagai solusi untuk mengumpulkan donasi. Dengan menyebarluaskan informasi berupa poster, pamflet atau pun spanduk, kita sudah ikut berkontribusi dalam menyebarkan kebaikan. Dan inilah beberapa solusi untuk kita menyebarluaskan informasi penggalangan donasi di era digital dengan memanfaatkan platform digital sebagai berikut.

Massanger

Kita bisa membagikan informasi donasi berupa poster atau gambar melalui pesan online, chatting, atau pesan singkat.

Whats App, Mail

Social Media

Donasi juga bisa di bagikan melalui platform sosial media yang setiap orang sudah menggunakannya.

Instagram, Facebook

Blog atau Website

Membuat blog atau website untuk menarik orang berdonasi dengan informasi yang lebih spesifik dan jelas.

Blogger, Website

Asyiknya menggalang dana melalui platform digital selain mudah, jangkauannya juga sangat luas. Mungkin hasilnya akan berbeda dengan penggalangan dana secara konvensional.

Proses penggalangan dana cukup dengan  menggunakan platform digital seperti aplikasi massanger, email, sosial media dan juga blog atau website.

Hanya bermodal gambar dan kata-kata yang menggugah orang lain untuk berdonasi saja sudah bisa dilakukan. Hemat tenaga, waktu dan biaya (hanya menggunakan paket internet).

Nah, dari sekian banyak cara untuk promosi, mengajak orang lain untuk berdonasi atau bahkan menyebarkan informasi penting, bisa di bilang blog atau website menjadi platform terbaik saat ini sebagai platform yang bisa di integrasikan ke berbagai platform aplikasi lainnya.

Website Relawan

Untuk Menebar Kebaikan

Saya memiliki harapan besar untuk bisa menciptakan sebuah website khusus relawan. Website ini nantinya akan menjadi pusat informasi terkait dengan kegiatan para relawan.

Jadi segala sesuatunya, mulai dari mencari donasi, perekrutan relawan baru, hingga laporan untuk para donatur semua bisa dilakukan melalui website tersebut.

Ada beberapa tahapan agar website relawan tersebut dapat terwujud. Tahapan inilah yang nantinya menjadi acuan saya agar tidak kebingungan lagi dalam membuat website yaitu dengan membuat mapping concept-nya. Kalian bisa lihat konsep sederhana membuat website relawan pada gambar yang tertera diatas atau menyimak penjelasanya dibawah ini.

Membuat Brand Relawan

Konsep yang yang pertama kali kami lakukan yaitu membuat brand relawan. Brand relawan ini nantinya akan menjadi nama komunitas sekaligus nama domain. Sudah ada beberapa daftar nama brand yang nantinya akan dijadikan brand relawan kali ini, diantaranya seperti relawankita, relawanumat dan relawanberaksi. Pastinya untuk menentukan nama brand akan kami lakukan dengan cara musyawarah dengan kawan-kawan dan pengurus agar lebih memiliki makna dan sejarah terbentuknya brand ini.

Setelah nama brand relawan terpilih, tidak lupa juga kami akan membuat visi dan misi terbentuknya brand relawan ini. Mungkin nanti bisa kami lengkapi juga dengan menambah artikel informasi atau sejarah singkat terbentuknya komunitas relawan ini.

Membuat Program Relawan

Sebuah oraganisasi pastinya akan berjalan dengan baik karena adanya program-program yang menjadi kegiatan mereka. Nah, tidak ketinggalan juga dengan komunitas relawan yang akan kami wujudkan. Kami akan membuat progam-program yang sifatnya untuk kemaslahatan masyarakat diantaranya program kemanusiaan dan progam lingkungan.

Program kemanusiaan disini tentu akan berkaitan dengan bantuan korban bencana seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor ataupun tsunami. Kami akan menyalurkan donasi yang terkumpul dari para donatur untuk disampaikan kepada korban bencana. Relawan kami juga siap bersedia untuk ikut terjun membantu para korban yang tertimpa musibah.

Tidak lupa juga dengan program lingkungan, lebih tepatnya sih program peduli lingkungan. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap sampah, pastinya akan dampaknya kepada kebersihan lingkungan. Kami akan bekerja sama dengan Bank Sampah di sekitar lokasi kami untuk memberdayakan masyarakat agar lebih peduli lagi dengan lingkungan. Semoga saja program ini dapat terwujud dan jika memungkinkan akan ada program-program lainnya yang lebih menantang seiring berjalannya waktu.

Menentukan Domain dan Hosting

Ini adalah bagian terpenting dari terciptanya sebuah website yaitu diperlukannya domain dan hosting. Tanpa domain dan hosting mustahil website relawan dapat terwujud. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan membeli sebuah domain dan hosting, jangan asal beli!

Banyak penyedia layanan domain dan hosting yang tidak bertanggung jawab, contohnya seperti kasus yang di alami oleh sahabat saya, yang saat itu ingin memperpanjang domain blog tetapi informasi di website pihak penyedia hosting tidak dapat diakses, dihubungi pun tidak terkoneksi. Alhasil, nama domain blog-nya terpaksa hangus begitu saja.

Jangan asal beli domain dan hosting. Gunakan tips terbaik dalam membeli domain dan hosting seperti pada gambar di samping ini.

Pilihlah penyedia layanan domain dan hosting yang mencakup ke lima kriteria tersebut agar website yang kita miliki dapat bekerja maksimal.

Performa Server Berkualitas

Performa server menjadi hal yang penting bagi setiap website, jadi selalu gunakan layanan hosting terbaik yang telah terpercaya performanya demi keberlangsungan website yang kita miliki. Nggak mau kan website kita tidak bisa di akses gara-gara server lemot.

Harga Terjangkau

Terkadang harga menentukan kualitas dari sebuah produk. Produk murah belum tentu pelayanan yang diberikan maksimal, yang mahal pun demikian belum tentu fitur-fiturnya bisa kita pergunakan seutuhnya. Jadi sebisa mungkin kita harus lebih bijak lagi dalam menentukan harga agar lebih terjangkau sesuai kebutuhan kita.

Costumer Support 24 Jam

Pelayanan tentu menjadi faktor penting saat kita mengalami kendala pada website. Diperlukan costumer support yang mampu melayani 24 jam dalam 7 hari kerja yang selalu siap sedia. Jadi kalaupun dini hari kita mendapatkan gangguan dengan website kita, dengan segera dapat terselesaikan saat itu juga.

Garansi Uang Kembali

Jaminan terkadang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada pelanggan. Dengan adanya jaminan garansi uang kembali, pelanggan tentu akan lebih percaya untuk menggunakan jasa dan layanan dari penyedia hosting dan domain tersebut.

Fitur Lengkap

Fitur lengkap sudah pasti menjadi nilai tambah dari sebuah pelayanan yang diberikan. Dengan adanya fitur yang mendukung untuk mengembangkan , pengamanan pengguna dan fitur canggih lainnnya. Pastinya penyedia layanan hosting dan domain yang satu ini menjadi rekomendasi terbaik.

Nah, dari ke-5 tips diatas ada salah satu penyedia layanan hosting yang recommended banget untuk membuat website relawan kali ini! yaitu paket Cloud Web Hosting terbaik dan Domain Murah dari DomaiNesia. Mau tahu ulasanya seperti apa, simak penjelasanya berikut ini!

DomaiNesia, Cloud Web Hosting Indonesia Terbaik & Domain Murah

Sekilas Tentang DomaiNesia

DomaiNesia adalah penyedia layanan web hosting dan registrasi domain murah, terjangkau, dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

DomaiNesia menyediakan segala kebutuhan untuk menciptkaan suatu blog atau website bagi individu maupun perusahaan.

Produk yang disediakan berupa Domain, Hosting, Secure Socket Layer (SSL), hingga Website.

Pastinya ini menjadi solusi tepat untuk membuat website relawan yang berisi informasi kegiatan dan laporan bagi para donatur dengan hosting murah.

Domain

Diibaratkan domain merupakan alamat dari rumah yang kalian. Jadi apabila da yang ingin berkunjung ke rumah kamu tentu dia harus mengetahui alamat rumah kamu. Secata teknis, domain merupakan alamat yang akan digunakan untuk menuju ke lokasi hosting. Sebagai contoh : www.adhihermawan.com

Hosting

Berbeda dengan domain, hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Data yang dimaksud bisa dalam bentuk tulisan, gambar atau video yang nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang dinamakan website. Ibarat sebuah tanah kavling yang dibagi menjadi beberapa bagian untuk dibangun rumah.

SSL atau Secure Socket Layer

Ibarat pagar besi yang berfungsi untuk melindungi isi rumah. Begitu juga dengan SSL atau Secure Socket Layer yang merupakan sistem yang berfungsi sebagai pengaman website. SSL akan membuat suatu sistem yang terenkripsi antara server dan web browser pada sisi user. Sehingga, pada saat user mengakses website, maka data dapat terkirim dengan aman.

Website

Website terdiri dari tampilan atau halaman yang berisikan informasi. Jika diibaratkan yaitu rumah yang dibangun diatas petakan tanah kavling (hosting). Website biasanya tidak hanya berupa tulisan, terkadang dilengkapi dengan gambar ataupun video.

Alasan Memilih DomaiNesia?

Memilih layanan penyedia hosting dan domain tentu jangan asal pilih. Dengan mempertimbangkan faktor yang sebelumnya saya jelaskan rasa-rasanya Domainesia telah memenuhi kriteria yang saya harapkan. Performa website yang cepat sudah pasti menjadi prioritas kami, karena website kami nantinya akan menjadi pusat informasi yang akan diakses oleh banyak orang.

Jika melihat harga hosting yang terpampang di website Domainesia, nampaknya lebih terjangkau bahkan relatif lebih murah dengan layanan, performa dan fitur yang diberikan. Hal ini sudah pasti masuk kedalam kriteria saya juga dalam memilih layanan hosting dan domain. Apalagi jika saya memilih paket super, sudah dapat hosting ditambah gratis domain juga, pastinya jadi lebih murah dong.

Nah, ini dia yang tidak kalah pentingnya keunggulan lainnya yang dikemas secara aplik untuk mendukung terciptanya website relawan kami, diantaranya sebagai berikut!

SSD Super Cepat

100% Enterprise SSD untuk performa website secepat kilat

Instant Deploy

Fitur eksklusif untuk cara membuat blog dan  website dengan mudah & instan

Cloud Backup

Backup harian ke Cloud menjamin keamanan data penting kita

Garansi Uang Kembali

Uang kembali apabila kita kurang puas dengan layanan DomaiNesia*

Unlimited Bandwidth

Bandwidth tanpa batas menjamin kelancaran website atau blog yang kita kelola

Passionate Support

Pelayanan terbaik ke tiap customer, pelanggan adalah prioritas.

SSD Super Cepat

Ternyata pemanfaatan SSD tak hanya digunakan pada laptop pada umumnya, namun juga pada layanan web hosting. Bisa dibilang dengan adanya layanan SSD pada web hosting, performa yang dihasilkan akan lebih cepat dari hosting biasa. Saat ini sudah tersedia layanan web hosting murah menggunakan SSD di Domainesia. Pastinya dengan harga yang relatif murah ditambah performanya yang cepat kita akan lebih diuntungkan.

Instant Deploy

Nah, bagi teman-teman yang masih bingung cara membuat blog atau website profesional, jangan kuatir! karena DomaiNesia memiliki sebuah fitur yang memudahkan kita dalam pembuatan website. Fitur tersebut dinamakan Instant Deploy DomaiNesia. Dengan menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia, kita dapat membuat website hanya dengan sekali klik. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan memilih kategori website yang diinginkan, memilih jenis hosting dan domain, kemudian memasukkan email serta password untuk pengelolaan website. Maka website akan siap untuk digunakan.

Fitur Instant Deploy DomaiNesia ini dapat menjadi salah satu solusi yang tepat bagi kita yang kurang mengerti tentang bahasa pemrograman serta tidak ingin ribet membuat website dari nol. Untuk keamanannya sendiri juga sudah dilengkapi dengan perlindungan ekstra seperti update, antivirus, antimalware dan patching.

Cloud Backup

Ada juga fitur Cloud Backup yang berfungsi untuk mem-backup semua data yang terdapat dalam website setiap hari. Pastinya sistem backup ini dilakukan untuk menjamin keamanan data serta menghindari kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan, misalnya website yang tidak dapat diakses atau bahkan kehilangan data-data penting pada website.

Nggak mau kan data-data yang sudah kita buat hilang begitu saja? Apabila ini terjadi, pastinya banyak kerugian yang menimpa kita, selain waktu banyak yang terbuang juga pekerjaan kita selama ini akan menjadi sia-sia. Penting juga kan fitur yang satu ini. 

Garansi Uang Kembali

Merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan Domainesia? jangan galau, karena Domainesia juga memberikan jaminan dengan garansi uang kembali. Garansi uang kembali ini merupakan bukti bahwa Domainesia selalu memberikan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Ada peraturan khusus untuk mendapatkan jaminan yang satu ini. Kaita diharapkan untuk membatalkan membatalkan akun DomaiNesia dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 10 hari saat pertama pembelian. Perlu diketahui juga pengembalian uang Jaminan ini hanya berlaku untuk layanan hosting.

Unlimited Bandwidth

Pentingnya fitur bandwidth tanpa batas ini yaitu untuk menstabilkan website kita disaat pengunjung sedang asyik-asyiknya berkunjung di website kita. Pastinya ini sangat cocok dengan proyek website relawan yang nantinya akan ada banyak pengunjung untuk sekedar melihat hasil laporan bulanan ataupun untuk mencari informasi terkait donasi.

Jadi tak perlu kuatir saat pengunjung website sedang membludak yang biasanya berdampak pada masalah hang atau down dikarenakan kuota bandwithnya sudah habis.

Passionate Support

Salah satu hal yang berkesan dari DomaiNesia adalah pelayananya yang sangat baik. Setiap customer service selalu memberikan pelayanan yang sangat ramah, bersahabat, profesional dan cepat. Costumer service siap membantu kita menyelesaikan masalah kapan saja, tentunya yang berhubungan dengan produk DomaiNesia.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan pelayananya DomaiNesia juga dilengkapi fitur komunikasi yang disediakan untuk mendukung pelanggan yang menjadi prioritas utama, seperti halnya tiket bantuan, email dan panggilan telepon. Dan yang tidak kalah menariknya yaitu adanya fitur live chat yang kita bisa langsung berkomunikasi dengan costumer service pada saat itu juga akan dibalas. Jadi kita tak perlu bingung ketika website kita terdapat masalah, tinggal hubungi saja costumer servie DomaiNesia.

Bersama DomaiNesia

Menebar Kebaikan Jadi Lebih Mudah

Dengan menggunakan layanan web hosting dan domain dari DomaiNesia, website relawan kami tentunya akan lebih bermanfaat dan mampu menjangkau lapisan masyarakat untuk menyalurkan donasi bagi korban bencana. Saya pun berharap semoga website relawan ini tidak hanya sebagai profil komunitas saja, tetapi mampu menjembatani para donatur yang ingin mendukung program-program yang telah kami kembangkan.

Semoga bersama DomaiNesia, semakin banyak orang yang terinspirasi untuk ikut dalam lingkaran kemanusiaan dan sama-sama berkontribusi untuk membangun peradaban manusia yang lebih peduli lagi dengan sesama dan lingkungan. Tanpa kebaikan yang kecil, tidak akan ada kebaikan yang besar. Pastikan selalu menebar kebaikan di setiap langkah kita. Terimakasih DomaiNesia!

Jangan Lupa Menebar Kebaikan Hari ini!

Jangan lupa Follow social media DomaiNesia untuk dapatkan Informasi menarik lainya terkait produk dan promosi
Sumber Referensi dan Gambar: Dokumen Pribadi, https://domainesia.com, https://freepik.com,Youtube: Den_Yunus 99 infografis: Adhi Hermawan