Secercah Asa Ramadhan Bersama IMSA

“Terkadang kita memang tak adil pada hidup kita sendiri. Taktala tiada pilihan, kita menggerutu. Padahal Tuhan tak memberi pilihan lain karena telah menunjukkan itulah satu-satunya pilihan terbaik bagi hidup kita.”

Hanum Salsabiela Rais, Bulan Terbelah di Langit Amerika

Pilihannya mantab! Selepas sekolah nanti ia benar-benar ingin mencari beasiswa ke luar negeri. Tentu negara yang menjadi tujuannya adalah negara di benua Eropa atau Amerika. Dengan cara apapun ia tempuh untuk mewujudkan mimpinya bisa sekolah ke luar negeri. Anggapannya sepele, ia ingin menginjakkan kaki dimana pusat peradaban ekonomi itu tumbuh dan bersaing dengan ratusan bahkan jutaan orang untuk merebut posisi aman di titik itu.

Persaingan ini pun sudah pernah ia lakukan, dari anak desa yang tinggal di tengah-tengah hamparan sawah, pergi ke sekolah dengan menempuh jarak puluhan kilo, dan bersaing dengan ratusan anak desa lainnya untuk mendapatkan beasiswa sekolah di kota besar layaknya Jakarta. Ya, dari desa pindah ke kota, dan kini persaingan itu beralih memperebutkan beasiswa ke luar negeri. Proses panjang, penuh perjuangan dan itulah hidup karena dalam jiwanya, bukan hidup jika tanpa adanya persaingan.

Salah seorang gurunya pernah berkata “Bermimpilah setinggi-tingginya, kalaupun harus jatuh toh kamu sudah melakukan yang terbaik untuk mewujudkan mimpimu itu”  kenyataan memang tak selalu berbanding lurus dengan harapan. Namun setidaknya kita sudah berusaha melalui proses yang dinamakan mengejar mimpi layaknya para “laskar pelangi”.

Walaupun harus menelan pil pahit tidak lolos seleksi beasiswa ke luar negeri, namun roda kehidupan harus terus berjalan, ia harus tetap menampilkan yang terbaik di titik dimana ia masih berpijak. Pilihanya hanya dua, mewujudkan mimpi yang lainnya atau diam penuh penyesalan. Itulah cerita perjuangan saya 10 tahun lalu, yang berharap bisa melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Jika berfikir Tuhan itu tidak adil, tentu itu salah. Justru “Terkadang kita memang tak adil pada hidup kita sendiri. Taktala tiada pilihan, kita menggerutu. Padahal Tuhan tak memberi pilihan lain karena telah menunjukkan itulah satu-satunya pilihan terbaik bagi hidup kita.” (Hanum Salsabiela Rais, Bulan Terbelah di Langit Amerika) inilah yang bisa menenangkan, ketika kita belum saatnya mewujudkan mimpi dan harapan kita, tentu akan ada jalan terbaik yang telah dipersiapkan Tuhan untuk kita.

Teruntuk Kalian Para Pejuang di Luar Negeri

Meski bukan saya orangnya yang sedang berjuang di negeri orang, pastilah kalian orangnya yang sudah berjuang sekuat tenaga untuk bisa bertahan hidup di luar sana. Entah apapun itu profesi kalian, baik mahasiswa maupun pekerja, Itulah jalan kalian, pilihan hidup yang harus kalian tempuh untuk menggapai titik aman dalam perjalanan hidup kalian.

Walaupun di negeri sendiri masih terasa nyaman untuk bertahan hidup, namun perjuangan kalian untuk mengenalkan negeri ini kepada dunia perlulah diacungi jempol. Kalianlah harapan yang bisa membawa citra negeri ini terangkat. Oleh karena itu, jangan kalian tinggalkan budaya negeri kita ini untuk tetap sopan, santun, gotong royong, saling membahu di luar negeri sana.

Indonesian Muslim Society in America (sumber: Facebook IMSA)

Terlebih bagi kalian yang tinggal di Amerika, jauh dari negeri sendiri tentu tidak enak. Tapi ingatlah, kalian disana adalah untuk berjuang, berjuang menyelesaikan studi atau karir yang suatu saat nanti bisa membawa perubahan bagi negeri ini ke arah yang lebih baik. Kalianlah harapan negeri ini untuk bergerak maju, memberi secercah harapan yang bisa diterapkan di semua lini kehidupan yang lebih baik lagi.

Ada banyak pejuang di luar sana, tentu kalian tidak sendiri! karena kini sudah ada komunitas yang siap mempertemukan kalian yang tinggal di Amerika khususnya bagi seorang muslim. Komunitas ini adalah “Indonesian Muslim Society in America (IMSA)”  salah satu komunitas muslim yang ada di Amerika. Jadi kalian tidak sendiri lagi, karena banyak dari saudara kalian yang tergabung dalam wadah komunitas ini. Nah, sebenarnya apa sih itu komunitas IMSA, berikut ini penjelasannya.

Indonesian Muslim Society in America

IMSA

IMSA adalah organisasi mandiri dengan ciri utama pengembagan intelektual dan moralitas Islam melalui da’wah yang berpusat di pengajian lokaliti. IMSA didirikan dengan harapan tidak sekedar hanya menambah jumlah organisasi kemahasiswaan di Amerika Utara, tetapi bisa menjadi sebuah organisasi yang memfokuskan dirinya kepada kegiatan da’wah di kalangan mahasiswa Indonesia.

What’s up IMSA ? 

IMSA Care

Program peduli kemanusiaan

Dakwah Roadtrip

IMSA Youth Dakwah Roadtrip

Training Camp

Summer Training Camp (STC)

Radio IMSA

Didukung juga media IMSA-TV

Indonesian Muslim Society in America (IMSA) merupakan organisasi non profit yang bergerak dalam bidang keagamaan, sedekah, ilmiah, sastra, pendidikan, dan tidak memiliki affiliasi dengan organisasi politik, LSM atau organisasi nirlaba lainnya. Organisasi IMSA hadir bertujuan untuk membangun hubungan kerjasama dengan berbagai organisasi pengajian di berbagai kota di Amerika Utara.

IMSA didirikan dengan harapan tidak sekedar hanya menambah jumlah organisasi kemahasiswaan di Amerika Utara, tetapi bisa menjadi sebuah organisasi yang memfokuskan dirinya kepada kegiatan da’wah di kalangan mahasiswa Indonesia, sehingga bisa menjadi pelengkap dari organisasi-organisasi Islam yang sudah ada.

Pertemuan mahasiswa di Amerika dalam acara Muktmar IMSA (sumber: facebook IMSA)

Tentunya IMSA sendiri memiliki misi yaitu untuk membantu komunitas Muslim Indonesia di Amerika Utara dalam upayanya untuk memajukan kapasitas intelektual dan spiritualnya untuk kepentingan masyarakat Indonesia pada umumnya baik di Amerika Utara dan Indonesia.

Nah, itulah IMSA organisasi yang mempersatukan mahasiswa muslim di Amerika dalam satu wadah untuk membangun dan memajukan masyarakat Indonesia di Amerika khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Lantas apa saja sih peranan IMSA bagi masyarakat muslim Indonesia disana? berikut ini adalah rangkuman beberapa kegiatan yang dilakukan IMSA.

IMSA Care

Program peduli kemanusiaan. Menyalurkan donasi untuk korban bencana, beasiswa pendidikan dll

IMSA Youth Dakwah Roadtrip

Program untuk kaum muda dan oleh kaum muda yang disebut “Road-map Dakwah Youth IMwah

Summer Traning Camp

Kegiatan dengan perpaduan antara materi keIslaman dengan kegiatan di alam terbuka seperti hiking dll

Islamic Education Workshop

Pengajian masyarakat Indonesia di Amerika dengan mendatangkan Ustad-ustad dari Indonesia

Banyak sekali ternyata kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia di Amerika. Selain berkontribusi dalam bidang keagamaan, IMSA juga menyalurkan berbagai donasi untuk kepentingan umat diantaranya donasi untuk para korban bencana alam, penyaluran beasiswa pendidikan bagi yang membutuhkan, penyaluran wakaf Qur’an dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada berbagai program menarik lainnya seperti IMSA Youth Dakwah Roadtrip bagi generasi muda untuk melakukan perjalanan dakwah, di ikuti juga dengan program Summer Training Camp yang merupakan kegiatan di musim panas dalam acara keagamaan yang dipadukan dengan kegiatan outdoor seperti hiking, survival, water balon war dan kegiatan outdoor lainnya.

Yang tidak kalah seru ada juga kegiatan Islamic Education Workshop yang mendatangkan dan menghadirkan langsung Ustad-ustad dari Indonesia untuk menemui masyarakat Indonesia di berbagai tempat di Amerika. Kegiatan ini tentu tidak terlepas dari berbagai agenda seru lainnya seperti adanya IMSA Sister Division, IMSA TV, IMSA Radio, dan acara besar seperti Muktmar IMSA.

Ramadhan Bersama IMSA

Di bulan ramadhan kali ini, tentunya kita penasaran apa saja sih yang dilakukan sahabat kita yang berada di luar negeri. Mengingat perbedaan jarak dan waktu yang meyebabkan waktu berpuasa sedikit berbeda dari waktu di negeri kita sendiri. Sahabat-sahabat kita yang tergabung dalam IMSA tentunya juga memiliki berbagai agenda dalam menyambut dan meramaikan kegiatan puasa ramadhan. Nah berikut ini beberapa agenda yang dilakukan IMSA selama ramadhan dalam programnya yaitu Ramadhan IMSA CARE 1440 H.

Program ZISWAF Ramadhan

Melalui program ZISWAF, IMSA Care juga menerima Zakat Fitrah dan Fidiyah, Infaq, Sedekah, Zakat Mall dan lainnya untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya. Jadi tak perlu lagi bingung untuk berzakat, infaq maupun sedekah sebagai ajang pembersih harta kita.

Program Kado Lebaran Yatim

Berbagi itu sangat menyenangkan, terlebih kepada saudara kita yang membutuhkan seperti anak yatim. IMSA Care juga memfasilitasi bagi kita yang ingin berbagi kepada mereka melalui program Kado Lebaran Yatim sehingga mereka bisa merasakan kebahagiaan apa yang kita rasakan.

Program Waqaf Satu Juta Al-Qur'an

Masih banyak saudara kita yang membutuhkan Al-Qur’an yang layak untuk dipelajari. IMSA Care juga memfasilitasi donasi bagi sahabat yang ingin mewaqafkan Al-Qur’an untuk saudara kita yang membutuhkan.

Program Pengembangan Dakwah dan Beasiswa

IMSA Care juga menggalang donasi untuk kegiatan pengembangan Dakwah di Amerika dan Kanada. Pengembangan lainnya juga berupa  Alim Scholarship yaitu berupa Beasiswa yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bincang-Bincang Ramadhan

Tak kalah serunya juga, IMSA juga mengadakan talkshow seputar ramadhan dengan narasumber yang siap berbagi pengalaman dengan sahabat semua. Berbagi kisah dan inspirasi yang dilakukan selama menjalankan puasa ramadhan di Amerika. Pastinya akan ada hal yang bermanfaat, apalagi bagi kalian yang baru pertama kalinya menjalankan ramadhan di Amerika.

Itulah beberapa program yang dilakukan IMSA untuk menyemarakan Ramadhan 1440 H. Tentunya masih banyak yang bisa dilakukan selama ramadhan melalui program IMSA untuk meningkatkan amalan dan ibadah kita agar membawa manfaat dan keberkahan di Bulan yang penuh dengan rahmat ini. 

Secercah asa ramadhan tahun ini, semoga komunitas IMSA senantiasa menjadi organisasi yang memberikan manfaat bagi segenap mahasiswa maupun masyarakat Indonesia yang tinggal di Amerika. Ingat! kalian tidak sendiri, ada IMSA yang dengan sepenuh hati menjadi tempat bernaung dan berbagi demi terwujudnya mimpi dan cita-cita kalian. 

Follow sosial media IMSA untuk mengikuti berbagai Informasi dan kegiatan IMSA selengkapnya disini!

Discimer

Artikel ini diikutesertakan dalam “IMSA Blog Competition Cerita Ramadhan

Sumber Referensi

http://imsa.us

Copyright

Teks: Adhi Hermawan
Foto: Adhi Hermawan, facebook IMSA
Ilustrasi: Freepik, Flaticon