Melepas Penat Sambil Berlibur di Puncak

Sebagai seorang blogger tentu butuh hiburan juga dong. Nah ketika kita merasa penat, pastinya liburan ke Puncak akan menjadi destinasi yang menyenangkan!

Puncak bogor menjadi salah satu tempat pelarian terfavorit warga ibu kota. Memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari Ibu kota Jakarta, Bogor yang memiliki suasana asri dan sejuk menjadikannya tempat wisata singkat terbaik. Hanya dengan berkendara kurang lebih selama 1 jam, warga Jakarta bisa melepaskan penat dari hiruk pikuk Ibu kota dengan berlibur sebentar ke Puncak. Berbagai destinasi wisata menarik, tempat menginap yang nyaman dan kuliner lezat dapat anda temukan di Puncak. Berikut ini beberapa rekomendasi bagi anda yang tertarik untuk menghabiskan liburan akhir pekan di Puncak Bogor.

Pemandangan di Puncak Bogor (Sumber Gambar: Bogor.net)

1. Little Venice Puncak

Mungkin anda sering menyaksikan keindahan kota Venesia yang berada di Italia melalui berbagai acara televisi. Little Venice Puncak merupakan sebuah kawasan yang sengaja dibangun semirip mungkin dengan kota Venesia. Kawasan ini menyediakan berbagai wahana bermain, salah satunya adalah gondola yaitu sebuah perahu khas kota Venesia. Menyusuri sungai buatan menggunakan sebuah gondola merupakan maskot yang dimiliki tempat ini. Di kanan dan kiri sungai, pengunjung dapat melihat keindahan bangunan yang sengaja dibangun semirip mungkin dengan arsitektur bangunan Italia. Selain gondola, salah satu wahana permainan yang juga terkenal di tempat ini adalah Mississippi boat ride, perahu dengan kapasitas yang lebih besar yaitu hingga 20 orang.

Suasana di Little Venice Bogor (Sumber Gambar: jajanbeken.com)

2. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Melihat keindahan bunga sakura tidak perlu pergi ke Jepang karena Kebun raya Cibodas pun memilikinya. Pohon dengan bunga berwarna pink ini sudah ditanam sejak tahun 1971 dan memperkaya taman tematik Kebun raya Cibodas. Kurang lebih ada 435 pohon sakura yang dapat anda temukan dengan panorama pemandangan gunung di sekitarnya.

Jika di negara asalnya bunga sakura ini hanya bisa mekar satu tahun sekali saat musim semi, tidak demikian dengan bunga sakura yang ada di Kebun raya Cibodas. Di sini, bunga sakura mekar 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Perbedaan kontur tanah dan iklim yang dimiliki Jepang dan Indonesia yang menyebabkan hal ini terjadi. Tidak hanya bunga sakura, pengunjung dapat menikmati pemandangan pohon-pohon raksasa yang sudah berusia tua, koleksi tanaman langka, padang rumput yang luas, taman lumut, sungai, kolam, air mancur, air terjun dan rumah kaca di dalam Kebun raya Cibodas.

Seperti Taman Sakura di Jepang (Sumber Gambar: backpackerjakarta.com)

3. Penangkaran Rusa Giri Jaya atau Penangkaran Rusa Cairu

Di sebuah penangkaran yang terletak di Desa Buana Jaya dikembang biakan beberapa jenis rusa seperti rusa jawa, rusa bawean dan rusa cheetal. Untuk sampai Penangkaran Rusa Giri Jaya, anda perlu melewati sebuah jembatan gantung yang unik dengan berjalan kaki setelah memarkir kendaraan. Didirikan sejak tahun 1993 dengan luas area penangkaran sekitar 5 hektar, pengunjung dapat menikmati suasana yang santai dengan bermain bersama rusa-rusa menggemaskan. Disini pengunjung bisa bermain sambil memberi makan rusa dengan ubi yang dijual oleh petugas. Perlu diketahui, pada pagi hari rusa-rusa ini akan makan rumput. Kemudian pada siang hari, mereka memakan ubi dan malam harinya dedak menjadi makanan camilan yang disukai oleh para rusa. 

Penangkaran Rusa di Cariu Bogor (Sumber Gambar: ulinulin.com)

 Menariknya lagi, pengunjung diperbolehkan untuk membeli rusa yang ada di penangkaran ini jika memiliki rumah dengan halaman yang luas. Maksimal 3 ekor rusa dapat dibeli selama populasi di penangkaran ini cukup tinggi. Agar bisa membelinya, pengunjung harus mengajukan permohonan pembelian kepada Dinas Perhutani Kabupaten Bogor. Tidak hanya menjadi lokasi penangkaran rusa, area ini juga memiliki kawasan outbound dan camping dengan kapasitas mencapai 200 orang.

4. Taman Wisata Gunung Pancar

Di salah satu film The Twilight Saga, terdapat adegan di sebuah hutan pinus romantis. Di Taman Wisata Gunung Pancar, anda akan menemukan sebuah hutan pinus romantis layaknya di Amerika. Sesaat, anda akan lupa jika sedang berada di Indonesia. Terletak pada ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut, pohon-pohon pinus tumbuh dengan ramping dan menjulang tinggi serta menyajikan suasana yang romantis. Tempat ini pun sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding oleh banyak pasangan.

Pemandangan di Gunung Pancar Bogor (Sumber Gambar: jurnaland.com)

Berbicara mengenai keindahan alam Puncak Bogor memang tidak ada habisnya. Anda dapat menikmati suasana yang tenang hanya dengan menyewa sebuah vila dan bersantai di dalamnya. Udara yang dimiliki pun masih sangat sejuk dan asri. Cek beberapa rekomendasi vila menarik maupun lokasi wisata yang menari di Puncak melalui website traveloka.com.