Asus Zenfone Max M2 Smartphone Memukau Harga Terjangkau

Sebagai seorang blogger yang hobinya main game, saya butuh smartphone tangguh dengan harga terjangkau.

Di awal tahun 2019, ASUS nampaknya masih saja menjadi pusat perhatian bagi blogger seperti saya. Eh tidak cuma saya deh, tetapi juga sejumlah gamer di Tanah Air. Pasalnya, setelah merilis ASUS ZenFone Max Pro M1 yang sempat menggebrak pasar smartphone setahun belakangan ini, kini ASUS meresmikan smartphone gaming generasi terbaru dari Max M series pada Desember 2018 yang lalu.

Saya pun hadir untuk menjadi saksi peluncuran smartphone gaming terbaru ini. Smartphone tersebut yakni ZenFone Max M2 dan ZenFone Max Pro M2. Kehadirannya tentu bukan omong kosong, tetapi membawa peningkatan di beberapa aspek dari generasi sebelumnya, seperti pada segi performa, display, dan durabilitasnya.

Nah, ngomongin ZenFone Max M series yang digadang-gadang sebagai smartphone gaming, nampaknya sangat cocok untuk masuk ke dalam wishlist smartphone baru saya di resolusi 2019. Ya, tentunya mengingat smartphone yang saya gunakan mulai tidak bisa diajak kompromi lagi, maklum RAM dan memorinya hanya 2GB / 16GB.

Jangankan main game online, untuk membuka aplikasi penting seperti chat, email, kamus dan sosial media saja sudah mulai lemot. Mudah-mudahan saja harapan memiliki smartphone gaming yang lagi ngetren seperti ZenFone Max di tahun ini bisa terwujud.

Event Peluncuran ASUS ZenFone Max M2 dan Max Pro M2 di Hotel Pulman, Jakarta (Dok.pri)

Smartphone yang memiliki tagline ‘Limitless Gaming‘ ini, nyatanya tidak bosan-bosan untuk dibahas lebih dalam lagi. Dengan performanya yang ‘Awesome’ membuat saya penasaran dengan smartphone varian terbaru dari Max M ini.

Namun pada artikel kali ini saya akan membahas ZenFone Max M2 karena bisa dibilang, smartphone ini layak untuk dipinang dengan spesifikasinya yang memukau dan harga terjangkau. Bukannya gak mau beli yang mahalan, tapi lagi-lagi mengingat isi dompet yang tipis karena invoice yang belum cair, hehe

Pasti pada penasarankan seperti apa smartphone memukau dengan harga terjangkau untuk blogger yang hobi nge-game seperti saya? Sebelum melangkah lebih jauh, yuk kita simak dulu spesifikasinya berikut ini.

Desain yang Memukau

Pandangan saya langsung tertuju pada ZenFone Max M2, mempesona dan berhasil membuat saya terpukau. Mengapa? karena Zenfone Max M2 hadir dengan desain bodinya yang tipis, elegan dan premium. Padahal bisa dibilang daya baterainya lumayan besar lho untuk smartphone setipis ini. Jelas ZenFone memang terkenal dengan baterai jumbonya, tetapi soal desain gak kalah tipis dan enteng.

Oh iya, ketebalan bodinya hanya 7,7mm dan beratnya tidak lebih dari 160gram, masuk kantong celana juga muat kok. Pastinya gak kebayangkan mobilitasnya, smartphone on the go yang bisa dibawa kemana-mana.

Penampakan ASUS ZenFone Max M2 dan Max Pro M2 saat peluncuran (Dok.pri)

Lagi-lagi tidak bisa dipungkiri, kalau ZenFone Max M2 ini sangat kokoh karena bodinya dibalut dengan bahan metal yang membuat smartphone ini terlihat lebih premium. ZenFone Max M2 juga menyematkan fingerprint dibagian belakang bodi, tentunya mengakses smartphone lebih mudah hanya dengan sekali sentuh. Sensor sidik jari ini tentunya cukup berguna saat membuka smartphone secara praktis, tanpa harus capek-capek memasukkan password.

ZenFone Max M2 hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu Midnight Black, Space Blue, dan Meteor Silver. Nah, sekarang tinggal pilih warnanya! kamu termasuk orang yang simpel, optimis atau karismatik nih. Karena balutan warna pada ZenFone Max M2 ini semua berkesan elegan dan premium. Kalau saya sih lebih suka warna Space Blue, karena terlihat lebih mewah dan elegan. Kalo kamu?

Layar Lebar Full HD

Berbeda dari generasi sebelumnya, ZenFone Max M2 didesain dengan tampilan layar yang kekinian banget. Kalau sebelumnya layarnya hanya berupa persegi panjang dengan lengkungan di sisi-sisinya, kini Max M2 hadir dengan notch atau poni yang membuat layar semakin luas sejauh mata memandang. Tenang! kalian bisa mengatur tampilan layarnya, kalau kalian merasa terganggu dengan poninya.

Layar smartphone ini menggunakan HD+ (High Definition) dan luasnya membentang 6.3-inci dengan 88% screen to body ratio yang membuat layarnya semakin tajam dan jernih. Disematkan juga IPS Display, jadi nonton video ataupun bermain game dari angel yang berbeda, tetap terlihat lebih nyaman.

Pokoknya dengan layar ZenFone Max M2 ini, buat kita makin pede dan gak kaku lagi kalau kumpul bareng teman. Mau streaming video bareng, ayo! Mau mabar game online bareng, siapa takut! Ngajak nonton drakor bareng, boleh aja kaka!. Apapun yang dilakukan dengan layar all-screen yang super kece ini, sudah pasti nyaman dan menyenangkan.  

Performa Mantab Luar Biasa

ASUS ZenFone Max M2 datang bukan untuk main-main. Dengan dipersenjatai Snapdragon 632 yang menyimpan 64-bit Octa-core Processor dan GPU Adreno 506, membuat kinerja smartphone ini makin ngebut. Tentunya tidak diragukan lagi karena lebih cepat 40% dibandingkan dengan prosesor sebelumnya.

ZenFone Max M2 ditunjang dengan RAM 3GB dan RAM 4GB serta memori internal sebesar 32GB dan 64GB, aktifitas multitasking dipastikan akan smooth dan mulus. Nah, jika kapasitas penyimpanan dirasa masih kurang bisa juga ditambahkan slot MicroSD up to 2TB, menyimpan foto kenangan atau berkas penting pun tak kuatir lagi memori penuh.

Dari segi sistem operasi, ZenFone Max M2 menyematkan Stock Android 8.1 Oreo yang lebih cepat dan ringan. Satu yang menarik adalah dari segi interface, yaitu pure android yang menyuguhkan pengalaman tampilan Android yang murni tanpa kehadiran overlay UI. Dengan Interface pure Android ini pengguna bisa merasakan tampilan yang ringan dan mulus.

Dual Rear Camera Kekinian

ZenFone Max M2 sudah dilengkapi dengan dual rear camera atau kamera ganda dengan sensor 13 MP dan 2Mp. Kamera utamanya dibekali sensor 13MP dengan lensa bukaan (aperture) f/1.8 yang bisa menghasilkan gambar lebih detail dan tajam dalam kondisi apapun. Sedangkan kamera keduanya memiliki resolusi 2Mp, bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar bokeh tanpa harus proses editing lagi.

Pada kamera ini juga sudah tersedia berbagai mode seperti Auto, Beauty, Portrait, Pro, HDR, Sports, Night, 9 variasai filter lainnya yang bisa kita gunakan untuk membidik gambar sesuai dengan tema yang akan kita pilih. Lebih wow lagi, ZenFone Max M2 dilengkapi dengan fitur AI Scene Detection yang mendukung ZenFone Max M2 mengenali 13 jenis foto misalnya makanan, awan, lautan, bunga dan lainnya. 

Sedangkan untuk urusan ber-selfie ria, ZenFone Max M2 dibekali kamera depan 8 MP dengan lensa bukaan f/2.0 dan dukungan fitur softlight LED flash yang mampu menghasilkan gambar menarik walaupun dalam keadaan minim cahaya. Terdapat juga lho, fitur real time beautification dimana wajah kita terlihat lebih halus, jerawat atau noda memudar yang membuat kita semakin percaya diri saat di depan kamera.

Oh iya, untuk urusan video, ZenFone Max M2 juga sudah mendukung format 4K atau Ultra HD yang artinya hasil video terlihat lebih jelas, jernih dan berwarna. Wih!

Baterai Jumbo Tahan Lama 

Untuk urusan baterai, ZenFone Max M2 ini tertanam baterai lithium-polymer berkapasitas 4.000 mAh yang mampu bertahan seharian. Menariknya, smartphone ini dilengkapi dengan teknologi fast-changing yang dapat mengisi daya baterai dari kondisi kosong sampai penuh dalam waktu singkat. Tentunya ini sangat cocok bagi para blogger yang suka menjelajah event hingga seharian, tak perlu kuatir lagi kehabisan baterai saat menghadiri event penting.

ZenFone Max M2 ini sangat cocok bagi para gamer, karena terbilang awet untuk bermain game online seperti Free Fire, Mobile Legend, PUBG atau game lainnya. Pastinya gak nyesel deh punya smartphone seperti ZenFone Max M2 ini. 

Lagi-lagi meskipun baterainya yang jumbo dan tahan lama, tetapi smartphone ini masih saja tampak tipis dan enteng untuk dibawa kemana-mana. Inilah yang menjadi kelebihan ASUS, karena telah menghadirkan kecanggihan smartphone yang luar biasa seperti ZenFone Max M2.

Fitur Menarik Lainnya

Fitur menarik dari ZenFone Max M2 yaitu adanya tambahan slot SDcard yang mampu menampung hingga 2TB, ditambah lagi gratis penyimpanan di Google Drive hingga 100GB selama satu tahun. Wah, pastinya menyimpan berbagai foto kenangan bersama mantan, dokumen penting ataupun koleksi film drama korea yang bisa kita tonton sepanjang waktu, pasti bisa dan tanpa kuatir memori penuh.

Sekarang saya mau bertanya, seberapa penting kecepatan membuka smartphone kita? tentu semakin cepat akan membantu kita lebih produktif tanpa harus capek-capek ketik password.

Nah, fitur yang gak kalah pentingnya yaitu adanya sensor sidik jari atau Fingerprint, dengan sensor ini kita dapat membuka smartphone kita hanya dengan sekali sentuh. Oh iya, ZenFone Max M2 juga dilengkapi dengan fitur Face Unlock. Wah, gak perlu repot-repot juga nyari tombol dibelakang layar tentunya. Cukup dilihat, smartphone sudah terbuka dan siap digunakan.

“Harga Terjangkau!

Dengan spesifikasi tinggi dan fitur-fitur yang memukau, Zenfone Max M2 ini hanya dibandrol dengan harga terjangkau. Sangat tepat apabila kita ingin mencari smartphone dengan kelas menengah, namun bisa menikmati fitur-fitur kelas high-end.

Zenfone Max M2 [RAM 3GB/32GB] = Rp.2.299.000,-,

Zenfone Max M2 [RAM 4GB/64GB] = Rp. 2.699.000,-

Dengan beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan ZenFone Max M2 seperti baterainya yang jumbo dan tahan lama, dual camera, face unlock, fingerprint, slot MicroSD hingga 2TB, dan masih banyak lagi, tentu hal ini patut diacungkan jempol.

Maka nggak heran kalau smartphone ZenFone Max M2 ini menjadi pilihan yang tepat untuk sahabat blogger dan gamer seperti saya.

Spesifikasi ZenFone Max M2

Model ZenFone Max M2 (ZB633KL)
Display, Resolution

6.3-inch HD+ ( 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio ) IPS display 

88% screen-to-body ratio (Front 2.5D curved glass )

Processor CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor
GPU: Qualcomm® Adreno™ 506
Memory (RAM/Storage)

LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM

Supports up to 2TB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)

Camera System

Main Rear Camera: 13MP
Second Rear Camera: 2MP Depth sensing
Front Camera: 8MP 

Camera modes: Auto, Beauty, Portrait, Pro, HDR, Sports, Night, 9 various filters

Wireless

WLAN 802.11 b/g/n; support Wi-Fi direct, Bluetooth 4.2

Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
SIM card and SD slot

Triple slots: Dual SIM & one microSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card

Slot 3: Supports up to 2TB microSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

VoLTE / VoWiFi support

VoLTE / VoWiFi varies by region, please check compatibility with local carriers.

Network

GSM, WCDMA, FDD-LTE, TDD-LTE

Data rate: LTE Cat 5 UL 75Mbps / Cat 6 DL 300Mbps (A, B version),DC-HSPA+: UL 5.76Mbps / DL 42Mbps

Navigator GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Stock Android™ Oreo™
Battery 4000mAh with fast charging
Audio / Microphone

Speaker: 5-magnet speaker with NXP smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Microphone: Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Size / Weight 159 x 76 x 7.7 mm / 160 grams
Color Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver
Price Mulai dari Rp 2.300.000

 

Discimer

Artikel ini diikutesertakan dalam Blog Competition ASUSxYAHYAKURNIAWAN

Sumber Referensi

https://www.ASUS.com

 

Copyright

Teks: Adhi Hermawan
Foto: Adhi Hermawan
Ilustrasi: Freepik, Flaticon