Memiliki rumah idaman adalah harapan setiap orang, terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Namun, memilih rumah tentu bukan pekerjaan yang mudah apalagi sebagai tempat mengabadikan momen bersama keluarga. Tentunya dibutuhkan pertimbangan yang cukup serius untuk memutuskan memilih rumah idaman.

Memiliki rumah idaman selain nyaman untuk ditinggali, tentu menaungi seisi rumah dengan kehidupan yang aman. Oleh karena itu kita harus mempertimbangkan segala aspek sebelum memilih rumah diantaranya akses jalan, lingkungan sekitar, arsitektur hingga harga rumah.

Pada artikel berikut ini akan kami bahas panduan memilih rumah idaman yang mungkin dapat menjadi acuan kamu dalam memilih rumah yang baik untuk dibeli. Langsung saja simak tips memilih rumah berikut ini.

Tentukan Tujuan Membeli Rumah

Ada banyak yang mendasari seseorang membeli rumah, karena masing-masing orang memiliki tujuan tersendiri saat membeli rumah. Berbeda tujuan tentu akan beda strategi juga saat akan membeli rumah, misalnya membeli rumah untuk investasi, sekaligus untuk tempat usaha atau sebagai tempat tinggal, yang masing-masing mempunyai pertimbangan tersendiri saat akan membeli rumah.

Jika tujuan kamu untuk membuka usaha, tentu yang mesti diperioritaskan adalah memilih lokasi yang strategis, berada dipinggir jalan utama serta padat penduduk. Namun, jika kamu membeli rumah dengan tujuan sebagai tempat tinggal tentu kamu harus membelinya dengan mempertimbangkan faktor lainnya seperti lokasi rumah, perkembangan rumah dan lain sebagainya.

Tentukan Lokasi Rumah yang Strategis

Sebelum membeli rumah, pertimbangan yang juga menjadi faktor utama adalah lokasi rumah yang strategis. Lokasi yang mudah diakses dan juga dekat dengan fasilitas publik seperti pasar, mall, halte bus, stasiun kereta dan terintegrasi dengan angkutan umum. Jadi, kita mudah kemana-mana ketika harus ke luar rumah tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi.

Selanjutnya, yang tidak kalah pentingnya yaitu lokasi rumah yang bebas banjir, daerah yang aman, memiliki kualitas udara yang bersih dan lain sebagainya. Berada didaerah pegunungan atau pantai juga perlu disesuaikan dengan keinginan kamu sebelum memilih rumah yang baik.

Sesuaikan Desain dan Arsitektur Rumah

Hal yang perlu diperhatikan yaitu desain dan arsitektur rumah. Terkadang orang akan nyaman dengan rumah yang memiliki keunggulan dalam desain dan arsitektur. Bahkan, arsitektur rumah yang baik biasanya mempertimbangkan bangunan untuk memperoleh manfaat lain, misalnya mengarah ke sinar matahari pagi.

Mungkin tidak hanya pada bentuk rumah tapi juga pada desain interior rumah. Memilih rumah dengan interior desain yang multifungsi juga menambah keunggulan rumah idaman. Kamu bisa memanfaatkan tempat tidur yang dilengkapi dengan sekat atau case pada area bawahnya sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang lainnya.

Pertimbangakan Lingkungan di Sekitar Rumah

Membeli rumah sama halnya dengan membeli lingkungan rumah. Memilih rumah yang nyaman tentu kita harus mengetahui lingkungan sekitar. Bagaimana kondisi lingkungan disekitar rumah apakah sesuai dengan kepribadian dan kepercayaan sehingga baik untuk dihuni dan baik pula untuk tumbuh kembang sang anak.

Lingkungan rumah yang baik akan menghadirkan energi positif bagi seluruh keluarga yang tinggal. Jika kita membeli rumah dengan lingkungan yang tidak sesuai dengan kepribadian kita tentu akan sedikit mengganggu dengan adanya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Akses Jalan dan Fasilitas Umum Sekitar

Seperti halnya lokasi strategis saat memilih rumah, tentu kita juga harus mempertimbangkan akses jalan seperti kondisi jalan yang baik antara lokasi rumah dengan tempat kerja atau jarak jalan yang mudah di akses sekalipun tanpa kendaraan.

Selain jalan, tentu kamu harus memperhatikan fasilitas umum disekitar rumah seperti pasar, rumah sakit, tempat beribadah, area olahraga, terminal bus, stasiun kereta, jalan toll, taman bermain dan lain sebagainya. Jika rumah dekat dengan fasilitas umum tentu kita akan lebih mudah dalam mengaksesnya, bukan!

Perhatikan Perkembangan Masa Depan Rumah

Tips berikutnya yaitu kita harus melihat perkembangan suatu daerah ke depannya. Jangan sampai kita sudah terlanjur memilih rumah yang baik ternyata sebentar lagi disamping rumah akan dibangun pabrik atau jalan toll, hal ini tentu akan menimbulkan penyesalan dikemudian hari.

Pastikan kita membeli atau membangun rumah pada sektor yang dikhususkan sebagai pemukiman atau perumahan. Biasanya, jika kita membeli rumah dengan developer yang memiliki reputasi baik, tentu hal ini sudah dipikirkan matang-matang

Persentase Kenaikan Harga Rumah

Dalam membeli rumah sebagai investasi tentu kita menghitung berapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dikemudian hari dengan membeli sebuah rumah tertentu. Jika kita memiliki tujuan lain seperti halnya rumah tersebut nantinya akan dijual, tentu presentase kenaikan rumah menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan.

Berbagai pertimbangan lainya dalam mentukan rumah yang baik yaitu:

  • Model arsitektur rumah.
  • Arah hadap rumah.
  • Fasilitas umum disekitar rumah.
  • Berapa harga rumah tersebut.
  • Bagaimana status tanahnya.
  • Lokasi pembuangan sampah disekitar rumah.
  • Gardu listrik, tower operator seluler.

Memanfaatkan Platform Jual-Beli Rumah

Tips yang terakhir yaitu manfaatkan platform jual-beli rumah yang ada pada aplikasi smartphone. Membeli rumah tentu semudah belanja online. Kita tidak perlu membeli rumah dengan mendatanginya langsung. Kita bisa melihat review rumah dari deskripsi yang ada pada platform tersebut.

Banyaknya platform atau marketplace untuk membeli rumah tentu akan memudahkan kita menemukan rumah idaman. Selain kita bisa memperhitungkan harga rumah tersebut dengan kemampuan finansial , pastinya kita dapat menemukan rumah idaman sesuai budget yang kamu miliki.

Itulah beberapa tips membeli rumah idaman. Tentunya kamu harus memastikan faktor-faktor di atas untuk mempertimbangkan saat membeli rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu dengan mudah segera menemukan rumah idaman yang nyaman dan aman sesuai dengan keinginan kamu.