SULUTKAN API SEMANGAT !
DUKUNG BERSAMA ASIAN GAMES 2018

“Bahkan sedikit percikan api pun bisa membakar apa pun yang berada disekitarnya, begitu juga dengan semangat”

Semangat itu Menular, maka tularkanlah!

Saya Dukung Asian Games 2018

Saya Bangga menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Huru-hara semangat berolahraga semakin memuncak, apalagi setelah salah satu anak bangsa berhasil merebut medali emas lari 100 meter pada Kejuaraan Dunia  U-20 IAAF, Lalu Muhammad Zohri. Kabar yang tidak kalah pentingnya yaitu Indonesia juga berhasil merebut posisi juara ketiga pada turnamen Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tentu ini menjadi pematik semangat untuk menyambut ajang bergengsi Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang nanti.

Semangat itu menular, begitu juga dengan semangat untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018. Siapa yang tidak bangga, tentu kita semua bangga karena mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam perayaan pesta olahraga se-Asia. Seluruh atlit mancanegara akan berlaga di negara kita untuk meraih pedikat terbaik dan membawa medali emas, perunggu dan perak dari berbagai cabang olahraga.

Siapa saja tentu boleh menyuarakan dukungannya, tidak hanya yang muda, anak-anak, orang tua, jomblo hingga warga sekampung diperkenankan untuk ikut memeriahkan acara ini. Dukungan yang diberikan tentunya juga bermacam-macam seperti dukungan semangat, menjaga kebersihan, keamanan, hingga koar-koar melalui media sosial. Tujuannya tentu agar semua merasakan semangat kebersamaan untuk menunjukan kepada dunia bahwa kita siap menjadi pusat perhelatan olahraga di mancanegara.

Saking semangatnya, ada salah satu postingan semarak Asian Games 2018 di instastory yang berhasil menggerakan hati saya untuk pulang ke kampung halaman. Karena apa? “Api Abadi Mrapen” alasanya.

Api Abadi Mrapen, Sulutkan Semangat Sportifitas

Saya lahir di Grobogan,

Dan disitulah Api Abadi Mrapen terus berkorbar

Bergegas saya menyiapkan barang-barang dan memesan tiket untuk berangkat ke kampung halaman. Diiringi perasaan senang dan bangga, saya sudah mempersiapkan berbagai agenda yang akan saya lakukan di kampung tercinta nanti. Salah satu agenda yang akan saya lalukan yaitu menjadi saksi pengambilan api abadi Mrapen yang akan digunakan untuk menyalakan obor Asian Games 2018.

Oh iya, Api Abadi Mrapen itu merupakan objek wisata di komplek Mrapen, desa Manggarmas, kecamatan Godong, kabupaten Grobogan, provinsi Jawa Tengah. Di lokasi tersebut terdapat api yang tidak pernah padam sekalipun terguyur hujan berhari-hari, konon katanya tempat tersebut merupakan peninggalan Sunan Kalijaga. Sejak dulu hingga sekarang api tersebut tidak pernah padam sehingga diberi nama Api Abadi Mrapen.

Di lokasi objek wisata Api Abadi Mrapen, nantinya akan menjadi tempat pengambilan api untuk penyalaan obor Asian Games 2018. Seperti tradisi sebelumnya banyak peristiwa besar mengambil api dari kompleks api abadi Mrapen sebagai sumber obornya, misalnya pesta olahraga internasional Ganefo I tanggal 1 November 1963. Api abadi dari Mrapen juga digunakan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional (PON) mulai PON X tahun 1981, POR PWI tahun 1983 dan HAORNAS. Tidak hanya itu, api abadi dari Mrapen juga digunakan untuk obor upacara hari raya Waisak.

Nah, untuk penyalaan obor Asian Games 2018, api abadi Mrapen akan disatukan dengan api yang berasal dari India. Prosesi pengabungannya pun dilakukan di Candi Prambanan, kemudian akan dilakukan kirab obor ke berbagai kota di Indonesia seperti Solo, Malang, Blitar, Bali, NTT, Sulawesi, Aceh, Riau, Padang, Cilegon, Serang, Banten, sampai di Jakarta dan Palembang.

Pastinya sungguh menjadi kehormatan bagi kami warga grobogan menjadi pematik awal untuk menyulutkan semangat sportifitas kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa inilah Energy Of Asia yang sesungguhnya.

Serangkaian Dukungan Untuk Memeriahkan Asian Games 2018

“Gak Cuma Api Abadi Mrapen yang akan menyulutkan Semangat,
Berbagai pertunjukan, tarian dan keseruan lainnya akan menjadi dukungan kami”

Walaupun tidak menjadi lokasi kompetisi olahraga, saya cukup bangga dengan daerah saya karena masih berkesempatan menjadi tempat awal dimana kemeriahan Asian Games 2018 akan dimulai. Inilah bukti bahwa saya mendukung penuh penyelenggaraan ajang kompetisi yang dilakukan empat tahun sekali. Dengan harapan, semangat ini mampu membawa energy positif kepada semua kalangan masyarakat untuk turut memeriahkan pesta olahraga Asian Games 2018.

Kegembiraan untuk menyambut hari yang telah dinantikan tentu membuat kami warga grobogan semakin antusias dalam mempersiapkan even internasional ini. Sambutan berupa umbul-umbul dan baliho menghiasi jalan utama yang akan dilewati menuju lokasi pengambilan Api Abadi Mrapen. “Siswa-siswa sekolah disekitar sini nanti juga pada datang buat jadi pengiring dan menyambut kedatangan bupati grobogan beserta rombongannya“ kata mas udin yang merupakan warga dari desa manggarmas.

Serangkaian acara telah disusun untuk memeriahkan prosesi pengambilan api dari Api Abadi Mrapen. Tamu undangan akan disambut sejumlah tarian tradisional. Antara lain, tari gambyong, tari angguk, jaranan. Dan yang gak kalah pentingnya lagi nanti sebelum acara pengambilan api dilakukan akan ada pertunjukan drama yang menampilkan tujuh puteri Indonesia dengan lakon ”Joko Tarub”. Mereka akan menjadi tujuh bidadari yang merupakan cerita rakyat daerah asli grobogan. Kehadiran dari tujuh Puteri Indonesia tentunya akan memeriahkan kegiatan ini dengan harapan mampu mengundang wisatawan untuk mengeksplore pariwisata di Grobogan.

Inilah bentuk dukungan dari kami untuk memeriahkan Asian Games 2018, semoga di daerah kalian juga sama serunya dalam menyambut dan mendukung bersama Asian Games 2018 yang akan segera kita gelar. Saya pun sudah tidak sabar lagi menanti acara yang super meriah ini. Menjadi saksi perjalanan api semangat sportifitas untuk memeriahkan Asian Games 2018 Jakarta – Palembang. Dukungan ini adalah bukti kami warga Grobogan untuk senantiasa menyemangati masyarakat Indonesia untuk tetap semangat berkompetisi dengan sportifitas dan loyalitas.

Mari #dukungbersama Asia Games 2018, Jayalah Indonesiaku .