DIGITALISASI KREATIVITAS
MENJADI KARYA SENI DIGITAL
DENGAN SCANNER BROTHER

“Sulitnya mencari perkerjaan mendorongku harus lebih kreatif lagi dalam mengembangkan peluang bisnis. Berawal dari sebuah goresan tangan kini menghasilkan sebuah karya seni digital” – illuskecth

Masa Kontrak Habis, Dompet Pengangguran Menipis

Setelah selesainya masa kontrak, kini aku kembali lagi menjadi pengacara (pengangguran bebas acara) hehe. Itu artinya kembali lagi nyusahin orang tua, minta uang jajan lagi, minta ongkos jalan lagi, minta ini dan minta itu (itu semua ku lakukan karena dompetku mulai menipis). Rasanya pedih banget hidup ini mau kemana dan beli apa-apa harus nyusahin orang tua dulu. Pengen sesekali gitu berontak jadi pengusaha sukses, tapi apalah daya kemampuan terbatas, modalpun juga amblas (hilang gitu aja). Jadi ya beginilah nasib seorang pengangguran mayoritas.

Usiaku memang sudah memasuki seperempat abad, namun pekerjaan tetap masih sukar untuk didapat. Menjadi pengangguran tentu bukan pilihan, tapi sulitnya mencari pekerjaan juga merupakan alasan kenapa label pengangguran selalu melekat. Tapi inilah hidup, kalau nggak ada pengangguran, ya nggak mungkin ada lowongan pekerjaan. Walaupun begitu, berusaha dan optimis adalah jalan terbaik agar aku tetap bersyukur dengan kondisi yang ada. Tetap semangat untuk mencari pekerjaan yang baru.

Dari Kreatifitas, Jadi Karya Seni Berkualitas

Disela-sela mencari pekerjaan, aku mengisi waktu kosongku dengan menjadi volunteer pada kegiatan kebaktian sosial. Disanalah aku dipertemukan dengan seseorang yang menginspirasi dan patut untuk dijadikan panutan. Dengan keterbatasan yang dia miliki, dia mampu mewujudkan harapan dan cita-citanya. Dia adalah seorang sketsa wajah yang hasil karyanya perlu diacungi jempol. Dia bernama Mas Priyo (40 tahun) seorang seniman lukis yang memiliki keahlian menggambar/sketsa wajah. Dia mengalami kecelakaan kerja ketika usianya masih terbilang sangat muda yaitu 24 tahun, disaat itulah dia divonis oleh dokter penyakit paraplegia yaitu hilangnya kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh bagian bawah. Namun semangatnya untuk membuat orang bahagia dari hasil karyanya membuat saya kagum. Dengan kreativitas yang dia miliki, dia mampu menghasilkan karya dan mendapatkan penghasilan dari karya tersebut. Tentu inilah yang membuat saya malu dengan kondisi yang saya miliki saat ini. Sempurna tapi tidak mau berusaha lebih keras.
Aku pun tertegun, kagum melihat hasil karya sketsa yang dibuatnya bermodal pensil 2B, benar-benar mirip dengan wajah sungguhan.. it’s Amazing. Tidak hanya itu, yang membuat aku bangga dengan sesosok Mas Priyo yaitu lemarinya yang penuh dengan berbagai penghargaan. Penghargaan yang ia dapatkan selain melukis juga penghargaan lainnya dari hasil kejuaraan tingkat nasional pada cabang olahraga seperti bulu tangkis, tenis dan bowling. Aku semakin malu, ketika Mas Priyo menceritakan panjang lebar tentang kisah hidupnya yang tak seberuntung diriku. Tak terlepas dari masalah berat yang menimpanya, dia masih tetap berusaha dan bekerja keras untuk meraih segala harapan dan cita-citanya. Berawal dari goresan pensil, harapannya untuk bertemu dan memberikan hasil karyanya kepada bapak nomor satu di Republik Indonesia akhirnya terwujud. Hasil karya yang telah ia torehkan kini telah menjadi bukti bahwa kesungguhan mampu mewujudkan harapan dan cita-citanya.

Terinspirasi dari Mas Priyo, Aku pun jadi Illustrator

Pertemuanku dengan Mas Priyo beberapa bulan yang lalu pastinya masih sangat membekas dalam balutan motivasi. Aku yang tadinya tidak hobi menggambar, akhirnya tertarik menggambar dan memfokuskan diri untuk meningkatkan keahlian menggambar. Berharap suatu saat bisa menjadi illustrator profesional mengikuti jejak Mas Priyo, juga menciptakan karya seni yang tanpa batas bisa dinikamati oleh semua orang. Hobi baru yang ternyata membuat hidupku lebih nyaman tanpa beban, kini menghasilkan seni menggambar yang nggak kalah jauh dengan para master doodle. Aku semakin yakin, semangat dan percaya diri bahwa suatu saat aku akan memiliki kesempatan untuk sukses seperti mereka yang telah sukses menjadi illustrator. Menurutku, selagi kita mau berusaha dan terus belajar, apapun keinginan, harapan dan cita-cita kita, akan terwujud seiring berjalannya waktu.

Hidup bukan soal pekerjaan juga bukan soal makan, tetapi hidup itu untuk berkarya, meninggalkan jejak kreativitas agar orang lain merasakan kebahagiaan dan manfaatnya. Dari membuat karya inilah, saya menjadi manusia yang semakin produktif dan terus kreatif. Dari karya inilah teman-teman dari komunitas semakin bertambah, pekerjaan datang silih berganti dan peluang usaha semakin besar.

Butuh Scanner Untuk Digitalisasi Karya

Ada keinginan suatu saat untuk mengubah kreativitas dari goresan tangan ini menjadi bentuk digital. Agar hasil karya yang dulu pernah dibuat bisa dinikmati oleh semua kalangan dan tidak hanya tertumpuk dilemari saja. Pernah mencoba untuk memfotonya, tapi hasilnya kurang begitu bagus. Tapi seiring berjalananya waktu akhirnya aku menemukan alat yang tepat untuk mengubah karya manual ini menjadi karya digital dengan menggunakan scanner.

Hasil karya yang berupa goresan pensil akan semakin mudah untuk dikolaborasikan dan dimodifikasi lagi dengan software tambahan, tentunya setelah menjadi karya digital menggunakan alat canggih bernama scanner. Setelah berupa karya digital tentu tidak hanya kita yang bisa menikmatinya, kita bisa upload di instagram, pinterest, facebook dan lain sebagainya. Solusi scanner terbaik tentu dari Brother, karena banyak pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Scanner Brother ternyata ada banyak jenisnya, diantaranya Ads 2400N, Ads 2800W, Ads 3000N. Tapi menurutku yang sesuai dengan kegiatanku sehari-hari tentu scanner bagus Brother Ads 2800W, Mau tahu alasanya kenapa scanner Ads 2800W ini menjadi pilihanku, yuk kita simak lebih banyak informasinya dibawah ini.

Scanner Brother

ADS 2800W

Mudahnya Digitalisasi Karya dengan Scanner Brother ADS 2800W

Bagi illustrator sepertiku tentu tidak mudah menggambar tanpa adanya kemampuan yang cukup. Oleh karena itu aku selalu menyempatkan waktu berkumpul bersama komunitas doodle art atau sketcher Indonesia. Kegiatan di dalam komunitas tentu tidak hanya menggambar tetapi juga berbagi teknik menggambar, cara menciptakan sebuah ide dengan objek yang akan kita gambar atau berbagi hal yang berhubungan dengan passion menggambar kita, termasuk membuat satu karya di setiap pertemuan. 

Ada beberapa hal yang rasanya sayang sekali kalau hasil karya yang sudah kita buat hanya untuk diselipkan di antara buku-buku. Kalau sudah terselip mungkin lama-lama bisa lupa dan hilang begitu saja. Disinilah peranan scanner dibutuhkan untuk membantu kami dalam digitalisasi karya, sehingga karya yang kita buat akan lebih mudah tersimpan dan bisa dinikmati lebih banyak orang dalam satu e-book atau arsip.

Nah, mudahnya menggunakan Scanner Brother ADS 2800W tentunya menjadi solusi untuk komunitas kami dalam menjadikan karya manual tersebut menjadi karya digital. Semakin banyak karya yang bisa digitalisasi akan semakin mudah untuk menciptakan peluang baru. Syukur-syukur hasil karya kita bisa jadi sebuah buku dengan judul “Maha Karya Sketcher Indonesia” atau “Karya Seni Doodel Art Indonesia”.

Kenapa aku lebih memilih Scanner Brother ADS 2800W sebagai alat untuk digitalisasi karya seni, selain mudah digunakan Scanner Brother ADS 2800W ini memiliki kelebihan diantarnya sebagai berikut:

Scanner Brother ADS-2800W yang terdiri dari jaringan dengan Wired (kabel) atau Wireless (tanpa kabel) ternyata memiliki beberapa fitur-fitur yang canggih, so pasti sangat cocok untuk sebuah komunitas atau perusahaan besar.

Scan Mudah dari Berbagai Jaringan

Memiliki alat scan yang satu ini tentu tidak hanya kita sendiri yang akan menggunakanya. Dengan jaringan yang terhubung dengan alat Scan Brother ADS-2800W semua rekan kerja, teman bahkan satu komunitas pun bisa menggunakannya. Hasilnya bisa juga kalian simpan melalui penyimpanan cloud seperti OneDrive, OneNote atau bisa juga langsung ke Smartphone kalian.

Kapasitas hingga 50 Lembar (Bolak-balik)

Di saat dokumen atau berkas kalian menumpuk dan perlu untuk di scan, jangan kuatir! karena dengan Scanner Brother ADS-2800W bisa menampung kapasitas mencapai 50 lembar dan bisa dilakukan satu persatu lembar maupun bolak-balik. Jadi, semakin mudah pastinya scan banyak karya seni manual yang bisa dijadikan lembaran digital.

Kecepatan Scan mencapai 40ppm

Scanner Brother ADS-2800W memiliki kecepatan 40ppm, itu artinya waktu yang kalian butuhkan untuk scan dokumen terbilang sangat cepat. Tidak akan membuang waktu lama kalau sekedar untuk scan sebuah dokumen, sehingga kalian dapat memanfaatkan waktu kalian untuk hal produktif lainnya.

Konektivitas dengan Perngkat USB

Selain mudah diakses dan disimpan melalui penyimpanan awan. untuk memindahkan hasil scan, kita tidak perlu lagi mencari file di laptop kita, cukup dengan menghubungkan perangkat USB, Scanner Brother ADS-2800W, data yang kita butuhkan bisa dengan mudah langsung tersimpan ke USB kita.

Layar Sentuh mempermudah Akses

Layar scanner dengan ukuran 3.7 in akan membantu mempermudah kita dalam menyimpan file yang bisa dihubungkan langsung ke penyimpanan cloud yang sudah terkenal seperti OneDrive, OneNote, Printer, E-mail, FTP/SFTP, Internet atau bahkan menggunakan USB.

Pastinya dengan menggunakan Scanner Brother ADS-2800W, akan mudah scan karya seni dan langsung terhubungkan dengan perangkat online yang kita gunakan seperti jaringan email, sharepoint dan OneDrive sekalipun.

Itulah alasan kenapa aku lebih memilih Scanner Brother ADS-2800N sebagai solusi digitalisasi karya seni menjadi sebuah karya digital. Dan yang nggak kalah pentingnya yaitu ada sebuah fitur yang menjadi salah satu prioritas utama yaitu hasil dari Fitur pengoptimalan gambar yang tangguh dan Kofax VRS® yang kompetibel.

Dalam hal apapun kini semua bisa dilakukan untuk digitalisasi dokumen. Tidak hanya karya seni, tetapi juga dokumen kantor, seperti kuwitansi, id card, kartu nama, jadwal kegiatan, atau bahkan foto kenang-kenangan masa lalu. Dengan spesifikasi yang diberikan tentu tidak hanya skala komunitas, bahkan perusahaan besar juga bisa menggunakan Scanner Brother yang canggih dengan fitur yang mudah digunakan. 

#Kesimpulan

Jadi kalau kalian memiliki setumpuk dokumen atau karya seni manual yang perlu di digitalisasi dengan scanner, sudah pasti Scanner Brother menjadi solusinya. Dengan adanya scanner dan menjadikan file tersebut berupa digital tentu untuk menemukannya tidak sesulit menemukan dokumen pada tumpukan kertas, kita cukup mencarinya melalui katalog file yang sudah kita buat.

Dalam hal apapun, semua yang kalian lakukan dengan scanner Brother tentu akan dengan mudah dan cepat. Pokoknya perlu dicoba deh scanner canggih yang satu ini, agar pekerjaan mencari dokumen cepat seperti yang diharapkan.

Tunggu Apalagi miliki scanner Brother ADS 2800W untuk mempermudah scan dokumen penting lainnya.

Jangan lupa Follow Sosial media Brother untuk dapatkan Informasi menarik lainya terkait produk dan promosi