Cegah Berbagai Virus dengan Gaya Hidup Sehat dan Konsumsi Obat Vitamin Antivirus
Bahkan sebelum pendemi, Virus telah merajalela dalam lini kehidupan manusia. Bagaimana virus ini dapat kita cegah? Selengkapnya pada artikel berikut ini!

Sekarang ini kita sedang dihebohkan dengan adanya Virus Covid-19. Tidak hanya di Indonesia, virus ini juga telah beradaptasi di setiap negara di seluruh penjuru dunia. Bahkan keberadaanya telah ditetapkan sebagai pandemi atau penyakit yang menyebar secara global meliputi area geografis yang luas. Sebelum adanya virus covid-19, tentunya kita sudah banyak mengenal virus di dalam setiap lini kehidupan manusia.

Virus itu sendiri merupakan mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup. Sehingga semua bentuk kehidupan dapat diinfeksi oleh virus, mulai dari hewan, tumbuhan, hingga bakteri dan arkea. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mencegah virus yang setiap harinya sering kita jumpai dalam kehidupan, seperti contohnya virus yang mengakibatkan kita terjangkit penyakit flu, virus yang mengakibatkan kita demam, dan yang baru-baru ini yaitu virus covid-19. 

Virus yang masuk ke dalam tubuh manusia tentunya akan mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga mudah terinfeksi atau terserang penyakit. Oleh karena itu, langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus yang hinggap ke dalam tubuh kita? Nah, berikut ini adalah tips bagaimana cara agar tubuh kita terhindar dari berbagai macam virus. Simak infografis berikut ini!

Olahraga Teratur

Tips utama untuk mencegah virus yaitu menerapkan gaya hidup sehat salah satunya dengan membiasakan olahraga teratur. Anda bisa melakukan olahraga setiap hari atau jika tidak sempat minimal dua kali dalam seminggu. Olahraga yang simpel dilakukan yaitu seperti jogging atau lari di pagi hari, push up, sit up, squad, angkat beban dan lain sebagainya. 

Terkadang olahraga sendirian lebih sulit dilakukan karena rasa malas yang menghambat. Nah, mulai sekarang jadwalkan olahraga rutin dengan keluarga atau komunitas disekitar untuk berolahraga bersama seperti senam, jogging, bersepeda dan masih banyak lagi olahraga yang bisa dilakukan secara bersama.

Jaga Pola Makan

Menjaga pola makan sehat juga merupakan hal terpenting untuk mencegah virus. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang pastinya akan mendukung sistem daya tahan tubuh. Untuk itu, selama masih memungkinkan untuk membeli dan mengonsumsi makanan sehat, saya sarankan untuk selalu mengkonsumsinya. Berikut ini, beberapa saran saya dalam menjaga pola makan sehat: 

1. Makanlah aneka ragam makanan, asalkan bergizi dan memiliki nutrisi cukup seperti buah dan sayur
2. Batasi konsumsi lemak dan minyak seperti goreng-gorenagan, pemanis buatan dan gula berlebih
3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi
4. Biasakan sarapan pagi, jangan terlalu sering makan makanan cepat saji
5. Hindari minum minuman beralkohol, dan perbanyak minum air mineral
6. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan

Membiasakan Hidup Bersih

Menjaga kebersihan termasuk cara hidup sehat yang paling penting. Selain untuk memberikan kenyamanan dan kesehatan, kebersihan juga membuat suasana hati menjadi lebih baik saat memulai beraktivitas. Di tengah pandemi seperti sekarang ini kita dituntut untuk hidup bersih dengan menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada.

Mulailah membiasakan hidup bersih dan peduli dengan lingkungan saat ini juga. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan, karena dalam beraktivitas sehari-hari kita tidak sadar memegang banyak benda atau barang-barang yang jarang diketahui kebersihannya. Gunakan selalu masker atau penutup wajah setiap akan berpergian agar terhindar dari berbagai macam virus. Jangan lupa juga untuk menjaga jarak dengan orang lain setidaknya 2 meter.  

Konsumsi Obat dan Vitamin Antivirus

Setiap kita tentu tidak akan pernah tahu keberadaan virus, karena virus sangat kecil tidak terlihat dan bahkan jumlahnya sangat banyak, jenisnya pun berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus waspada terhadap virus yang berada disekitar kita dengan selalu memperhatikan antibodi atau daya tahan tubuh kita agar tetep fit dan terhindar dari penyakit yang ditimbulkan oleh virus.

Minum air putih merupakan salah satu cara hidup sehat yang mudah, Dengan meminum air putih, bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni. Selain itu, agar terhindar dari berbagai macam virus kita dianjurkan juga untuk mengkonsumsi obat atau vitamin antivirus. Nah, bagi kalian yang bingung dengan vitamin atau obat antivirus yang cocok dengan kondisi tubuh, kalian bisa konsultasikan melalui aplikasi halodoc. Dari aplikasi itu kita bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus keluar rumah dan antri untuk berkonsultasi.

Mengenal Aplikasi

Halodoc

Selain Tips di atas kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter terkait cara menjaga gaya hidup sehat. Kamu bisa melakukannya dengan cara download aplikasi Halodoc pada smartphone, sehingga kamu tidak perlu repot datang ke rumah sakit.

Konsultasi Lebih Mudah dengan Aplikasi Halodoc

Konsultasi dengan dokter kini dapat dilakukan hanya dalam gengaman. Kita bisa berdiskusi dengan dokter terkait cara menerapkan gaya hidup sehat. Kamu bisa melakukannya dengan cara download aplikasi Halodoc pada smartphone, sehingga tidak perlu repot datang ke rumah sakit. Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya seputar kesehatan melalui Chat dan Voice/Video Call dengan berbagai pilihan dokter terpercaya. Kamu juga bisa membeli obat secara online yang akan diantarkan ke rumah dalam waktu 1 jam.

Terpecaya

Dokter, apotik dan asuransi kesehatan; semua dapat kamu akses secara mudah dalam aplikasi Halodoc.

Mudah, Aman & Nyaman

Dengan ratusan pilihan dokter serta apotik tersedia, segala kebutuhan kesehatanmu dapat terpenuhi dimana saja, kapan saja.

Dimana saja, Kapan saja

ID Halodoc selalu siap memberikan fasilitas kesehatan untuk Anda dan keluarga, dimanapun dan kapanpun.

Segala kebutuhan kesehatanmu tersedia dalam satu aplikasi, kita dapat dengan mudah chat dengan dokter umum maupun dokter spesialis. Kita bisa melakukan voice note, maupun video call langsung dengan dokter. Tidak hanya mudah diskusi dengan dokter, kita juga bisa membeli obat secara langsung melalui resep dokter tanpa harus pergi ke apotik. Kini kita juga bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit tanpa harus antre. Cukup dengan aplikasi Halodoc, keperluan kesehatan menjadi lebih mudah.