Cara Memilih Butter yang Bagus, Serta Rekomendasi Merk Butter Terbaik

Butter atau mentega biasa dipakai sebagai bahan dasar membuat kue, menumis makanan, atau untuk olesan roti. Butter adalah makanan yang diperoleh dari produk susu yang dibuat dengan mengaduk krim yang diperoleh dari susu baik sapi, kambing, atau domba hingga mencapai tekstur tertentu. 

Sebelum memilih merk butter yang bagus, tentukan rasa dan tujuan penggunaannya. Salted butter memiliki rasa paling gurih serta asin karena tambahan garam saat proses pembuatan. Sebab itu salted butter sangat cocok digunakan sebagai olesan roti atau martabak. Garam yang terkandung dalam salted butter menjadikannya tidak cepat kadaluarsa.

Unsalted butter, sesuai dengan namanya mentega jenis ini tidak diberi tambahan garam sehingga memiliki karakteristik rasa tawar. Butter jenis ini sangat cocok untuk membuat aneka kue karena rasa asli susunya sangat menonjol. 

Light butter adalah jenis mentega rendah kalori dan hanya mengandung setengah dari kalori butter biasa. Ini dikarenakan banyaknya kandungan air dan asam laktat di dalamnya. Light butter ini sangat cocok digunakan sebagai bahan olahan makanan diet atau olesan muffin karena teksturnya yang lembut.

Tidak hanya merk butter, jenis kemasan butter juga sangat mempengaruhi kualitasnya. Pilihlah butter dengan kemasan yang mudah disimpan dan sesuai dengan kebutuhan. Butter dengan kemasan plastik buka tutup sangat mudah untuk disimpan dan dipakai kembali. Kemasan plastik membantu mempertahankan cita rasa dan tekstur butter ketika akan digunakan kembali.

Merk butter dengan kemasan kaleng lebih kedap udara sehingga kesegaran butter sangat terjaga. Butter dengan kemasan aluminium foil biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan sangat cocok untuk sekali pemakaian. 

Setelah mengetahui cara memilih butter yang bagus sesuai kebutuhan, berikut ini tujuh rekomendasi merk butter terbaik di pasaran:

1. Golden Churn Butter

Golden Churn Butter adalah merk butter premium dengan harga yang relatif tinggi. Merk mentega ini terkenal enak dan tidak diragukan lagi kualitasnya. 

Merk Butter satu ini terkenal memiliki aroma susu yang lezat dan khas, serta rasa yang creamy sangat cocok dijadikan sebagai bahan campuran kue atau olahan makanan lainnya.

Rentang Harga Golden Churn Butter : Rp 60.000 – Rp 125.000

2. Elle & Vire Butter

Para ibu pasti sudah tidak asing dengan merk butter satu ini sebagai unsalted butter yang sering digunakan untuk mengolah MPASI. Selain rasa dan tekstur yang enak, Elle & Vire Butter bisa dijadikan lemak tambahan pada makanan pendamping ASI, juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk bayi.

Rentang Harga Elle & Vire Butter: Rp 4.000 – Rp 43.000

3. Lurpak Butter

Lurpak Butter merupakan merk butter kualitas premium yang berasal dari Negara Denmark. Rasanya yang gurih dan rich membuat makanan menjadi beraroma khas. 

Merk Butter satu ini tidak hanya memiliki varian unsalted dan salted butter, bahkan ada juga jenis slightly salted, dan organic butter sangat cocok untuk aneka kebutuhan mulai dari olahan makanan diet, olesan roti hingga memasak steak. 

Rentang Harga Lurpak Butter: Rp 37.000 – Rp 338.000

4. Anchor Butter

Sebagai merk mentega, yang diproduksi langsung dari New Zealand, kualitas butter satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi karena pengolahannya tidak menggunakan bahan kimia. 

Aromanya yang alami menjadi khas merk butter satu ini, membuat makanan olahan baik makanan gurih maupun manis memiliki cita rasa yang lebih kaya. 

Rentang Harga Anchor Butter: Rp 24.000 – Rp 40.000

5. Butter Hollmann

Butter Hollmann memiliki kandungan air dan garam yang paling sedikit dibandingkan dengan merk butter yang lain. Mentega jenis ini masuk dalam kategori Butter Oil Substitute. 

Penggunaan Butter Hollmann sangat cocok dalam pembuatan kue dan roti, karena akan berpengaruh pada tekstur yang lebih lembut serta rasa yang tidak dominan. 

Rentang Harga Butter Hollmann : Rp 20.000 – Rp 40.000

6. Butter Wijsman

Merk butter satu ini merupakan jenis concentrated butter yang mengandung lemak susu yang cukup tinggi. Kandungan ini yang membuat butter jenis ini relatif lebih mahal dibandingkan merk butter yang lain. Penggunaan Butter Wijsman dalam adonan kue akan membuat hasil akhir yang lebih lezat. 

Rentang Harga Butter Wijsman: Rp 55.000  – Rp 260.000

7. Orchid Butter

Orchid Butter merupakan merk butter dari perusahaan Indofood dengan varian salted dan unsalted butter. Butter jenis ini sangat cocok digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat roti, kue, biskuit, atau dioles pada roti. Selain itu Orchid Butter juga kaya akan kandungan vitamin A dan E dari lemak susu berkualitas tinggi.

Rentang Harga Orchid Butter: Rp 15.000 – Rp 33.000

Itu tadi adalah tujuh rekomendasi merk butter terbaik di pasaran, saat memilih butter yang bagus, jangan lupa selalu pastikan kemasan produk dalam keadaan sempurna tanpa cacat. Cek juga expired date sebelum membeli merk butter pilihan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang butter silahkan cek di ceklist.id

Agar butter selalu dalam kondisi segar dan tekstur yang pas saat digunakan, pastikan membeli butter dengan ukuran yang sesuai kebutuhan.