Masih Bingung? Ini Tips Membeli Kendaraan Baru Atau Bekas

Ketika berencana membeli kendaraan, seringkali kita sulit menentukan pilihan antara membeli kendaraan baru atau bekas. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kendaraan baru sangat menjanjikan untuk dibeli, karena tidak ada cacat ataupun kerusakan pemakaian. Namun membeli kendaraan bekas tidak kalah menguntungkan karena secara harga lebih terjangkau dan banyak varian yang ada di pasaran.

Berikut ini tips membeli kendaraan baru atau bekas agar kamu tidak salah menentukan pilihan dan mnyesal kemudian.

1 Pertimbangan Kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu pikirkan sebelum membeli kendaraan baru atau bekas adalah untuk siapa kendaraan tersebut dibeli?

Tentu saja kebutuhan membeli kendaraan untuk kamu yang masing single dan tinggal di perantauan, berbeda dengan mereka yang sudah berkeluarga dan tinggal dekat orang tua. 

Idealnya kendaraan untuk keperluan sendiri mengutamakan bodi yang ramping, tampilan yang keren dan hemat bahan bakar, sedangkan kendaraan untuk dipakai bersama keluarga butuh yang ukuran kabinnya luas, kapasitas penumpang lebih besar dan fungsional bagi keluarga.

2 Pertimbangan Anggaran

Anggaran yang harus disiapkan sebelum membeli kendaraan tidak serta-merta hanya membeli kendaraannya saja. Namun juga anggaran untuk bahan bakar harian, service bulanan, asuransi, pajak. aksesoris hingga spare part. Sudahkah kamu merinci pengeluaran tersebut?

Terlebih jika kamu membeli kendaraan baru dengan sistem kredit, kamu perlu menyiapkan budget lebih setiap bulan untuk membayar angsuran. Apabila nominal yang harus dikeluarkan dirasa besar dan cukup berat, kamu perlu mempertimbangkan lagi untuk membeli kendaraan atau tidak.

Membeli kendaraan bekas, meski lebih terjangkau dibandingkan membeli kendaraan baru, pastinya ada aksesoris atau sparepart yang perlu kamu ganti agar sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu juga memerlukan biaya service keseluruhan untuk memastikan performa kendaraan sebelum kamu gunakan. 

3 Pertimbangan Konsumsi Bahan Bakar

Tips membeli kendaraan baru atau bekas selanjutnya adalah pertimbangan irit atau tidaknya kendaraan yang kamu beli. Karena bahan bakar merupakan pengeluaran wajib yang rutin dikeluarkan saat sudah memiliki kendaraan. 

Apalagi BBM dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, ditambah kepadatan lalu-lintas jalanan perkotaan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan semakin boros.

Sebab itu sangat penting kita memikirkan konsumsi bahan bakar kendaraan yang akan dibeli sejak awal jauh sebelum memutuskan untuk membeli. Hal yang perlu dicatat, kendaraan dengan tenaga besar pasti membutuhkan konsumsi bahan bakar yang tidak sedikit. Jangan sampai salah prediksi.

4 Lakukan Uji Kendaraan 

Tips membeli kendaraan baru atau bekas selanjutnya yaitu melakukan test drive, jika ingin membeli kendaraan baru kamu bisa uji kendaraan langsung pada dealer agar semakin yakin dengan keputusan membeli kendaraan tersebut.

Terlebih saat kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas, bila perlu bawa montir sendiri yang profesional dan bisa dimintai pendapat perihal kelayakan mesin dan kendaraan sebelum deal.

Test drive ini sangat penting, agar kamu bisa merasakan langsung bagaimana sensasi berkendara dengan kendaraan idaman, Apakah sesuai dengan harapan atau tidak. 

5 Cek Stabilitas Harga Jual Kendaraan

Pada umumnya kendaraan digunakan 5 sampai 10 tahun, namun seiring pengaruh strategi marketing, banyak orang yang mengganti kendaraannya dalam kurun waktu relatif singkat yaitu 2 atau 3 tahun.

Berbeda dengan membeli rumah, kendaraan yang statusnya bekas, harga jualnya bisa turun sampai 50%. Sebab itu harga jual sangat penting untuk dipertimbangkan untuk meminimalisir kerugian di masa mendatang. 

Kendaraan yang memiliki harga jual stabil biasanya keluaran pabrik dan brand ternama yang umum digunakan orang, sehingga banyak dicari orang dan memudahkan kamu kelak untuk menjual kendaraan bekas pakai.

Selain menaikan strata sosial, memiliki kendaraan juga menjadi salah satu kebutuhan, khususnya kamu yang punya mobilitas tinggi dan jarak jauh. Baik menggunakan sepeda motor maupun mobil roda empat. Sebab itu penting membaca tips membeli kendaraan baru atau bekas sebelum benar-benar yakin membeli.

Secara efektifitas dan efisiensi membeli kendaraan sepeda motor lebih menguntungkan untuk kamu yang belum berkeluarga dan kepentingannya hanya untuk kendaraan pulang-pergi bekerja. Namun, jika kamu tertarik untuk membeli kendaraan roda empat, kamu bisa memulai perhitungannya menggunakan Car Payment.

Namun secara kenyamanan tentu membeli mobil baru atau bekas lebih dopertimbangkan karena menghindari kamu dan keluarga dari cuaca hujan dan panas. Tapi membeli mobil baru tidak mudah karena harganya yang mahal, maka membeli mobil bekas bisa jadi alternatif.