Software Akutansi Andalan Untuk Para Pejuang Cuan

Cara terbaik kelola keuangan untuk bisnis makin berkembang kini dalam satu genggaman.

Dengan terpaksa saya harus menutup usaha clothing line yang sempat bertahan selama dua tahun lamanya. Persaingan bisnis yang semakin ketat, modal usaha yang semakin terkikis untuk menutup gaji karyawan, di tambah pandemi covid-19, membuat saya memutuskan untuk gulung tikar. Kecewa? Pasti! Tapi ini adalah sebuah pilihan hidup.

Bagi sebagian orang kegagalan adalah akhir dari segalanya, namun tidak dengan saya. Kegagalan adalah sebuah kondisi dimana saya harus mencoba mengalah, mencoba bersabar dan memperbaiki strategi untuk memulainya kembali. Kegagalan saya tidaklah sebanding dengan Bill Gates sebelum melahirkan Microsoft, tidak pula sebanding dengan Thomas Alva Edision yang telah gagal 9.000 kali melakukan repetisi sebelum akhirnya menerangi dunia.

Lantas untuk apa kita mengeluh dengan kegagalan?

Salah satu mantan mentri BUMN, Dahlan Iskan berkata “Setiap orang punya jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda”. Pernyataan itulah yang kemudian membekas dalam benak saya bahwa kegagalan bukan berarti kita kalah, gagal bukan berarti selesai. Justru kegagalan menjadi salah satu motivasi untuk bangkit. Kegagalanlah yang akhirnya mendorong saya untuk berkarya kembali membuka usaha clothing line dengan strategi yang lebih matang.

Belajar Dari Kegagalan

Sebagai pejuang cuan, berkaca dari kegagalan adalah sebuah keharusan. Kegagalan adalah pengalaman berharga agar kita tidak terjatuh ke dalam lubang yang sama. Banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan dan jika berkaca dari usaha saya sebelumnya, komunikasi dan keuanganlah menjadi faktor utama dari sekelumit permasalahan yang saya alami.

Pelajaran 1 : Komunikasi

Komunikasi menjadi faktor penting dalam sebuah bisnis atau usaha. Komunikasi yang baik akan membentuk sebuah tim yang solid, yang saling mengerti dan memahami. Banyak permasalahan yang timbul akibat dari komunikasi yang tidak baik, bahkan beberapa usaha yang saya miliki juga hancur karena faktor komunikasi yang dianggap sepele. Tak ubahnya dengan permasalahan tutupnya usaha clothing line saya sebelumnya.  

Permasalahan muncul ketika klien komplain masalah desain sablon yang salah cetak. Padahal semua brief yang diberikan klien sudah terpampang secara jelas. Tentu ada kesalahpahaman informasi, yaitu design yang sebelumnya terdapat revisian tidak dikomunikasikan kembali dengan tim produksi. Alhasil, salah sablon pun terjadi. Pekerjaan yang seharusnya menghasilkan pundi-pundi cuan, harus pupus harapan. Terpaksa, segala kerugian harus ditanggung demi eksistensi dan tanggung jawab.

Memang, meskipun usaha ini dalam lingkup yang masih kecil, tidak ada salahnya mencoba menerapkan SOP atau standard operasional prosedur. Mungkin dengan adanya SOP, proses produksi akan semakin jelas, alur pekerjaan menjadi acuan baku dalam produksi. SOP tentu menjadi komunikasi yang paling efektif dari pada menggandalkan ingatan. Sepele namun dampaknya luar biasa.

Lagi-lagi segala bentuk kesalahpahaman berawal dari komunikasi yang tidak baik. Awalnya hanya sebatas mengabaikan kritik dan saran, namun akhirnya berujung kerugian. Andai saja saat itu saya menerima kritik dan saran untuk menerapkan SOP, tentu kejadian seperti ini akan mudah teratasi. Kritik tentu bukanlah sebuah cacian, begitu juga dengan saran yang tidak hanya sekedar himbauan. Semuanya akan berjalan dengan baik jika kita mampu mengambil sisi positifnya.

Pelajaran 2 : Keuangan

Dalam dunia bisnis, tentu kita tidak dapat terlepas dari masalah finansial. Keuangan seolah menjadi faktor utama dalam semua bisnis. Oleh karena itu, manajemen keuangan menjadi salah satu hal terpenting untuk mengatasi segala permasalahan bisnis. Hal sepele yang sering kali dilupakan oleh para pebisnis yaitu mencampuradukkan antara keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Padahal, belum tentu hasil keuntungan dari sebuah bisnis menutup keseluruhan biaya operasional dari bisnis tersebut.

Bisnis itu fluktuatif, kadang keuntungan melebihi rata-rata penjualan dan terkadang penjualan menurun drastis. Begitulah yang saya alami selama usaha clothing line atau sablon digital. Secara pemasukan, mungkin bisa dibilang bisnis ini sangat menguntungkan. Namun, ada kalanya kita harus siap dengan persaingan pasar yang semakin menjamur belum lagi dihadapkan dengan situasi pandemi yang membuat kita semakin tak berkutik.

Dana darurat yang sebelumnya tak pernah terpikirkan menjadi sangat penting disaat kondisi seperti ini. Hal terlewat yang juga tidak saya pikirkan sebelumnya yaitu terkait biaya perawatan mesin atau alat sablon untuk proses produksi seperti halnya Mesin Heatpress, Mesin Cutting, dan Mesin-mesin lainnya. Tentunya mesin-mesin tersebut membutuhkan maintenance atau perawatan, belum lagi jika mesin tersebut rusak. Pastinya biaya yang dikeluarkan akan semakin membengkak.

Dihadapkan dengan kondisi semacam ini, saya menyadari bahwa istilah “Depresiasi atau Biaya Penysutan” menjadi hal yang tak luput dalam dunia bisnis. Mengabaikan masalah keuangan dalam sebuah bisnis tentu menjadi hal yang mustahil karena akan berdampak yang sangat besar bagi sebuah bisnis. Begitu juga dengan masalah pembukuan, meskipun hanya sebatas catatan, namun hal ini menjadi sesuatu yang penting ketika sebuah bisnis semakin berkembang ke depannya. 

Kembali Mengatur Strategi

Setelah pandemi berakhir, saya berniat untuk membuka kembali usaha cloting line dari rumah. Rasanya terlalu berat bagi saya jika harus menyewa ruko kembali dengan modal yang masih ala kadarnya. Kali ini, saya juga harus memulainya seorang diri, yah mungkin jika banyak orderan saya akan mencari pemain cabutan. Intinya saya akan memulai usaha ini dengan budget yang sangat minim dan minimalis. Setidaknya, saya tidak berhenti menyerah begitu saja dan akan membuktikan bahwa saya bisa membangun kembali usaha yang pernah tumbang.

Belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, tentu saya akan berfokus pada dua faktor utama yang pernah menjadi permasalahan usaha saya sebelumnya yaitu terkait dengan komunikasi dan keuangan. Oleh karena itu, strategi yang akan saya jalannya lebih tepatnya tidak lepas dari kedua hal ini. Nah, berikut ini beberapa strategi yang saya persiapkan untuk memulai usaha clothing line saya.

1. Open Minded

Mencoba menerima gagasan baru atau pendapat orang lain sebetulnya sangat sulit, namun semua akan menjadi lebih mudah tatkala  kita bisa menerimanya dari sudut pandang yang berbeda. Walaupun, saya merasa sudah berpengalaman dalam bidang clothing line, tentu apa salahnya kita mempertimbangkan kritik dan saran dari orang lain. Saya yakin, masukan dari orang disekitar kita adalah bukti kepedulian orang-orang terhadap usaha yang kita miliki. 

2. Berkolaborasi

Pernah mendengar peryataan berikut “silaturahmi akan memperluas rejeki”. Nyatanya dengan silaturahmi kita dapat  menambah relasi bisnis, dengan begitu kita dapat menjalin kerjasama dengan siapa saja yang ingin berkolaborasi dengan bisnis yang kita miliki. Tidak menutup kemungkinan, orderan justru datang dari rekan bisnis kita. Bahkan jika kita bergabung dengan komunitas atau perkumpulan seperti halnya komunitas sepeda, blogger, beladiri, dan lain sebagainya, bisa saja dengan kolaborasi bisa meningkatkan penjualan.

3. Saling Terintegrasi

Memiliki bisnis tentu tidak lepas dari komponen-komponen penunjang bisnis. Hal terkecil yang terkadang terlupakan yaitu tidak adanya sistem yang terintegrasi. Misalnya, terkait dengan keuangan yang mana pencatatan barang masuk dan keluar jarang sekali kita lakukan. Arus kas yang ada juga sering kali terabaikan karena tidak adanya sistem yang terintegrasi. Oleh karena itu, perlunya saling terintegrasi agar tercipta sistem yang lebih efisien dan mudah dilakukan.

4. Serahkan Pada Ahlinya

Mungkin yang menjadi fokus saya dalam usaha cloting line yang ingin saya terapkan adalah menyerahkan semua kepada ahlinya. Saat ini sudah banyak kelompok bidang penunjang bisnis yang tersedia mulai dari alat produksi, promosi hingga keuangan. Apa salahnya jika kita mulai berfikir simpel untuk mendapatkan efisiensi bisnis dengan menyerahkan semua pada ahlinya. Saya memiliki teman yang ahli dalam bidang promosi dan periklanan, tentu saya bisa berkolaborasi dengan mereka. Untuk masalah keuangan tentu akan saya serahkan pada software akuntansi online yang telah terintegrasi dan mudah diakses kapan pun dan dimana pun yaitu KLEDO. Tentunya dengan menyerahkan semua pada ahlinya, bisnis semakin menjadi efisien dan lebih mudah.

Memaksimalkan Bisnis
Para Pejuang Cuan

Bersama Software Akuntansi Online Kledo

Kledo merupakan software akuntansi online berbasis cloud yang didevelop oleh PT Kledo Berhati Nyaman, Yogyakarta. Lebih dari 10.000 perusahaan diseluruh Indonesia telah bekerjasama mulai dari skala kecil hingga skala besar.

Kegagalan dalam sebuah bisnis tentu saja menjadi hal yang wajar, namun tidak semua pengusaha menginginkan hal tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, bahwa 89% usaha atau bisnis gagal pada tahun pertama. Hal itu terjadi tentunya karena berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Dan tahukah kamu bahwa data dari Biro Statistik Tenaga Kerja US menyatakan 29% diantaranya karena kesalahan pengolahan keuangan. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pemilik bisnis di Indonesia yang masih saja berfikir pembukuan adalah sebuah proses yang memakan waktu, sulit dan merepotkan. Banyak juga yang masih berfikir bahwa menggunakan software akuntansi tidak fleksibel dan tentunya dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Dilema seperti ini tentu mempengaruhi pelaku bisnis terpaksa mengabaikan managemen keuangan pada bisnis mereka yang hingga pada akhirnya berujung masalah.

Di era digital yang semakin pesatnya, tentu kita tidak perlu khawatir lagi dengan permasalahan keuangan yang merepotkan karena sudah ada software akuntansi online yang berbasis cloud yang mudah digunakan serta sangat membantu berbagai kebutuhan dan mengatasi berbagai permasalahan keuangan bisnis. Inilah rekomendasi terbaik software akuntansi online KLEDO.

Kledo sebagai software akuntansi online menghadirkan cara yang lebih baik untuk mengelola keuangan. Berbeda dengan software akuntansi pada umumnya, Kledo hadir dengan teknologi berbasis cloud. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan software offline yang hanya dapat diakses melalui komputer yang terinstal software tersebut. Selain itu, software offline biasanya membutuhkan biaya investasi infrastruktur yang cukup besar, belum lagi biaya perawatan dan keamanan yang belum terjamin. Bisa saja komputer rusak sewaktu-waktu, tentunya data penting pun akan ikut hilang. 

Hadirnya Kledo dengan teknologi berbasis cloud tentu memiliki keunggulan dibanding software akuntansi offline lainnya. Pastinya dengan software berbasis online akan dapat diakses dari mana dan kapan saja asal terhubung dengan internet. Nah, biar lebih jelasnya simak keunggulan Kledo software akuntansi berbasis online atau cloud berikut ini!

Keunggulan KLEDO
Sofware Akuntansi Online

Real Time

Laporan Real Time dan dapat diakses dari mana saja

Berbasis Cloud

Hanya perlu browser dan internet untuk mengaksesnya

Support 1st Class

Pelayanan utama dan terbaik dari Tim Kledo

Backup Data

Backup data secara otomatis dan di beberapa belahan dunia

Aman Terpercaya

Data tersimpan terenscripsi dengan pengamanan berlapis

Update dan Terawat

Software akan update secara otomatis dengan perawatan terjamin

Berbagai keunggulan software aplikasi online tentu tidak hanya sekedar mudah saat diakses dari mana dan kapan saja, tetapi juga data atau laporannya tersaji secara realtime. Itu artinya sofware akuntansi online sangat fleksibel dan tentunya sangat mendukung aktivitas para pejuang cuan yang mobile dan bekerja dari berbagai tempat. Tidak cukup disitu, pelayanan utama tentu menjadi prioritas tim Kledo yang siap melayani jika terjadi masalah. 

Lalu bagaimana dengan keamanannya?

Bicara keamanan, tentunya Kledo menghadirkan software yang aman dan terenskripsi dengan pengaman berlapis, dan jika suatu saat perangkat kamu rusak atau hilang, kamu tak perlu khawatir karena software ini akan tersimpan dan terbackup secara otomatis ditambah software akan update secara otomatis dan perawatan pun semakin terjamin. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak menggunakan software akuntansi online yang aman dan terpercaya ini.

Perusahaan

Lebih dari 10 ribu perusahaan dari berbagai industri mempercayai Kledo sebagai solusi manajemen keuangannya.

Berbagai fitur yang terdapat pada software akuntansi online Kledo tentunya mendapatkan kepercayaan lebih dari penggunanya. Bahkan lebih lebih dari 10 ribu perusahaan dari berbagai industri telah menggunakan software akuntansi online ini. Berbagai lini bisnis tentunya sangat cocok seperti halnya ritel, bisnis dibidang jasa, toko online, teknologi, manufaktur, trading, distributor atau bisnis yang bergerak dibidang food & beverage sekalipun. 

RITEL

JASA

TOKO ONLINE

TEKHNOLOGI

MANUFAKTUR

TRADING

DISTRIBUTOR

FOOD & BEVERAGE

Meskipun telah banyak perusahaan yang menggunakan software akuntansi online Kledo, bukan berarti kamu pejuang cuan yang masih merintis mengabaikan kesempatan ini. Kledo hadir tidak hanya untuk perusahaan besar saja, namun juga sangat cocok untuk UMKM yang sedang berkembang. Awalnya saya memang mengira software ini akan mahal jika digunakan, namun nyatanya tidak semahal yang dibayangkan. 

Pastinya kamu penasaran dengan berbagai fitur yang tersedia pada software akuntansi online terbaik saat ini? Langsung saja simak ulasannya dibawah ini. 

KLEDO Hadirkan Fitur Terlengkap Untuk Bisnis

Kadang kita disibukkan dengan hal-hal yang penting namun sedikit ribet dilakukan, misalnya membuat Invoice atau laporan keuangan. Sudah pasti hal ini sangat menguras pikiran bahkan membutuhkan effort yang besar untuk membuatnya apalagi jika kita tidak menguasai teknologi. Tak heran banyak bisnis-bisnis yang mengabaikan hal ini. Namun, pelaku bisnis saat ini serasa menghirup udara segar berkat hadirnya software akuntansi dengan fitur yang lengkap, yaitu Kledo. Nah berikut ini adalah fitur yang dihadirkan Kledo untuk membantu memaksimalkan bisnismu. 

Invoice

Tinggalkan cara lama membuat invoice. Lebih cepat, praktis dan dapatkan laporan otomatis!

Purchasing

Buat purchase order dengan cepat dan konversi jadi faktur dengan satu klik.

Biaya

Catat pengeluaran, lacak pos pengeluaran dan dapatkan laporan pengeluaran dengan rinci

Aset Tetap

Lacak aset tetap dengan mudah, depresiasi aset otomatis dan dapatkan laporan aset secara realtime.

Inventori

Lacak stok dan inventori produk. Lakukan stok opname. Bisa multi gudang dan multi cabang!

Laporan Keuangan dan Bisnis

Buat keputusan bisnis yang tepat dengan informasi yang akurat tentang performa bisnismu.

Buat invoice dengan desain elegan dan profesional

Cukup masukkan data dan Kledo akan membuatkan faktur dan invoice untuk pelangganmu.

Jenis usaha jasa maupun dagang, apapun bisa!

Apapun produk dan jasa yang kamu jual, pastikan buat invoice jadi lebih mudah menggunakan Kledo.

Laporan penjualan detail dan mendalam

Dapatkan laporan bisnis dan keuangan secara realtime. Ketahui produk apa yang paling laris, berapa pembayaran yang diterima tiap periode, berapa piutang dan lainnya. Segala hal tentang aspek bisnismu jadi sangat mudah dipantau.

Buat penawaran penjualan & lacak statusnya

Kamu juga bisa membuat penawaran penjualan untuk pelangganmu dengan Kledo. Setelahnya status penawaran bisa kamu pantau dan lacak dari Kledo.

Buat invoice dari penawaran hanya dengan satu klik

Tak perlu lagi input ulang untuk membuat invoice, cukup satu klik dari halaman penawaran, maka invoice mu langsung jadi.

Terima pembayaran invoice bertahap

Pelangganmu bisa membayar invoice secara bertahap, dan Kledo sangat bisa mencatatnya dengan rapi dan benar.

Perhitungan Pajak Otomatis

Semua pajak penjualan akan terrekap menjadi laporan pajak secara otomatis. Kamu bisa mengkustomisasi apapun jenis pajak yang kamu terapkan pada bisnismu.

Monitor Saldo Pelanggan

Monitor saldo pelangganmu jadi lebih mudah dengan Kledo. Ketahui pelanggan mana saja yang membeli lebih banyak, mana yang menunggak, dan mana yang bisa kamu prospek untuk menaikkan penjualan.

Mengimpor data invoice dan penawaran dalam jumlah besar

Tak perlu lagi khawatir memasukkan ratusan data dalam waktu singkat. Cukup upload file Excel-mu, dan kledo akan mengolahnya menjadi invoice.

Stok dan gudang tercatat otomatis

Stok produk akan tercatat secara otomatis di gudang yang kamu tentukan. Tak perlu lagi double input untuk urusan inventori!

 

Catat semua detail order

Lacak semua purchase order dan pembelian hingga ke semua detailnya, berapa harga yang disepakati dan semua dokumen pendukungnya.

Buat faktur pembelian dari purchase order dengan sekali klik

Saat sudah deal dengan vendor, kamu bisa membuat faktur pembelian dari purchase order hanya dengan satu klik.

Lampirkan foto atau scan dokumen

Kurangi tumpukan kertas, lampirkan semua dokumen kertas mu ke purchase order dan fakturmu.

Dapatkan informasi dan statistik pembelian

Ketahui dengan pasti apa saja yang dibeli vendor, berapa harga yang disepakati, berapa purchase order yang ditolak, dan kapan jatuh temponya.

Lakukan pembayaran bertahap

Kamu bisa membayar pembelian secara bertahap, dan Kledo sangat bisa mencatatnya dengan rapi dan benar.

Perhitungan Pajak Otomatis

Semua pajak pembelian akan terrekap menjadi laporan pajak secara otomatis. Kamu bisa mengkustomisasi apapun jenis pajak yang kamu terapkan pada bisnismu, termasuk pajak pemotongan.

Stok dan gudang tercatat otomatis

Stok produk akan tercatat secara otomatis di gudang yang kamu tentukan. Tak perlu lagi double input untuk urusan inventori!

 

 

Catat pengeluaran dengan mudah

Kamu tak perlu lagi menumpuk kuitansi  pengeluaran, catat semuanya dengan mudah melalui Kledo. Pembukuan bisnismu akan dengan otomatis terupdate dan tentunya hal ini akan menghidarkan kamu dari kesalahan pencatatan pengeluaran.

Pantau pengeluaran bisnismu secara realtime

Tidak ada bisnis yang gratis, pengeluaran bertambah saat bisnis berkembang. Kledo membantumu melacak semua pos pengeluaran dari alat kantor hingga gaji karyawan. Analisa dan monitor pengeluaran bulanan, rencanakan dan buat keputusan yang cepat dengan informasi yang akurat.

Lacak status pembayaran tiap transaksi

ak ada lagi telat bayar biaya pengeluaran. Kamu bisa melacak biaya mana saja yang sudah dibayar atau belum, atau bahkan yang baru dibayar sebagian.

Saatnya paperless, simpan bukti pembayaran di Kledo

Pindahkan penyimpanan bukti kwitansi dari meja kantormu ke Kledo. Meja jadi rapi, bukti transaksi jadi mudah ditemukan.

Kustomisasi dan kategorikan biaya sesuai kebutuhan

Sesuaikan kategori biaya Kledo dengan kultur bisnismu, semua bisa dicatat dan dikategorikan dengan rapi.

Impor semuanya dengan Excel

Masukkan ratusan pencatatan biaya sekaligus dari file excel ke Kledo hanya dengan sekali klik. Fitur Import biaya akan menghemat berjam-jam waktumu yang sangat berharga.

Lacak biaya per vendor

Lacak pengeluaran secara detail per vendor. Rencanakan budgeting berikutnya dengan informasi yang lengkap.

Catat dan lacak aset dengan mudah

Aset bisnis seperti bangunan, mobil, mesin, dan alat kantor bisa dicatat dengan sekali klik. Tentukan perhitungan depresiasi, dan kledo akan melakukan sisanya.

Perhitungan depresiasi otomatis

Kledo akan menghitungkan depresiasi setiap aset secara otomati setiap akhir bulan. Tak perlu lagi repot dengan rumus-rumus depresiasi yang ribet itu.

Atur pelepasan dan penjualan aset dengan sekali klik

Pelepasan dan penjualan aset dapat dicatat dengan sekali klik, dan akan otomatis terupdate dilaporan keuangan bisnismu.

Terhubung dengan fitur purchasing

Saat melakukan purchasing, aset tetap yang dibeli otomatis akan masuk ke dalam daftar aset tetap. Tak perlu lagi input dua kali.

Laporan aset realtime

Dapatkan laporan aset bisnis mu secara realtime dan mendalam.

Pantau produk terlaris

Dapatkan update laporan produk terlaris, berapa banyak profit yang dihasilkan, dan laporan stok produk yang kosong secara realtime. Gunakan informasi ini untuk membuat keputusan yang tepat saat reorder produk dan bagaimana menentukan pricing produkmu.

Import Dari Excel

Tak perlu lagi repot memasukkan data produk dan stok opname satu persatu, cukup ketik di excel, dan upload. Semua data akan masuk ke sistem Kledo.

Penyimpanan Multi Gudang

Kelola stok produkmu dibanyak tempat dengan mudah dan pantau stok pergudang secara realtime.

Produk Paket

Gabungkan beberapa produk menjadi satu produk paket untuk menaikkan penjualan.

Penyesuaian Stok

Buat penyesuaian stok barang yang bukan dari penjualan dan pembelian, seperti penyesuaian karena promosi, barang hilang dan barang rusak. Semua bisa dilakukan dengan mudah.

Stok Opname

Lakukan stok opname dengan mudah. Download laporan stok terkini dalam format excel, masukkan perhitungan stok terbaru di excel, dan upload ke Kledo. Mudah kan?

Laporan Gudang Realtime

Lihat laporan mendetail tentang stok di tiap gudang secara realtime, tak perlu lagi tunggu akhir bulan. Pantau setiap pergerakan stok dan tak perlu lagi khawatir barang hilang tak terlacak.

Perhitungan HPP Otomatis

Harga Pokok Penjualan akan dihitung secara otomatis dan akurat.

Surat Jalan Terintegrasi

Buat surat jalan dari setiap penjualan mu, langsung terintegrasi dengan sistem stok gudang.

Terintegrasi Dengan Fitur Invoice

Inventori terintegrasi dengan Invoice Pembelian dan Invoice Penjualan. Stok terhitung secara otomatis setelah Invoice dibuat kepada pelanggan ataupun vendor.

Transfer Gudang

Pindahkan barangmu antar gudang dengan mudah. Dapatkan pencatatan stok antar gudang yang rapi tanpa repot.

Pantau Dari Mana Saja

Pantau stok dari mana saja, tak perlu datang ke kantor atau ke gudang. Bisa buka laporan dari handphone atau laptop dimanapun kamu berada.

 

Dapatkan ringkasan performa dari dashboard

Lihat pengeluaran usahamu, produk paling laris, laba rugi, dan saldo bank dalam bentuk grafik cantik dari dashboard.

Buat keputusan bisnis berdasar data aktual

Jangan menunggu hingga akhir bulan untuk mendapatkan laporan bisnismu. Lihat laporan laba rugi, neraca, arus kas bahkan executive summary kapanpun kamu membutuhkan. Dapatkan laporan mendalam untuk merencanakan bisnismu secara tepat.

Lihat laporan bisnis dari manapun

Sedang jalan-jalan ataupun sedang perjalanan bisnis, kamu bisa memantau kesehatan bisnismu dari manapun melalui handphone, tablet ataupun laptop.

 

Fitur lengkap dengan berbagai kelebihan dan kemudahan tentunya akan sangat membantu kita dalam menjalani sebuah bisnis. Kledo dengan berbagai fitur lengkapnya, rasanya sayang jika tidak dimanfaatkan untuk memaksimalkan bisnis yang kita miliki. So, tunggu apalagi! Saatnya bagi kamu untuk mencoba hal baru bersama Kledo. Kamu juga bisa menikmati fitur trial jika kamu ingin melihat lebih detail berbagai fitur yang telah disediakan.  

5 Langkah Mudah Menggunakan
KLEDO Sofware Akuntansi Online

Cara lebih baik dalam mengelola keuangan yaitu dengan Kledo. Software Akuntansi Online KLEDO dapat kamu akses melalui website https://kledo.com atau bisa kamu download secara Gratis melalui aplikasi Android maupun IOS berikut!

 

5 Langkah Mudah Menggunakan KLEDO

Kunjungi Website atau Download Aplikasi

Kunjungi situs https://kledo.com untuk dapat mengakses software akuntansi berbasis online ini atau download aplikasinya melalui aplikasi Google Playstore atau IOS.

Sign Up menggunakan Email atau sosial media

Gunakan email untuk mendaftarkan diri, atau jika kalian sudah mendaftarkan diri, silahkan login pada kolom yang telah tersedia.

Lengkapi data yang dibutuhkan

Setelah kamu login pada aplikasi, jangan lupa untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Kamu bisa langsung menghapus demo yang ada dengan menghapus data.

 

Input Produk atau laporan pada app kledo

Langkah selanjutnya yaitu kamu dapat menginput produk atau laporan keuangan yang kamu inginkan. Dengan sendirinya akan secara otomatis mengisi grafik yang kosong.

Berbagai fitur siap digunakan

Terdapat banyak fitur pada aplikasi KLEDO, tentunya sangat bermanfaat untuk menunjang bisnismu. Jika kamu merasa membutuhkan fitur lebih kamu bisa beralih ke versi Pro atau Elite. Selamat mencoba.

Kesimpulannya…

Saya semakin yakin dengan strategi membangun kembali bisnis clothing line. Tentunya, saya tidak akan terjatuh pada kegagalan yang sama. Saya juga tidak akan sendiri dalam membangun bisnis clothing line ini, karena akan ditemani oleh partner bisnis yang akan menunjang bisnis saya yaitu KLEDO, software akuntan online berbasis cloud. Berbagai kemudahan ditambah fitur lengkap yang tersedia di software akuntansi ini, rasanya sayang sekali jika terlewatkan begitu saja. Pastinya ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi partner dalam mengembangkan bisnis clothing line saya. 

Daftar

Referensi

Sumber Referensi

https://kledo.com/
https://kledo.com/blog

Gambar / Infografis

Adhi Hermawan

Instagram Kledo

Video / Youtube

Chanel Youtube: Kledo

#PejuangCuan

Follow sosial media KLEDO untuk dapatkan Informasi menarik lainnnya!