Restaurant Simulation : Cara Asyik Melatih Kecerdasan Anak

Permainan simulasi, termasuk permainan yang dapat memberikan sejumlah manfaat dalam melatih kecerdasan anak. Dari permainan simulasi dapat menjadi pembelajaran dan peningkatan pengetahuan: Permainan simulasi sering kali dirancang untuk mensimulasikan situasi kehidupan nyata atau lingkungan tertentu, seperti simulasi penerbangan, manajemen bisnis, pertanian, atau kuliner. Melalui permainan ini, Anak dapat memperoleh pengetahuan baru dan memahami mekanisme yang terlibat dalam berbagai industri atau bidang. Ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak di kehidupan nyata.

Selain itu Permainan simulasi dapat membantu anak mengembangkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan manajemen waktu, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan keterampilan strategi. Dalam permainan simulasi yang kompleks, anak seringkali harus menghadapi tantangan yang membutuhkan pemikiran kritis dan analitis, serta merencanakan tindakan dengan bijaksana.

Adapun peningkatan kreativitas dapat memberikan kebebasan kreatif kepada pemain untuk merancang dan membangun sesuatu, seperti kota, taman, atau bahkan restaurant. Ini dapat merangsang kreativitas anak dan memungkinkan anak mengungkapkan sisi artistik dalam menciptakan sesuatu yang unik. Nah, berikut ini adalah beberapa permainan simulasi restoran dari money games untuk melatih kecerdasan anak.

Coffee Shop

Permainan ini adalah permainan simulasi yang di atur dalam waktu satu bulan. Dimana pada permainan dini para pemain harus menyesuaikan pengaturan game untuk mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya.

Para pemain pada permainan simulasi dituntut untuk bisa mengendalikan keuangan, mengatur harga jual, mengatur formula kopi, mengatur kas keuangan dan lain sebagainya. Point utama dalam permainan ini yaitu pemain diharapkan bisa mengatur sebuah bisnis terutama bisnis kopi.

Permainan ini akan mengajarkan anak dalam menjalankan bisnis meliputi inventori, strategi, harga, memprediksi pelanggan, membaca timbal balik pelanggan. Dan yang lebih penting lagi yaitu pada anak dapat melakukan simulasi bisnis dengan konsisten. Karena konsisten akan mengajarkan anak bahwa sebuah bisnis akan tetap berlanjut ketika konsistensi dilakukan dengan benar. 

Burger Shop

Game simulasi restoran burger merupakan permainan simulasi yang dibagi ke dalam 10 tahap, dan pemain harus melayani pesanan pelanggan dengan tepat. Lihatlah daftar pesanan pelanggan untuk melihat apa yang mereka inginkan. Kemudian mulailah dengan mengambil nampan dilanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahannya. Persiapkan  daging yang sudah dimasak sebelumnya. Ambil roti, lalu buat burger dari bahan tersebut dengan menyusunya dari bawah ke atas.

Saat kamu akan melanjutkan permainan, kamu akan membuka topping tambahan (termasuk mentimun, selada, dan tomat), sosis, makanan pendamping (kentang goreng & donat), dan minuman. Kumpulkan pembayaran pelanggan di dekat kasir untuk menyelesaikan pesanan mereka. Setelah itu kumpulkan koin untuk membeli lebih banyak barang. Capai target produksi harian untuk naik ke level berikutnya.

Cooking Street

Cooking Street adalah game simulasi restoran steak. Terdapat 150 tahap untuk menyajikan steak, makanan pendamping, dan minuman kepada pelanggan. Level baru akan dibuka kuncinya secara berurutan, tetapi kamu dapat memutar ulang level mana pun yang telah diselesaikan kapan saja. Tugas kamu hanya melayani pelanggan dengan menyediakan apa yang mereka minta. Layani pelanggan dengan cepat untuk mengelola banyak pesanan dalam waktu terbatas.

Saat kamu ingin melangkah lebih cepat, gunakan poin yang kamu dapatkan untuk membuka permainan selanjutnya. Gunakan lebih banyak piring, lebih banyak cangkir, dan potongan bahan yang lebih baik sehingga kamu dapat memproses pesanan lebih cepat & menghasilkan lebih banyak untuk setiap pelanggan yang dilayani. Kamu juga dapat mengulang permainan jika dirasa kamu belum puas dengan poin yang kamu dapatkan pada setiap permainan. 

Menang atau kalah, kamu dapat memutar ulang level sebanyak yang kamu suka, dan pastinya tetap mendapatkan penghasilan dan pengalaman dari suatu level meskipun poin kamu tidak cukup untuk mendapatkan peringkat bintang.

Ice Cream Bar

Game yang satu ini merupakan  game simulasi toko es krim di mana kamu harus dengan cepat melayani pelanggan es krim yang mereka inginkan dalam urutan yang benar. Lihatlah daftar permintaan pelanggan untuk melihat apa yang mereka pesan dan berapa banyak waktu yang tersisa untuk melayani mereka. Pilih cangkir atau kerucut, lalu buat suguhan es krim sesuai urutan yang mereka minta dari bahan paling bawah ke atas.

Tidak seperti game sim serupa lainnya, kamu tidak perlu memungut pembayaran pelanggan dalam game ini. Kamu bisa memulai dengan menyusun ice cream dalam gelas, namun jika kamu rasa kurang tepat dalam menyajikannya kamu bisa membuang hasilnya ke dalam sampah kemudian melanjutkan kembali. Jika kamu kehabisan bahan, kamu dapat menggunakan koin yang kamu miliki untuk mengisi kembali item tersebut. Raih sasaran level untuk pelanggan yang dilayani sebelum waktu habis & mainkan semua 20 tahap.

Ultra Pixel Burgeria

Ultra Pixel Burgeria merupakan game simulasi restoran yang menyediakan dan menyajikan makanan berbasis burger kepada pengunjung. Pelanggan dapat memesan burger sesuai dengan yang mereka inginkan. Melalui papan pesanan pelanggan, kita diharapkan untuk menyajikan burger secepat mungkin. Permainan ini dimulai dengan mencampur gandum dan telur untuk membuat roti burger, lalu memasak di atas kompor. Kemudian dilanjut dengan mengambil potongan steak dari sabuk konveyor dan potong menjadi daging giling.

Setelah menyediakan burger yang sesuai dengan permintaan pelanggan, langkah selanjutnya yaitu menggulirkan nampan berisi burger dan roti beserta gelas kemudian menuju ke mesin soda untuk menuangkan soda. Saat pesanan pelanggan yang kamu sajikan sudah selesai, saatnya tekan bel agar pesanan tersebut dapat diantar. Kalahkan target harian untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Itulah berbagai permainan restaurant simulation games dari money games yang dapat melatih ketangkasan dan kecerdasan anak yang dapat diakses hanya bermodal browser dan internet. Sangat mudah digunakan dan terdapat banyak permainan sejenis yang kamu dapat akses dengan gampang. Praktis juga karena kamu tidak perlu instal aplikasi dan cukup berkunjung melalui browser. Semoga bermanfaat.