INDONESIA BANGKIT

DENGAN SAWIT

Sawit merupakan komoditas penting bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya menggerakkan sektor perekonomian desa, tetapi juga menyumbang devisa terbesar bagi perekonomian nasional.

Angkat-Ungkit Sawit

Seorang pemuda tampak berjalan tegap, mengangkat sebatang pohon sawit berdahan rimbun. Dia berjalan diantara hamparan lahan yang luas menuju area penanaman sawit. Dari bibit itulah yang nantinya akan ditanam di perkebunan kelapa sawit. 

Panggil saja Mas Sigit, dia merupakan petani kelapa sawit di kebun plasma yang dinaungi oleh perusahaan setempat. Kehadiran Industri kelapa sawit tidak hanya menumbuhkan perekonomian masyarakat di derahnya tetapi juga memberikan peluang pekerjaan bagi dirinya.

Dari hasil jeripayahnya, ia mampu menafkahi keluarganya dan membiayai pendidikan anak-anaknya. Itulah satu dari sekian banyak manfaat dari perkembangan sawit di Indonesia.

Perkembangan Sawit di Indonesia

Bicara sawit kita patut bangga dengan negara kita, karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Perkembangan sawit di Indonesia terbilang sangat pesat. Hal ini dapat ditinjau dari kenaikan produksi sawit yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dampaknya tentu membawa perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan.

Indoenesia

43.000.000 ton

Thailand

3.000.000 ton

Malaysia

20.700.000 ton

Kolombia

1.680.000 ton

Migeria

1.015.000 ton

Guatemala

852.000 ton

Equador

630.000 ton

Papua Nugini

630.000 ton

Honduras

580.000 ton

Brazil

540.000 ton

ton

30jt ton

20jt ton

10jt ton

40jt ton

50jt ton

Sumber: Wartaekonomi

10 Negara Penghasil Sawit Terbesar di Dunia Tahun 2019

Dilansir dari wartaekonomi berdasarkan data IndexMundi, mencatat Indonesia merupakan negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia dengan volume sebesar 43.000.000 ton per tahun. Hal ini tentunya menjadikan sawit sebagai industri yang paling produktif dan profitable. 

Industri Sawit yang Kian Melejit

Perkembangan sawit yang cukup signifikan, tentunya mendorong pertumbuhan industri sawit yang kian melejit. Namun, disisi lain sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa sawit memiliki berdampak negatif terhadap lingkungan diantaranya deforestasi dan juga merupakan tanaman paling banyak menyerap air. Benarkah demikian? mari kita simak fakta berikut ini.

Berdasarkan fakta, anggapan tersebut kurang tepat. Sawit bukanlah penyumbang utama deforestasi, juga bukan yang paling banyak menyerap air. Jika ditinjau dari segi manfaat tentu sawit memiliki peranan yang lebih penting dalam kehidupan sehari-hari.

Peranan Sawit Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berbagai olahan sawit seringkali kita jumpai, bahkan 24 jam aktivitas kita tak luput dari produk yang mengandung minyak sawit. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, produk yang kita gunakan mengandung olahan sawit. 

Produk Olahan Minyak Sawit

– Coklat, Mentega, Kue Kering

– Minyak goreng, Roti, Mie Instan

– Lipstik, Sabun Mandi, Shampo, Pasta Gigi, Detergen.

– Biodiessel

Perlu kita ketahui manfaat kelapa sawit ternyata tidak hanya berupa minyak saja yang dihasilkan, tetapi dari hasil limbahnya pun dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi produk yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini manfaat limbah dari kelapa sawit yang dapat diolah kembali.

Limbah Kelapa Sawit dapat dijadikan Pupuk Tanaman

Sebagian petani memanfaatkan waktu penantian panen kelapa sawit untuk mengolah limbah kelapa sawit menjadi pupuk organik untuk tanaman.

Limbah Kelapa Sawit dapat dijadikan Anyaman atau Kerajinan

Dari dahan atau pelepah kelapa sawit bisa dijadikan sebuah anyaman atau kerajinan. Hasilnya pun dapat berupa keranjang ataupun penutup atap rumah

Limbah Kelapa Sawit dapat dijadikan Pakan Ternak

Daun yang dihasilkan oleh kelapa sawit juga dapat diolah menjadi pakan ternak. Dengan mesin pencacah, hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak untuk sapi atau kambing.

Sawit Kuat, Indonesia Hebat

Mari kita dukung pertumbuhan Industri sawit yang dapat membawa kemaslahatan dalam berbagai aspek kehidupan diantarnya, lingkungan, sosial, pangan, tenaga kerja bahkan perekonomian nasional. 

Namun, jangan jadikan sawit sebagai “monster” ekosistem alam yang berdampak buruk terhadap lingkungan salah satunya dengan adanya pembukaan lahan yang mengorbankan hutan.

Dengan mengedepankan industri sawit yang berkelanjutan dan sesuai dengan tata kelola lahan, peranan sawit dapat terwujud untuk pembangunan perekonomian masa depan.

Sawit kuat, Indonesia Hebat.

#Akhirkata...

Indonesia Bangkit dengan Sawit…

#BicaraSawit tentu sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Tetapi harus dikelola dengan sumber daya manusia yang bermartabat dan selalu menjaga ekosistem alam.

Sudah saatnya kita bicara #SawitBaik, untuk mendukung Indonesia Hebat. 

Daftar

Referensi

Sumber Referensi

Infosawit.com

Foto / Gambar

Seno Hadi Wibowo

Freepik.com

 

Infografis / Illustrasi

Adhi Hermawan

Instagram @SawitBaik

Video / Youtube

Chanel Youtube: Sawit Baik

Mari dukung kampanye #SawitBaik untuk Indonesia Hebat. 

Sebarkan kebaikan sawit dengan memberikan informasi yang utuh tentang sawit Indonesia.