Bangkit Menuai Profit Bersama STOCKBIT Aplikasi Saham Terbaik

Pandemi membuat kita jauh dari harapan, mengubur mimpi-mimpi dan rapuh tak berdaya. Bersama Stockbit – Aplikasi saham terbaik, kamu bisa mencoba bangkit untuk kembali menuai profit demi kebebasan finansialmu.

Bukan hal yang mudah untuk bangkit, apalagi di tengah pandemi dengan perekonomian yang semakin sulit. Issue pemotongan gaji hingga pemutusan hubungan kerja alias “PHK” menjadi alternatif perusahaan mengambil langkah konkrit. Termasuk saya yang terpaksa pamit karena kondisi perusahaan yang semakin rumit. Kalau sudah begini, mencari lowongan pekerjaan pun terasa sulit karena jarang bahkan limit. Tak heran jika akhirnya angka pengangguran makin melejit.

Mau gimana lagi? Kalau sudah begini tidak ada pilihan lain untuk kembali menjadi blogger meski keuntungan sedikit. Roda kehidupan yang terus berputar, tak mungkin kita hadapi hanya dengan komat-kamit. Setidaknya, kondisi inilah yang membuat saya menyadari pentingnya investasi tatkala dilanda masa sulit. Seandainya, sejak dulu saya sudah melek Investasi, tentu bisa menjadi solusi dari berbagai permasalahan dan menjadi dorongan untuk bangkit.

Orang kaya sekalipun membutuhkan investasi untuk melindungi asetnya dari penurunan nilai akibat inflasi. Tentunya, kebutuhan investasi akan semakin tinggi bagi mereka yang hidupnya menggandalkan upah bulanan atau gaji. Tanpa perencanaan finansial yang baik tentu sulit untuk memenuhi setiap kebutuhan bahkan rencana masa depan, apalagi hanya bergantung pada bonus akhir tahun, kenaikan gaji, bunga bank bahkan pinjaman bank. 

Terlebih saya hanyalah seorang blogger, mau tidak mau saya harus melek terhadap investasi. Pentingnya investasi tidak hanya menghindari turunnya nilai aset dari inflasi tetapi juga sebagai persiapan masa depan, memenuhi kebutuhan disaat darurat, persiapan pensiunan, meningkatkan nilai uang/kekayaan bahkan bisa mencapai kebebasan finansial.

Instrument investasi yang semakin beragam tentu bisa menjadi pilihan. Bahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jangka waktu, serta profil resikonya. Mulai dari emas, obligasi, saham, hingga reksa dana, semuanya berpeluang menjadi pilihan investasi terbaik. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari dan mencoba berinvestasi, bahkan banyak dari kerabat saya dari kalangan blogger sudah mulai mengangkat topik tentang investasi. Itu artinya semakin mudah kita dalam mempelajari bahkan mengenal lebih jauh tentang investasi.

Dari sekian banyaknya investasi, ada salah satu investasi yang membuat saya tertarik menguliknya yaitu investasi saham. Penanaman modal saham atau investasi saham sering kali diartikan sebagai bentuk penyertaan modal baik perorangan atau badan usaha yang mana mereka dapat mengklaim atas aset dan penghasilan serta berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Meskipun pasar modal telah ada sejak tahun 1912, namun keberadaan investasi saham yang semakin berkembang didukung munculnya teknologi dan platform aplikasi sudah mulai dilirik oleh generasi milenial zaman now. Namun, tentu perlu edukasi yang cukup, karena investasi saham tidak hanya sebatas meraup keuntungan tetapi kita juga harus siap menerima resikonya.

Beberapa bulan yang lalu saya juga sempat berbincang-bincang dengan salah satu kerabat blogger saya yang ternyata sudah lama terjun di dunia investasi saham. Tentunya dari hasil diskusi tersebut, saya mendapatkan banyak hal dan wawasan tentang investasi saham yang tidak hanya sebatas profit melainkan kita juga harus mengetahui resiko dari saham, jenis-jenis saham, cara investasi saham serta analisis saham baik secara fundamental maupun teknikal.

Mempelajari investasi saja tidak cukup hanya sebatas membaca artikel atau e-book saja. Saya rasa perlu juga bergabung dengan komunitas saham untuk berdiskusi lebih dalam lagi tentang saham. Istilah-istilah saham yang terdengar asing, lambat laun semakin terbiasa karena diskusi member komunitas saham. Analisis fundamental dan teknikal yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan juga menjadi pembahasan penting dalam komunitas tersebut. Bergabung dengan komunitas saham dengan berbagai bahan diskusi akhirnya memberikan pelajaran penting bagi saya.

Dan pada awal tahun 2022, saya pun memutuskan untuk bergabung menjadi bagian dari investor saham. Namun, melihat perkembangan pasar modal di Indonesia yang kian pesat, tentu tidak bisa dipungkiri munculnya banyak sekuritas atau broker saham. Hal ini membuat saya dilema dengan berbagai pilihan yang ada. Sempat terjebak dengan sekuritas ternama namun aplikasi yang digunakan terlalu rumit dan kurang menarik. Ternama saja tidak cukup, perlu adanya inovasi aplikasi saham yang dapat membuat investor betah berlama-lama. 

Akhirnya, atas rekomendasi sahabat blogger, saya pun menemukan sekuritas yang tepat dengan aplikasi saham terbaik. Selain menyenangkan juga tampak lebih smart-clean bahkan dilengkapi dengan berbagai fitur yang pastinya sangat berguna bagi investor pemula seperti saya. Sekuritas dengan aplikasi saham terbaik itu bernama Stockbit

Mengenal Stockbit :
Investasi Saham Berbasis Komunitas

Sejak pertemuan saya dengan sahabat blogger yang terlebih dahulu terjun ke dunia investasi saham, saat itu pula saya dikenalkan dengan salah satu aplikasi saham Stockbit. Awalnya saya menganggap bahwa semua aplikasi saham sama saja, toh yang penting kita bisa berinvestasi. Alasan lainnya juga karena saya tidak ingin disibukkan dengan pendaftaran sekuritas yang cukup memakan waktu. 

Namun, setelah beberapa kali memasuki materi yang berhubungan dengan fitur-fitur canggih, akhirnya saya tertarik untuk mencobanya dan saat itu pula saya memutuskan untuk mengunduh serta mendaftarkan diri pada aplikasi saham Stockbit. Benar saja, saya merasakan kemudahan dan kenyamanan yang berbeda jauh dari aplikasi saham sebelumnya. Saya merasa, aplikasi Stockbit sangat cocok dengan saya karena selain mudah digunakan juga terdapat banyak fitur canggih di dalamnya. 

Nah, penasaran dengan keunggulan Stockbit? Simak ulasannya dibawah ini!

Komunitas Saham Terbesar

Selama bergabung dengan Stockbit, investasi pun semakin menyenangkan. Stockbit selain menjadi platfom berinvestasi juga merupakan salah satu komunitas investasi saham terbesar dan terpopuler di Indonesia. Kamu juga bisa berbagi ide, berita, informasi keuangan serta investasi saham bersama dengan investor lainnya secara real-time. 

Menggunakan aplikasi Stockbit, fitur yang menjadi favorit saya yaitu “Stream” dimana kamu dapat berinteraksi dengan pengguna lain bahkan berbagi informasi layaknya update status pada sosial media. Selain itu, kamu juga bisa saling follow atau mengikuti satu sama lain, agar kamu tidak ketinggalan informasi ketika ada informasi terkait rekomendasi saham atau informasi lainnya.

Aman dan Terpercaya

Pernah menjadi korban dari investasi bodong membuat saya semakin hati-hati dalam berinvestasi. Tidak menutup kemungkinan, saya bisa terjerumus ke dalam lubang yang sama. Oleh karena itu, pentingnya memeriksa segala perizinan yang berkaitan dengan investasi, agar supaya semua dapat dipertanggung jawabkan. Awalnya saya juga ragu dengan investasi saham, namun setelah saya tahu bahwa Stockbit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor izin KEP-132/PM/1992, saya yakin bahwa aplikasi saham Stockbit adalah terpercaya. 

Stockbit juga telah terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Dengan begitu, kepemilikan harta terkait efek yang dimiliki oleh para investor akan terjaga keamananya. Bahkan Rekening Dana Nasabah (RDN) yang digunakan untuk transaksi di pasar modal mengatasnamakan pribadi, jadi tidak dapat disalahgunakan. So, bagi kamu yang ingin investasi saham, jangan lupa untuk memeriksa legalitas dari perusahaan sekuritas tersebut ya! 

Tanpa Minimun Deposito

Berbeda dengan platform saham lainnya, pada aplikasi Stockbit tidak ada minimum dana deposit untuk memulai investasi. Itu artinya kamu dapat memulai investasi tanpa harus menggunakan modal besar. Sekalipun kamu blogger seperti saya, tidak ada salahnya untuk memulai investasi dari modal seadanya. Tapi perlu di ingat bahwa transaksi pembelian saham, minimal pembelian ialah sebanyak 1 lot dengan nominal harga bergantung pada harga saham yang ingin dibeli. 

Jadi selama kita memenuhi harga 1 lot saham, sudah dapat dipastikan kita bisa membeli saham emiten tersebut. Kembali lagi dengan kondisi keuangan kita masing-masing, jika investasi yang kita keluarkan terlalu kecil, tentu keuntungan yang kita dapatkan juga tidak akan besar. Tentunya akan sebanding dengan modal yang kita keluarkan. Tapi setidaknya, kamu sudah bisa jadi investor dari sekarang!

Biaya Transaksi Terjangkau

Hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum memilih sekuritas yaitu faktor biaya transaksi. Meskipun hanya nol koma persen, tentunya nilai tersebut akan besar jika modal yang kita keluarkan juga besar. Jika dibandingkan dengan sekuritas lainnya, tentu fee sekuritas Stockbit bisa menjadi yang termurah hanya dengan fee beli 0,1% dan fee jual 0,2% dari setiap transaksi. Perlu kamu ketahui bahwa fee termurah pada sekuritas Stockbit ini sudah termasuk biaya broker, biaya levy, PPN biaya broker dan PPh final.

Dengan biaya transaksi yang terjangkau, tentunya kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam bertransaksi saham. Memilih fee sekuritas termurah juga sangat cocok bagi blogger yang terjun menjadi investor pemula atau trader yang melakukan jual-beli saham dalam jangka waktu yang relatif pendek seperti yang saya lakukan. 

Berita dan Laporan Terpercaya

Sulitnya mencari berita tentang saham dari sumber terpercaya memang jarang ditemukan. Sekalinya ada, hanyalah sebuah opini belaka. Padahal sebagai seorang investor, berita yang berkaitan dengan investasi sangat diperlukan. Bahkan banyak dari para investor yang menganalisa informasi sebelum mereka menanam modal. Saya pun demikian, lebih tertarik dengan membaca berita tentang saham yang bisa jadi menghasilkan peluang untuk meraup profit.

Pastinya saya semakin terbantu dengan aplikasi Stockbit karena selain menyajikan berita investasi secara update, juga memberikan informasi dari berbagai sumber-sumber yang terpercaya. Semakin mudahkan kita mengakses informasi juga akan semakin cepatnya kita dalam bertindak menghadapai perkembangan saham secara sigap. 

Fitur Lengkap dan Profesional

Tidak bisa dipungkiri, bahwa fitur lengkap dan profesional menjadi alasan dan faktor penting dalam memilih sekuritas. Ini juga menjadi alasan saya beralih ke Stockbit karena tawaran fitur yang disediakan cukup lengkap dan mendukung perjalanan saya dalam berinvestasi. Tentunya fitur-fitur yang disediakan dapat diakses secara gratis. Namun, jika kamu merasa perlu untuk mengakses berbagai fitur canggih lainnya, kamu bisa upgrade berlangganan Stockbit Pro. 

Sebagai investor pemula, bagi saya fitur Stockbit Free sudah sangat cukup dan membantu aktivitas saya dalam berinvestasi saham. Pastinya, tidak menutup kemungkinan saya akan mencoba fitur Stockbit Pro dengan berbagai kelengkapan fiturnya yang canggih serta profesional. Setelah ini saya akan mengulas berbagai fitur yang menjadi favorit saya, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Fitur-fitur Stockbit :
Buat Investasimu Makin Menyenangkan

Inilah yang membuat saya betah berlama-lama menggunakan aplikasi Stockbit. Sungguh fitur-fitur yang tersedia membuat saya makin mengenal investasi saham secara gamblang. Interface atau desain antar muka yang ditampilkan sangat menarik dan mudah dipahami, apalagi bagi seorang pemula sekalipun.

Tak hanya tampilan, fitur Stream atau ruang untuk interaksi dan berdiskusi menjadi salah satu fitur favorit saya. Dengan fitur ini kita dapat berinteraksi layaknya mengomentari postingan investor lain. Dengan begitu akan terjalin komunikasi antar investor satu sama lain.

Terdapat juga fitur Virtual Trading yang mana kamu bisa melakukan investasi secara simulasi melalui fitur ini. Kamu akan diberi modal uang virtual sebanyak Rp100 juta untuk berinvestasi. Tentunya fitur ini sangat membantu untuk memahami dasar-dasar transaksi saham sebelum terjun langsung ke pasar saham yang sesungguhnya.

Beralih ke fitur selanjutnya yaitu Watchlist, dengan fitur yang satu ini kamu bisa memantau saham-saham yang menjadi favoritmu. Caranya cukup menambahkan saham ke watchlist dan saham-saham tersebut tersebut akan terpantau dalam daftar watchlistmu, bahkan kamu dapat membeli secara langsung tanpa perlu menyeleksi saham di pasar satu per satu. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan fitur lainnya silahkan simak ulasan berikut ini!

w

Stream

Ruang Interaksi untuk Berdiskusi

Calendar

Memantau Corporate Action

Virtual Trading

Simulasi Permainan Saham

Earning Recap

Rekapitulasi EPS dari emiten

i

Glossary

Penjelasan Lengkap Finansial

Set Target Price

Membagikan Prediksi Saham

Watchlist

Memantau Saham Favorit

Insider

Investor Pemodal Besar

Consensus Target

Mengetahui Hasil Konsensus

E-Book

Fitur Panduan Online

Nah, fitur-fitur di atas dapat kamu nikmati secara gratis. Tapi jika kamu merasa belum puas dengan fitur tersebut kamu bisa berlangganan dengan upgrade menjadi Stockbit Pro. Tentunya dengan kamu Upgrade Stockbit Pro kamu dengan otomatis dapat menikmati semua fitur yang ada pada aplikasi saham terbaik Stockbit. Apa saja sih yang ada pada fitur Stockbit Pro? Ini dia fiturnya!

Fitur Stockbit Pro

Chartbit

Fitur charting profesional yang bisa bantu kamu untuk melakukan analisis teknikal saham dengan mudah. 

Screener

Fitur ini Screener punya database keuangan yang lengkap dan berguna untuk mencari saham dengan kriteria yang tepat.

Keystats

Fitur ini juga menyediakan ringkasan kinerja perusahaan, mulai dari valuasi perusahaan hingga pembagian dividen.

Seasonality

Fitur ini menyajikan kecenderungan performa indeks atau saham yang terjadi dari bulan ke bulan.

Fundachart

Fitur ini juga berfungsi untuk membandingkan ratusan Financial Item dan Financial Metrics dengan berbagai pilihan periode.

i

Financials

Laporan keuangan emiten dengan data yang lengkap dan tampilan yang menarik dapat kamu akses melalui fitur Financials.

Bandar Detector

Ke mana arah uang bergerak berdasarkan jejak bandar dapat kamu “deteksi” dengan menggunakan fitur Bandar Detector.

Bagi kamu yang full time trader, nampaknya akan sangat cocok dengan adanya fitur Stockbit Pro. Berbagai fitur canggih ini tentunya akan berguna sekali dalam menganalisa saham yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang menjadi favorit saya yaitu fitur chartbit karena real time price, tentunya dengan fitur ini saya bisa memantau data harga yang sama dengan data harga pada bursa saat itu juga. Didukung juga 100+ teknikal indikator yang siap pakai untuk mempertajam analisa teknikal. Kerenkan!

Menggunakan fitur chartbit, kamu juga bisa memantau data historikal sebuah perusahan hingga 15 tahun ke belakang, pastinya ini bisa menambah analisa untuk tren jangka panjang. Dan yang tidak kalah serunya yaitu adanya Bandarmologi, secara langsung kamu dapat mendeteksi dan mempelajari gerak bandar. Tentunya kamu akan dengan mudah terbantu untuk menghasilkan pundi rupiah. 

Aplikasi Saham Terbaik :
Bangkit Menuai Profit Bersama Stockbit

Sejatinya menjadi seorang investor bahkan bisa menghasilkan profit tidak pernah terbayang dibenak saya. Awalnya saya memang mengikuti trend di kalangan teman-teman tongkrongan, saya bahkan sempat ragu dan terbesit dalam benak saya untuk bersikap acuh dengan trend seperti ini. Mungkin akibat saya pernah menjadi korban Investasi bodong, oleh karena itu saya membentengi diri dari hal-hal yang mengatasnamakan investasi. 

Tetapi dalam hati saya berpendapat jika saya tidak mencobanya, tentu saya tidak akan mengetahui sebuah investasi itu bisa menghasilkan profit. Selang trend investasi saham berlangsung, setiap saat saya mengulik hal-hal yang berhubungan dengan investasi saham. Saya bahkan sering berdiskusi dengan sahabat-sahabat saya yang terjun lebih dulu di dunia investasi saham. 

Setelah semua informasi yang berkaitan dengan investasi saham saya pelajari. Akhirnya saya menutuskan untuk bergabung menjadi investor saham bermodal sisa gaji yang saya miliki. Segala bentuk keraguan  kemudian menjadi optimis dan saya yakin dengan keputusan yang saya ambil.

Sebelumnya saya juga memiliki sekuritas lain. Namun dari fitur-fitur yang ditawarkan Stockbit, entah kenapa saya lebih tertarik dan nyaman berlama-lama bercengkrama dengan Aplikasi Stockbit. Bahkan saya serasa menjelajah pengetahuan dan memperluas wawasan investasi saham dari fitur Stockbit Academy.

Tidak hanya itu, menu yang menjadi andalan saya yaitu, “e-IPO” dengan kelengkapan informasi emiten yang akan  melantai pada bursa efek membuat saya mudah memahami dan menganalisa perusahaan tersebut. Bahkan saya merasa tertantang untuk membuktikan pada teman-teman saya dengan analisa yang saya lakukan. 

Dan ketika analisa tersebut benar, tentu profit sekecil apapun akan menjadi sebuah kenikmatan. Namun jika salah, tentunya saya harus lebih teliti dan mempelajarinya lebih dalam lagi untuk analisa kedepannya. 

Di tengah ketidakpastian pekerjaan, bahkan himpitan ekonomi. Saya kemudian bertekad untuk berinvestasi jangka pendek. Didukung informasi yang akurat serta berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi Stockbit,  saat itu pula saya berhasil menuai profit. 

Sekalipun belum bisa menjadi seorang full time trader, setidaknya investasi saham bisa menjadi solusi untuk bangkit dari berbagai masalah finansial. Tentunya yang terpenting fundamental kita sebagai investor pemula. Sejatinya, investasi tidak memulu tentang profit, namun kita juga menyadari akan ada resiko. 

Kesimpulannya…

Begitulah pengalaman saya menggunakan Stockbit. Meskipun saya hanyalah seorang blogger tidak ada kata tidak mungkin jika kita berusaha dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Bahkan seklipun mendapatkan keuntungan atau profit yang tidak begitu besar, namun hal ini sudah bisa membuktikan bahwa saya bisa bangkit menuai profit bersama Stockbit. Investasi saham tentu menjadi solusi bagi setiap orang yang menginginkan kebebasan finansial. Saya sudah membuktikannya, sekarang saatnya giliranmu untuk download Stockbit.

Daftar

Referensi

Sumber Referensi

https://snips.stockbit.com/

https://help.stockbit.com/

Gambar / Infografis

Adhi Hermawan

Stockbit

Video / Youtube

Chanel Youtube: Stockbit

Aplikasi Saham Terbaik

Follow sosial media Stockbit untuk dapatkan Informasi menarik lainnnya!