Ekspansi Pemasaran UMKM di Era Revolusi Industri 4.0

“You can’t wait for customers to come to you. You have to figure out where they are, go there and drag them back to your store.” -Paul Graham, Y Combinator

Satu tahun yang lalu, sahabat saya memutus hubungan kerja di salah satu perusahaan otomotif di Jakarta. Keputusannya mengundurkan diri atau lebih tepatnya pensiunan dini, lantaran proses pekerjaannya sudah digantikan dengan menggunakan mesin yang mampu bekerja secara otomatis. Dengan dalih ingin menjadi pengusaha, akhirnya sahabat saya memutuskan untuk mengambil tawaran pensiunan dini dari perusahaannya dan membuka usaha sendiri.

Itulah salah satu contoh bahwa kita sekarang ini telah memasuki era revolusi industri 4.0, dimana semua pekerjaan dapat digantikan secara otomatis dengan teknologi. Jika kita berfikir, disisi lain perusahaan semakin diuntungkan, tetapi disisi lain juga berdampak kepada bertambahnya para pengangguran. Hal tersebut mungkin tidak hanya terjadi kepada sahabat saya. Saat ini banyak teknologi yang mampu menggantikan peran manusia untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Mari kita telusuri lebih lanjut!

Gardu Tol Otomatis, salah satu contoh Revolusi Industri 4.0

Petugas tol contohnya, sejak diresmikannya Gardu Tol Otomatis (GTO) pembayaran tol kini tidak lagi dilakukan dengan membayar kepada petugas disetiap gardu, cukup dengan mesin otomatis pembayaran tol dengan mudah dapat dilakukan. Tidak hanya itu, ada juga aplikasi Mobile Banking, dimana orang dapat dengan mudah melakukan transaksi tanpa harus ke Bank, tentu hal ini akan berpengaruh terhadap para pekerja bank yang tidak lagi melayani proses transaksi.

Inilah tantangan di era revolusi industri 4.0, dimana setiap pekerjaan semakin dipermudah, tetapi berpotensi menghilangkan peran para pekerja. Lantas bagaimana dampaknya era revolusi industri 4.0 bagi para pelaku UMKM?

Tantangan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0

Sebagai pelaku UMKM dibidang pakaian, ternyata revolusi industri 4.0 ini sangat berpengaruh. Hal tersebut saya rasakan ketika mulai sulitnya memasarkan sebuah produk dengan persaingan pasar yang semakin ketat. Orang lebih suka berbelanja melalui online shop atau toko online ketimbang membeli pakaian di toko fisik ataupun di Mall. Belum lagi dengan adanya e-commerce yang mulai menjamur, orang berbondong-bondong berbelanja secara online karena banyak promo dan diskon yang ditawarkan.

Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi pelaku UMKM seperti saya yang menjual produk hanya dari satu toko fisik. Dampaknya revolusi industri 4.0 ini tentu akan berpengaruh terhadap pelaku UMKM yang belum melek terhadap teknologi. UMKM yang masih berjualan secara manual tentu akan tergilas dengan adanya e-commerce yang secara aktif menarik pelanggan untuk berbelanja secara online. Namun UMKM akan dapat bersaing jika mampu berekspansi pemasaran dengan langkah berikut ini;

UMKM kami yan mulai berekspansi memasarkan produk secara online.

W

Pelaku UMKM harus melek teknologi

Pelaku UMKM harus melek teknologi, karena semua teknologi memberikan dampak prositif guna mempercepat dan mempermudah segala sesuatunya.

W

UMKM menguasai pemasaran online

Digital marketing menjadi solusi alternatif bagi UMKM untuk berekspansi pemasaran agar mampu menjangkau pasar secara nasional maupun global.

W

UMKM mampu beralih ke E-Commerce

E-Commerce memberikan keuntungan yang bisa menjadi solusi alternatif untuk menjajakan produk di dunia online. Sehingga mampu menjangkau semua elemen masyarakat.

W

UMKM memiliki Website khusus

Website juga menjadi alat yang penting untuk memasarkan produk UMKM yang bisa memberikan value atau nilai tambah dari sebuah UMKM.

Tantangan bagi para pelaku UMKM saat ini tentu berfokus kepada pemasaran, agar produknya mampu menjangkau semua elemen. Oleh karena itu pelaku UMKM harus melek terhadap teknologi, agar bisa memanfaatkan teknologi sebagai solusi alternatif untuk mengembangkan UMKM. Tidak hanya itu, pelaku UMKM juga harus mengenal pemasaran online atau digital marketing. Hal ini berfungsi sebagai langkah mudah berekspansi memasarkan produknya secara online.

Ada banyak cara juga yang bisa dilakukan pelaku UMKM yang sulit memasarkan produknya, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan E-Commerce atau toko online yang sudah tersedia secara gratis. Dengan begitu pelaku UMKM mampu bersaing dengan Industri yang juga menjualkan produknya melalui toko online. Hal yang terpenting tentunya juga tidak terlepas dari website. UMKM harus berinovasi dengan menjadikan website sebagai alat untuk memasarkan produknya agar mampu menjangkau elemen pasar secara online.

Mengembangkan UMKM melalui Website

Selain E-Commerce, UMKM juga harus berekspansi memasarkan produknya melalui sebuah website. Website dirasa menjadi alat yang penting untuk mengenalkan produk kita ke masyarakat luas. Tidak hanya masyarakat yang berada di lokasi toko saja, tetapi juga mampu menjangkau masyarakat luas diseluruh Indonesia bahkan dunia. Hal ini tentu menjadi alasan mengapa sebuah website penting untuk dijadikan solusi alternatif memasarkan produk secara online. 

Manfaat memasarkan produk dengan menggunakan website tentu akan memberikan dampak yang akan mengembangkan UMKM dengan produk yang dikenal oleh masyarakat luas. Dan berikut ini diantara manfaat menggunakan website sebagai alat pemasaran;

Banyak orang yang mencari produk dan jasa secara online

Tidak sedikit orang yang sekarang ini pergi langsung membuka browser komputer mereka memakai mesin pencari untuk menemukan produk dan juga jasa. Tanpa sebuah situs web, maka sebuah usaha akan kehilangan satu potensi besar untuk bisa ditemukan oleh para calon pelanggan dari mesin pencari tersebut.

Marketing produk secara online

Membangun website yang efektif dan juga mengembangkan strategi pemasaran online bisa memberi ROI yang baik pada sebuah UMKM. Keuntungan marketing yang lain ialah bahwa tidak ada media yang lebih fleksibel dan juah lebih responsif pada bisnis selain sebuah situs web.

UMKM bisa berjualan dari mana saja

Dengan adanya sebuah website, tentunya kita dapat berjualan secara online dari mana saja. Kita bisa melakukan promosi secara online dengan menyertakan alamat website kita, dengan begitu orang bisa mencari informasi dengan menelusuri website kita dengan mudah dan cepat.

Komunikasi Pelanggan

Tidak ada cara yang lebih mudah dan juga lebih nyaman untuk mempertahankan kontak pelanggan selain dengan memakai media online. Dan lewat website UMKM, maka kalian bisa menjaga database kontak pelanggan, dengan begitu kalian bisa menawarkan produk setiap saat.

Wujudkan Website UMKM dengan Hosting Terbaik

Saatnya kita wujudkan website UMKM untuk bisa memasarkan produk secara online. Dengan begitu UMKM akan mampu bersaing dengan Industri atau perusahaan lainnya yang telah terjun melakukan pemasaran secara online. Karena website tidak hanya mampu menjangkau pasar lokal saja, tetapi juga mampu berekspansi ke kancah internasional. Namun tentu diperluakan hal terpenting dalam membuat sebuah website yaitu Hosting terbaik. 

Jangan Lupa! Pilih Hosting Terbaik Untuk Website UMKM-mu

Dengan hosting terbaik, tentunya akan memberikan pelayanan website yang maksimal. Apa jadinya jika website UMKM yang kita telah promosikan dan mulai banyak pengunjungnya tiba-tiba server down. Tentu akan berakibat fatal, dimana para pelanggan kita akan beralih ke toko online lainnya. Untuk menghindari hal itu, tentunya kita harus memastikan penyedia hosting terbaik dan terpercaya. Dan ini dia salah satu penyedia hosting terbaik untuk membuat website UMKM yaitu Niagahoster.

Bersama Niagahoster, Wujudkan Pemasaran UMKM Secara Digital

Bersama Niagahoster mari kita wujudkan UMKM Go Online di era revolusi Industri 4.0. Sebagai penyedia layanan hosting dan domain, Niagahoster siap menjadi pelengkap pemasaran UMKM secara digital. Dengan begitu UMKM tidak hanya  berfokus terhadap pemasaran secara offline, tetapi juga mampu mengembangkan pemasaran usahanya secara online. 

Mengapa Niagahoster ?

Niagahoster adalah sebuah platform penyediaan hosting yang telah berpengalaman dalam menyediakan semua keperluan hosting dan domain. Tidak hanya performanya yang berkualitas, namun ada beberapa alasan mengapa memilih hosting di Niagahoster, diantaranya sebagai berikut;

Harga Terjangkau

Niagahoster selain memberikan harga terjangkau juga kualitas terbaik

Server Uptime 99,98%

Server uptime dari Niagahoster mencapai 99,98% kualitas terbaik

Pelayanan Terbaik

Customer support dari Niagahoster siap melayani 24 jam/ 7 hari

Garansi Uang Kembali

Niagahoster juga memberikan jaminan garansi 30 hari uang kembali.

Harga Terjangkau

Harga memang menjadi faktor penting dalam membeli sebuah hosting. Pilihlah layanan hosting yang memiliki kualitas baik, jangan asal murah. Harga mahal juga belum tentu menjamin kepuasan pelanggan. Niagahoster walaupun dengan harga terjangkau, dapat dipastikan akan memberikan pelayanan yang terbaik. Jadi pilihlah penyedia yang layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan kita tetapi tetap berkualitas.

Pelayanan Terbaik

Hal ini juga menjadi syarat penting untuk membeli sebuah hosting pada penyedia layanan hosting. Diperlukan costumer support yang siap siaga selama 24 jam dalam 7 hari. Pertimbangan ini tentunya untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti server down tiba-tiba, namun masih dapat teratasi oleh layanan costumer support. Nah, layanan komunikasi Niagahoster meliputi tiket bantuan, email, live chat ataupun panggilan telepon dan semua siap sedia 24 jam/ 7 hari.

Server Uptime 99,98%

Point penting dalam menentukan masa depan website adalah performanya yang baik. Pilihlah penyedia layanan hosting yang memiliki performa server berkualitas. Bisa dibilang ini adalah jantungnya sebuah website, apabila performa server tidak baik tentu dampaknya akan berpengaruh terhadap performa website juga. Niagahoster tersedia server uptime hingga 99,98%, itu artinya dengan performa baik dapat mendukung kualitas website kita.

Garansi 30 Hari Uang Kembali

Fasilitas yang satu ini tentunya menjadi andalan bagi kita agar puas dengan kulitas hosting yang telah disediakan. Bukan apa-apa, pelanggan tentu ingin mencari kepuasan dari produk yang digunakan, ketika produk tidak sesuai dengan ekspektasi tentu harus ada jaminannya agar pelanggan tidak serta merta kecewa dengan produk tersebut. Niagahoster menjamin kepuasan pelanggan dengan garansi 30 hari uang kembali, tentu ini menjadi alasan penting untuk memilih jasa pelayanan hosting dari Niagahoster.

Kesimpulannya!

Ekspansi Pemasaran UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 tentu sangat diperlukan, agar UMKM mampu bersaing di kancah dunia. Untuk mewujudkannya juga diperlukan pengembangan pemasaran secara digital. Niagahoster hadir untuk membantu para UMKM mengembangkan pemasaran secara digital melalui website agar produk dan jasanya mampu bersaing secara global.

Niagahoster sebagai penyedia layanan hosting dan domain terpercaya mampu menjadi solusi alternatif untuk memecahkan masalah pemasaran bagi pelaku UMKM agar dapat berekspansi di era revolusi industri 4.0. Bersama niagahoster, mari kita ubah tantangan revolusi ini menjadi sebuah peluang agar UMKM terus maju dan sejahtera.

Discimer

Artikel ini diikutesertakan dalam Niagahoster Blog Competition 

Sumber Referensi

https://www.niagahoster.com

 

Copyright

Teks: Adhi Hermawan
Foto: Adhi Hermawan, Niagahoster
Ilustrasi: Freepik, Flaticon