Sensasi Cabai Hiyung yang Mengungkap Nikmatnya Rasa Pedas Masakan

Sebagai anak kos, seringkali saya mengamati beberapa teman saya saat makan. Anak kos seringkali memiliki selera makan yang berbeda-beda. Ada yang suka makanan manis, asin, atau bahkan pedas. Beberapa anak kos yang suka rasa pedas, mereka biasanya mengandalkan sambal untuk menambah sensasi pedas dalam makanannya. Rasa pedas pada makanan dapat menambah rasa nikmat dan mengubah sensasi makanan menjadi lebih berbeda. Sehingga, menambahkan sambal dalam makanan akan terasa lebih enak dan membuat ketagihan.

Beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa pedasnya sambal dapat memicu produksi endorfin dalam tubuh. Endorfin itu sendiri adalah hormon yang memberikan perasaan bahagia dan senang pada tubuh. Oleh karena itu, saat makan makanan pedas, seseorang akan merasakan sensasi bahagia yang menyertainya. Terlepas dari banyaknya varian sambal, ada salah satu jenis cabai yang berasal dari Kalimantan Selatan, Indonesia merupakan jenis cabai yang ideal untuk membuat sambal, yaitu Cabai Hiyung. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Cabai Hiyung:

Rasa Pedas yang Sangat Kuat

Seperti yang kita ketahui bahwa cabai memiliki rasa pedas, namun Cabai Hiyung memiliki rasa pedas yang unik dan berbeda dari cabai jenis lainnya. Rasa pedas ini cocok banget sama lidah orang Indonesia.

Berukuran Kecil

Fakta selanjutnya yaitu Cabai Hiyung memiliki ukuran yang kecil dan ramping, dengan panjang sekitar 2-3 sentimeter. Meskipun kecil, Cabai Hiyung memiliki tinggal kepedasan yang sangat kuat. Jadi, berani coba?

Tumbuh di Pegunungan

Selanjutnya, Cabai Hiyung tumbuh di daerah pegunungan, tepatnya di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan. Cabai Hiyung ini merupakan cabai yang istimewa karena proses penanamannya di lahan rawa yang cukup luas dan tingkat keasaman tanah yang tinggi. Penanaman Cabai Hiyung juga lebih unik dibandingkan penanaman cabai rawit pada umumnya yakni dengan penggunaan mulsa. Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah. Mulsa yang digunakan berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar areal penanaman, yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan gulma, mengurangi evaporasi tanah, dan melindungi tanaman dari terik matahari yang menyengat. Akhirnya, Cabai Hiyung yang dihasilkan sangat berkualitas.

Kandungan Nutrisi

Cabai Hiyung mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Selain itu, Cabai Hiyung juga mengandung kapsaisin, senyawa yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, mempercepat metabolisme tubuh, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Cabai Hiyung. Cabai Hiyung merupakan cabai yang cukup unik dan memiliki rasa pedas yang sangat kuat, serta mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tertarik untuk mencobanya?

Rahasia Nikmatnya Rasa Pedas dibalik Sambal ABC

Kurang lengkap rasanya jika menikmati makanan tanpa sambal. Sambal sudah melekat dalam setiap masakan Indonesia, itulah mengapa orang Indonesia suka sambal. Sambal menjadi andalan penambah rasa nikmat karena sangat cocok bila disandingkan dengan makanan apapun. Tentunya yang paling melekat di hati anak kosan yaitu Sambal ABC.

Alasan mengapa Sambal ABC paling digandrungi anak kosan seperti saya karena memiliki rasa yang khas dan otentik yang berasal dari Cabai Hiyung yang digunakan. Terdapat lima varian rasa yang mampu menggoyang lidah dalam setiap rasanya yaitu Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Sambal ABC sangat cocok untuk makanan apapun dari gorengan hingga makanan berkuah, kayak saya nih suka banget makan bakso dengan Sambal ABC. Klik link ini untuk informasi lebih lengkapnya ya!

Sambal ABC memang bukan sambal biasa, cita rasa yang kaya dan menambah kenikmatan pada setiap hidangan bagi masyarakat Indonesia. Yuk, beli sekarang di berbagai Official Store ABC Heinz Indonesia lewat e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Sambal ABC juga bisa dibeli di toko terdekat, selain online lho!