Notice: WP_Scripts::localize was called incorrectly. The $l10n parameter must be an array. To pass arbitrary data to scripts, use the wp_add_inline_script() function instead. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 5.7.0.) in /home/cre4ble/public_html/wp-includes/functions.php on line 5663
#AksiSehatCeria Hidup Sehat dimulai dari Gaya Hidupmu! - Adhi Hermawan
#AksiSehatCeria

Hidup Sehat Dimulai

Dari Gaya Hidupmu!

“Prevention is better than cure.” — Desiderius Erasmus    (Mencegah lebih baik dari mengobati.)”

This is my story

Ketika Sakit, Tubuh jadi Tak Berkutik

Semua memang berawal dari pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Kalau sudah sakit semua ikut terkena dampaknya, pekerjaan terbengkalai, tugas tak selesai, kondisi tubuh lemah lunglai, bahkan dompet pun ikut terkulai.

Itulah sebabnya lahir pepatah seperti ini “mencegah lebih baik dari pada mengobati” lebih baik kita menjaga kesehatan tubuh dari pada mengobatinya ketika sakit. Kalau sudah sakit, tentu tubuh jadi tak berkutik seperti ceritaku berikut ini!

Seperti biasa, waktu kerja yang tidak bisa diprediksi dengan tugas menumpuk lagi-lagi memaksa saya untuk lembur. Kalau sudah lembur, menyantap mie rebus pakai telor sudah menjadi sebuah kewajiban, belum lagi sambal pedas ditambah potongan cabai, rasanya sudah pasti nikmat sekali. Pulang kerja larut malam juga sudah menjadi hal yang biasa, belum lagi bermain medsos terkadang melenakan untuk tidur hingga larut malam. Alhasil waktu tidur saya tidak berjalan normal dan sudah dipastikan kurang tidur.

Penyebab penyakit: Makan makanan sembarangan (junk food), begadang atau waktu tidur tidak maksimal.

Pekerjaan menginput data produk ke komputer mengharuskan saya untuk terus duduk di atas kursi panas, kursi yang hanyaku ijinkan menghela nafas ketika saya bangun dari tempat duduk. Kalau sudah berada di depan komputer, sudah dipastikan saya lupa waktu, lupa makan dan lupa minum. Padahal disaat duduk lama dan berinteraksi dengan komputer, kita dianjurkan untuk banyak-banyak minum air putih. Terkadang saking sibuknya bekerja, jarang sekali kita berolahraga. Giliran waktu libur tiba, kebiasaan kita malah lebih memilih menghabiskan waktu bersama gadget ketimbang olahraga.

Penyebab penyakit: Pola makan yang tidak teratur, jarang mengkonsumsi air putih dan tidak pernah berolahraga.

Itu baru faktor internal, belum lagi dari faktor lingkungan. Baru saja keluar rumah untuk bekerja, sudah dihadapkan dengan kondisi macet di Ibukota. Polusi kendaraan bertebaran dimana-mana, bunyi klakson yang tak pernah lepas dari tangan pengemudi dan belum lagi desakan motor yang ingin mendahului, terkadang membuatku sedikit stress dengan kondisi yang ada. Inilah salah satu faktor munculnya penyakit seperti gangguan pernafasan, asma, strees, toxic, dan serangan radikal bebas lainnya. Kalau gaya hidup sudah seperti ini tentu dampaknya sangat buruk bagi kesehatan kita.
Kebiasaan diatas tentunya sangat buruk bagi kesehatan, pola makan yang salah, gaya hidup yang tidak sehat ditambah dengan faktor lingkungan yang tidak mendukung. Wajar saja kalau saya gampang sakit, kalau sudah sakit sudah pasti tak berkutik,  pekerjaan terbengkalai dan biaya pengobatan tentu tidak sedikit. Kalau kebiasaan gaya hidup yang buruk ini terus kita diamkan, lambat-laun akan menjadi sebuah penyakit yang mampu menyerang kita dari mana saja. Oleh karena itu pentingnya kita memulai hidup sehat dengan pola makan teratur dan menerapkan gaya hidup sehat.

Sehat Milik Semua Orang

Nikmati Hidup, dengan Gaya Hidup Sehat

Dari pengalaman diatas tentu saya sadar bahwa hidup sehat itu ternyata tak mudah bagi seorang pecinta gorengan dan thai tea seperti saya. Godaan untuk makan makanan berminyak dan cepat saji yang telah menjadi kebiasaan harus segera dihentikan, terlebih lagi saya jarang sekali berolahraga dan sering begadang, bisa-bisa berbagai penyakit sudah banyak yang antri. Nah, disamping ini adalah cara saya untuk mulai menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Hidup Sehat itu Dimulai dari Pola Makan Teratur

Jangan berharap memiliki tubuh sehat jika pola makan kita tidak teratur. So, ubahlah dari sekarang!

3 Pola Makan Sehat

Tubuh dengan lemak berlebih ini tentu memiliki dampak buruk tidak hanya pada kesehatan saya, tetapi juga mengganggu aktivitas saya. Walaupun orang bilang belum terlalu gemuk untuk seukuran tubuh saya, tetapi saya merasakan beberapa perbedaan dengan kondisi tubuh saya sebelumnya. Mulai timbul rasa bermalas-malasan, capek untuk berjalan jauh, lebih mudah lelah dan ngantuk jika harus duduk berlama-lamaan. Jadi saya rasa harus mulai memikirannya untuk memiliki tubuh yang ideal kembali.

Memiliki tubuh ideal adalah harapan semua orang, termasuk saya. Oleh karena itu menerapkan pola makan yang teratur akan mendukung kita dalam memiliki tubuh ideal dan sehat. Nah, berikut ini adalah tiga kategori yang harus diperhatikan dalam menentukan pola makan sehat.

Jenis Makanan

Pilihlah jenis makanan yang bergizi, rendah lemak dan hindari makanan siap saji.

Porsi makan

Porsi makan jangan berlebihan dan usahakan minum air putih setiap hari.

Jadwal Makan

Sesuaikan waktu yang tepat. Usahakan tidak makan berat dimalam hari.

Pilihlah Jenis Makanan yang Sehat

Makanan sehat pastinya ditentukan dari jenis makanannya. Pilihlah makanan yang memiliki gizi seimbang, seperti pedoman makanan sehat yang dulu pernah dikampanyekan di sekolah kita “empat sehat, lima sempurna”. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu.

Makanan saat ini juga sangat bermacam jenisnya, mulai dari olahan alami dan juga makanan olahan cepat saji yang terkadang cara pengolahannya pun sering kali asal – asalan dan asal matang, walaupun tidak semuanya begitu. Oleh karena itu pentingnya memilah jenis makanan yang sehat. Berikut ini tips memilah makanan yang sehat:

1. Makanlah aneka ragam makanan, asalkan bergizi dan memiliki nutrisi cukup seperti buah dan sayur
2. Batasi konsumsi lemak dan minyak seperti goreng-gorenagan, pemanis buatan dan gula berlebih
3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi
4. Biasakan sarapan pagi, jangan terlalu sering makan makanan cepat saji
5. Hindari minum minuman beralkohol, dan perbanyak minum air mineral
6. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan

Jangan berlebihan dalam makan, Atur porsi makanmu!

Kalau sudah kumpul bersama sahabat atau orang tercinta tentu kurang sedap tanpa acara makan-makan bersama mereka. Menu makanan yang berderet di atas meja tentu menjadi hidangan yang sangat disayangkan jika tidak disantap. Di saat seperti inilah porsi makan menjadi dua kali lipat dari biasanya. Alhasil lemak berlebih, karbohidrat dan semuanya bergabung menjadi satu. Boleh sih sesekali makan dengan porsi berlebih, asalkan dengan rentang waktu yang tidak terlalu sering, bisa satu bulan sekali atau dua bulan sekali.

Nah, berikut ini hal yang harus kita perhatikan dalam mengatur porsi makan;

1. Bagi kuota tubuh menjadi sepertiga bagian, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiganya lagi untuk nafas atau udara.
2. Atur porsi makan, sedikit tetapi sering.
3. Minum Air putih atau mineral minimal 2 liter sehari.

Jangan telat makan, usahakan makan tepat waktu!

Menunda-nunda waktu makan adalah hal yang buruk, sebisa mungkin kita makan tepat waktu. Jika kita memiliki penyakit maag tentu tidak dianjurkan untuk telat makan, oleh karea itu jangan sekali-kali menunda waktu makan. Makanlah tepat waktu, jadwalkan menu makan dengan mengkombinasikan jenis makanan dan porsi makanan untuk pola makan sehat. Dengan begitu untuk memiliki tubuh ideal akan kita nikmati dengan mengatur pola makan sehat.

Berikut ini tips dalam mengatur jadwal makan untuk pola makan yang sehat;

1. Jangan suka menunda-nunda waktu makan.
2. Usahakan makan malam dua jam sebelum tidur.

Gaya Hidup Sehat memberi energi positif bagi kesehatan

Menerapkan gaya hidup sehat akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan.

6 Tips Gaya Hidup Sehat

Olahraga Teratur

Untuk memulai hidup sehat saya membiasakan olahraga teratur setiap hari, jika tidak sempat minimal dua kali dalam seminggu. Untuk olahraga yang simpel seperti jogging dan lari pagi sebisa mungkin saya lakukan setiap hari agar menjaga tubuh tetap fit. Kalian juga bisa melakukannya dengan mulai menjadwalkan olahraga rutin dengan keluarga atau komunitas disekitar berolahraga bersama seperti senam, jogging dan sebagainya.

Bergerak Setiap Hari

Kalau sudah berada di depan laptop, sudah dipastikan anggota tubuh saya selain jari yang asik mengetik ini diam dan tak bergerak. Hampir dua tahun belakangan ini menjadi blogger aktivitas bergerak dalam keseharian saya berkurang, dan ini adalah hal buruk. Oleh karena itu gerakan ayo bergerak setiap hari ini penting untuk saya lakukan, yah minimal-minimalnya saya berjalan santai setiap pagi atau melakukan gerakan tubuh setiap satu jam sekali ketika harus berjam-jam mengerjakan tugas di depan laptop.

Tidur Cukup

Bagi kebanyakan dari kita, tidur mungkin terkesan sepele. Padahal, kita tahu kalau manfaat tidur sangat luar biasa. Tubuh seperti di-recharge, sel-sel tubuh yang rusak pun diperbaiki, dan tentunya rasa capek yang dirasakan bisa hilang. Perlu diketahui bahwa durasi tidur yang ideal adalah antara 6 sampai 8 jam per hari. Saya yang tadinya sering begadang untuk menyelesaikan tugas, sudah mulai menguranginya untuk tidak memotong waktu tidur. Mulailah dari sekarng untuk tidur tepat waktu dan bangun lebih awal dengan sehat.

Menjaga Lingkungan

Solusi hidup sehat tentu berada dilingkungan yang sehat, hijau dan segar tanpa polusi. Tentu dengan menjaga lingkungan hidup kita akan terbebas tidak hanya dari kuman tetapi juga terhindar dari penyakit-penyakit yang timbul dari lingkungan yang kurang bersih. Saatnya membiasakan diri untuk menjaga dan membersihkan lingkungan sekitar.

Menghindari polusi

Polusi tentu dengan mudahnya kita jumpai, apalagi di wilayah perkotaan. Seringnya kita tanpa sadar bahwa polusi berdampak buruk bagi kesehatan secara tidak langsung. Biasakan hindari polusi dengan menggunakan masker penutup hidung agar terhindar dari asap kendaraan maupun asap rokok.

Mengatur Posisi Duduk

Mengatur posisi duduk sangat penting, apalagi untuk para pekerja yang menghabiskan waktunya didepan komputer. Ternyata posisi duduk juga berpengaruh terhadap kesehatan, oleh karena itu biasakanlah untuk duduk dengan benar.

Berbagi Sehat untuk keluarga dan orang sekitar

Kesehatan itu bukan milik kita sendiri, tetapi milik semua orang. Oleh karena itu mari kita berbagi sehat.

2 Cara Berbagi Sehat

Sehat ternyata bisa dibagi lho!. Kok bisa?, jawabanya tentu jelas bisa dong karena sehat itu milik semua orang. Banyak orang sering mengabaikan bahwa sehat dengan cara berbagi itu bisa dilakukan. Sehat dengan berbagi tentu tidak hanya kita yang merasakan, tetapi orang tercinta disekeliling kita juga bisa merasakan. Nah, berikut ini adalah cara kita berbagi sehat dengan orang lain disekitar kita.

Donor Darah

Berbagi sehat tentu mudah salah satunya dengan donor darah. Karena manfaat donor darah, tidak hanya membuat tubuh sehat tetapi juga berbagi sehat dengan orang lain.

Berbagi Informasi

Berbagi informasi tentang kesehatan juga merupakan cara kita berbagi sehat. Oleh karena semakin banyak informasi yang kita ketahui, tentu semakin banyak juga informasi yang bisa kita bagikan.

Berbagi Sehat dengan Donor Darah

Salah satu cara kita berbagi sehat yaitu dengan cara donor darah. Donor darah merupakan aktivitas penting bagi masyarakat agar sehat tidak hanya dimiliki sebagian orang saja, tetapi juga untuk orang lain. Selain donor darah dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan darah, tentu banyak sekali manfaat donor darah, diantaranya seperti yang tertera dalam infografis berikut.
Nah, sudah tau kan manfaat dari donor darah, saatnya mulai berbagi sehat dengan melakukan aktifitas donor darah sekarang juga. Selain manfaatnya untuk membantu orang lain dalam membutuhkan darah kita, sembilan manfaat diatas juga bisa kita rasakan manfaatnya seperti kesehatan jantung, meningkatkan produksi seldarah merah, membantu menurunkan berat badan, bermanfaat bagi kesehatan psikologis, mendeteksi penyakit, turunkan resiko kanker, pemeriksaan kesehatan gratis, mengurangi kadar zat besi dalam darah dan merawat kesehatan organ hati.

Berbagi Informasi Kesehatan bersama Doktersehat.com

Berbagi sehat juga kita bisa lakukan hanya dengan cara berbagi informasi. Sekarang ini banyak sekali situs yang membahas tentang kesehatan dengan berbagai macam konten menarik yang mudah dicerna. Segala informasi yang kita terima tentu bisa kita bagikan kepada orang lain yang membutuhkan informasi tersebut. Semboyan “mencegah lebih baik daripada mengobati“, mendorong kita untuk memahami berbagai macam penyakit agar kita mampu mengatasi penyakit yang datang tiba-tiba dengan informasi yang telah kita dapatkan dari situs kesehatan.

Untuk memberikan atau berbagi informasi kesehatan tentu juga tidak asal, karena banyak situs yang hanya mementingkan jualan produk dari pada memberikan informasi yang akurat. Nah, salah satu rekomendasi situs kesehatan yang wajib kita kunjungi adalah Dokter Sehat. Pada situs ini banyak sekali manfaat yang bisa kita gali informasinya dan tentunya akan lebih akurat dan tidak asal dalam memberikan informasi tentang kesehatan.

Selain informasi kesehatan yang kita dapatkan di situs dokter sehat, kita juga bisa menggunakan beberapa fitur pendukung seperti konsultasi kepada dokter, memanfaatkan fitur kalkulator kesehatan seperti cek kalori, menghitung masa kehamilan dan kalkulator ovulasi/kesuburan dan analisa penyakit. Tidak hanya itu ada juga lho fitur share yang bisa kita gunakan untuk membagikan artikel atau informasi yang kita dapatkan kepada orang terdekat kita. 

Itulah pentingnya lebih baik mencegah dengan mengetahui informasi kesehatan, mengetahui gejala-gejala penyakit, melakukan tips sehat, dari pada mengobati ketika sakit tiba. Saatnya kita merubah pola hidup sehat kita dengan cara mengatur segala sesuatunya sesuai dengan pola makan sehat, gaya hidup sehat dan juga berbagi sehat, untuk menikmati hidup sehat. 

Siap Memulai Gaya Hidup Sehat ?

Saatnya berkunjung ke situs dokter sehat untuk dapatkan informasi kesehatan dan tips untuk memulai gaya hidup sehat.

Jangan lupa follow social media Dokter Sehat untuk dapatkan Informasi menarik lainya terkait gaya hidup sehat