Kiat Menulis Cepat Dalam Menciptakan Konten Blog Bersama ASUS X555

Menulis cepat bukan lagi perihal kebiasaan, melainkan sebuah keharusan bagi pembuat konten.

Pentingkah Menulis Cepat?
Peranan menulis cepat dalam berbagai aspek pembuat konten tentu sangat dibutuhkan, tidak hanya para jurnalis ataupun wartawan, tetapi juga blogger.
“Pinjam Buku Catatan Dong!”

Pasti pernah dong mengalami hal serupa. Ketika menulis tak secepat penghapus yang membumikan aksara di papan tulis, ketika suara dikte guru tak terdengar untuk dicatat atau ketika jemari ini enggan untuk mengetik, alhasil catatan kita kosong. Itulah kebiasaan “gagal menulis” yang sering saya alami sejak duduk di bangku sekolah hingga di perguruan tinggi.

Sulitnya menulis membuat saya selalu tertinggal materi yang telah disampaikan, bukan karena materinya yang banyak melainkan teknik mencatat yang saya lakukan kurang tepat, lagi-lagi meminjam catatan teman menjadi solusinya. Dari sinilah saya tergerak untuk mengikuti berbagai seminar literasi, mulai mempelajari teknik menulis yang baik dan benar, bergabung dengan komunitas penulis hingga pada akhirnya terjun ke dunia blogger.

Sebagai seorang blogger yang setiap harinya tak lepas dari menulis, tentu menulis bukan lagi sebuah kewajiban melainkan sebuah kebutuhan. Berbagi banyak hal kepada pembaca melalui konten artikel yang kita publish di blog. Menjadi blogger juga tidak serta merta menulis seenaknya kita, tetapi juga harus menguasai teknik menulis agar artikel kita tetap berkualitas. Nah, untuk menciptakan sebuah konten yang utuh tentu dibutuhkan teknik dalam hal menulis, salah satu teknik yang biasa saya gunakan yaitu menulis cepat.

Kenapa menulis cepat ini penting? tak lain dan tak bukan tentu agar kita lebih produktif dalam menciptakan sebuah konten. Menulis cepat juga tidak hanya dibutuhkan oleh jurnalis atau wartawan saja, tetapi juga blogger dan vlogger dalam menciptakan sebuah konten. Bagi blogger tentu menulis cepat dibutuhkan untuk membuat konten tulisan dan bagi seorang vlogger tentunya sebagai bahan pembuatan script dalam menciptakan konten video. Inilah beberapa poin penting yang bisa saya bagikan kepada sahabat pembaca tentang kiat-kiat menulis cepat.

Kiat Menulis Cepat dalam Membuat Konten Berkualitas
Menulis cepat, salah satu teknik yang harus dikuasai oleh seorang penulis baik itu jurnalis, wartawan, pengarang buku, maupun blogger. Namun, bagi sebagian penulis tentu tidak mudah dalam menulis cepat, dibutuhkan konsentrasi, ketenangan jiwa maupun mood booster ketika menulis.

Ada banyak sekali kategori penulis dengan aktivitas yang dilakukan mampu menyelesaikan tulisannya dengan cepat. Ada penulis yang membutuhkan tempat dengan suasana sunyi, ada yang semangat menulis ketika sambil mendengarkan musik klasik, kalau saya sih menikmati menulis sambil traveling, nah kalau kamu?. Tentunya apapun yang kita lakukan dan bagaimana pun cara kita menulis, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan ketika kita bisa menulis cepat.

Nah, Manfaat dari teknik menulis cepat diantaranya seperti yang terpampang di infografis berikut ini.

Menulis cepat ternyata memberikan kita banyak manfaat guys, diantaranya yaitu menyelesaikan pekerjaan maupun tugas-tugas kita dengan cepat dan lebih efektif, mampu mengikat ide yang terlintas ketika kita sedang menulis, tepat waktu dalam mengerjakan artikel tanpa harus dikejar deadline dan yang pasti menjadikan kita lebih kreatif lagi dalam merangkai kata.

Itu semua adalah sebagian manfaat dari menulis cepat, tentunya masih banyak manfaat lainnya ketika kita bisa mengaplikasikan teknik menulis cepat dalam keseharian kita. Lalu bagaimana cara untuk menerapkan teknik menulis cepat kedalam aktivitas kita? Nah, begini nih caranya!

Temukan garis besar Ide atau Gagasan

Untuk menulis sebuah artikel tentu bermula dari sebuah ide atau gagasan. Temukan garis besar dari ide atau gagasan untuk kita jadikan acuan dalam menulis cepat. Contohnya; sebelum menulis artikel tentang menulis cepat ini, banyak hal yang ingin saya sampaikan kepada pembaca tentang menulis, tentu ide-ide akan bermunculan dan ide itu menghasilkan garis besar tentang teknik menulis yaitu menulis cepat.
Nah, ketika sudah menemukan garis besar ide, langkah selanjutnya yaitu menjadikan garis besar tersebut untuk menjadi acuan dalam menulis. Apapun tulisan yang kita ingin sampaikan ke pembaca tidak boleh terlepas dari garis besar ini.

Buat Kisi-Kisi (Outline) / Peta Artikel

Setelah menentukan garis besar ide, langkah selanjutnya yaitu menggali lebih dalam materi atau pembahasan apa yang bisa kita tuliskan dengan membuat kisi-kisi (outline) atau peta artikel. Kalian tidak harus membuat sebuah peta atau kerangka, cukup membuat daftar pembahasan yang ingin kalian sampaikan dalam artikel tersebut. Misalnya dari ide “menulis cepat” aku ingin membahas tentang manfaat menulis cepat, teknik menulis cepat dan praktik menulis cepat.
Gambar di samping ini adalah contoh dari kisi-kisi (outline) atau peta artikel. Kalian juga bisa membuatnya melalui aplikasi android seperti mind map, edraw, list to do dan sebagainya.

Lakukan Riset atau Penelitian

Menulis tentu akan mudah dan cepat jika berdasarkan riset atau penelitian, karena apa yang kita amati maupun lakukan di lapangan akan menjadi bahan menulis kita. Tentu sangat berbeda isi artikelnya dengan orang yang tidak melakukan penelitian atau bisa dibilang hanya sekedar menulis tanpa mengetahui lebih dalam apa yang sedang ia tulis. Bahkan seorang youtuber review saja perlu mencoba smartphone dan menggunakannya selama berhari-hari ketika ingin membuat konten video review. Pastinya penelitian itu diperlukan dalam membuat konten dan bisa dikatakan bahwa riset itu adalah pengalaman kita.

Stop Perfeksionisme / Matikan Backspace

Terkadang kita tidak percaya diri dengan artikel yang sudah kita tulis. Tak jarang dari kita berkali-kali menggunakan tombol backspace untuk menghapus tulisan yang sudah kita buat sebelumnya. Jangan lakukan itu ketika menulis artikel karena akan menghambat proses menulis kita. Tidak hanya itu kita juga harus mencoba mengurangi “membaca berulang-ulang” kalimat demi kalimat yang sudah kita tulis karena akan membuang-buang waktu kita. Saatnya “stop perfeksionis” ketika kita sedang melakukan aktifitas menulis.

Jangan Lupa Edit dan Restrukturisasi

Nah, di sinilah tempatnya kita membaca ulang artikel yang sudah kita tulis. Fungsinya adalah untuk memperbaiki huruf yang typo, tanda baca yang terlewat, kata-kata yang tidak nyambung dan yang terpenting yaitu untuk restrukturisasi artikel jika menurut kita tidak tepat. Pada proses inilah kita diharapkan membaca ulang artikel kita dari awal hingga akhir paragraf untuk memperbaikinya jika terdapat kesalahan.

Gunakan Perangkat yang Mendukung

Pernah gak kalian mengalami hal semacam ini, sudah menulis capek-capek terus laptop mati karena kehabisan daya. Pastinya kesel, marah bercampur aduk, apalagi jika tulisan kita belum di save dan kemudian hilang begitu saja. Tentu hal ini tidak akan terjadi jika perangkat yang kita gunakan mendukung aktivitas kita menulis. Mungkin jika kita menulis menggunakan kertas akan tidak masalah, tetapi jika kita menggunakan perangkat multitasking yang bisa dibawa kemana-mana seperti laptop pastinya akan menemukan banyak masalah seperti baterai yang tidak tahan lama, layarnya yang tidak terang dan perfomanya yang lemot. Oleh karena itu diperlukan perangkat yang mendukung aktifitas kita menulis seperti laptop yang tahan baterai, layar enak dilihat, performanya bagus.

Ada rekomendasi laptop multitasking yang akan mendukung aktifitas kita menulis yaitu Laptop ASUS X555. Nah, penasarankan seperti apa kecanggihan dibalik laptop ini, berikut ini adalah ulasan tentang laptop ASUS X555.

Meningkatkan Produktivitas Menulis Bersama ASUS X555

Selain performanya yang mantab, ASUS X555

juga memiliki baterai yang tahan lama.

Semakin Produktif dengan ASUS X555
Saatnya semakin produktif dengan ASUS X555. Performanya yang mantab dibalut dengan fitur-fitur kekinian untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas tanpa batas.

Setelah hampir empat tahun berkecimpung di dunia blogger, tentu banyak sekali pengalaman yang telah saya dapatkan. Berkelana dengan cerita orang lain (blog walking), membubuhi kata-kata inspirasi dari para tokoh (quote), menambah informasi berupa desain (infographic), mengerakan elemen blog agar terlihat unik (animation) dan menguasai beberapa teknik menulis, salah satunya menulis cepat.

Blog saat ini juga tidak hanya berupa konten tulisan, tetapi juga menyajikan berbagai konten menarik seperti infografik, animasi dan video agar para pembaca betah berlama-lama mengunjungi blog kita. Kembali lagi, untuk menjadi seorang blogger yang produktif, perangkat multitasking tentu dibutuhkan seperti halnya ASUS X555 yang siap mendukung kita dalam menciptakan konten kreatif seperti infografik, animasi, video dan lain sebagainya.

Kenpa harus ASUS X555? Nah, sekarang coba kita kulik-kulik apa saja sih keunggulan dari ASUS X555. Let’s check it!

Daya Tahan Baterai Seharian

ASUS X series memiliki baterai dengan jenis Li-Polimer yang memiliki ketahanan baterai sampai dengan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion silinder

Rasa-rasanya seorang blogger butuh deh laptop yang bisa digunakan seharian walau tanpa colokan listrik. Apalagi saya hobi banget jalan-jalan, nah kalau ketemu tempat yang nyaman dan memberikan inspirasi untuk menulis tentu laptopnya harus standby dan baterainya juga harus tahan lama.

ASUS X555, sudah pasti pilihan yang cocok karena memiliki baterai dengan jenis Li-Polimer yang memiliki ketahanan baterai sampai dengan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion silinder.

Bahkan setelah diisi ulang hingga ratusan kali, baterai ini tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya. Wah cocok bangetkan liburan ajak ASUS X555!

Home entertainment pribadi ASUS X Series didukung oleh Prosesor

Notebook ASUS X Series didukung oleh Prosesor AMD® untuk performa yang halus dan responsif.

Mau jadi blogger yang profesional tentu harus punya reputasi baik dong, seperti halnya Notebook ASUS X555 yang telah didukung oleh Prosesor AMD®Quadcore A10 untuk performa yang halus dan responsif. Kinerjanya bisa dipastikan kilat, kita pun juga bisa menulis cepat dan deadline darurat udah pasti lewat.

Performanya didukung dengan grafis yang bagus dan memory controller di bagian dalam yang canggih, membuat X555 ini ideal digunakan untuk kebutuhan komputerisasi kita sehari-hari.

Bekerja dan bermain dalam satu perangkat ASUS X555 siapa takut!

Teknologi IceCool

Notebook ASUS memiliki design internal yang unik yang dirancang untuk mengatasi masalah terkait panas yang terjadi pada bagian bawah notebook pada umumnya.

Dalam menulis cepat kenyamanan bersandar diatas keyboard tentu dibutuhkan, semakin nyaman tentu kita semakin cepat dalam menulis.

Notebook ASUS X555 memiliki design internal yang unik yang dirancang untuk mengatasi masalah terkait panas yang terjadi pada bagian bawah notebook pada umumnya.

Teknologi ASUS IceCool menjaga temperatur notebook diantara 28 derajat sampai 35 derajat, hal ini menunjukkan bahwa panas yang dihasilkan lebih rendah dari temperatur yang dihasilkan oleh tubuh manusia, tentunya hal ini akan membuat kita mengetik lebih nyaman walaupun dalam waktu yang lama.

Smart Gesture | Multi-touch made easy

ASUS X series memiliki fitur multi-point touchpad dengan kombinasi teknologi ASUS Smart gesture yang memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih intuitif serta alami.

Awal-awal punya laptop, pernah gak sih bawa mouse kemana-mana padahal dilaptop kita sudah ada touchpadnya. Ribetkan!

Semakin hari tentu perangkat laptop semakin canggih, ASUS X series memiliki fitur multi-point touchpad dengan kombinasi teknologi ASUS Smart gesture yang memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih intuitif serta alami.

Kini menyentuh touchpad bisa dilakukan dengan berbagai gesture yang akan mendukung berbagai sentuhan perintah sehingga kita dapat melakukan zoom in/out, dan geser dengan touchpad dan pastinya tidak ribet membawa mouse lagi keman-mana.

Itulah beberapa keunggulan dari ASUS X555 yang bakalan mendukung aktivitas kita untuk lebih produktif. Sebenarnya tidak hanya itu keunggulannya, banyak sekali kelebihan dari ASUS X555 ini yang menjadi alasan kenapa laptop ini sangat cocok untuk kita para blogger yang ingin lebih produktif lagi dalam membuat sebuah konten.

Teknologi Asus Splendid

Warna yang tajam dan akurat pada layar tentu akan nyaman dipandang oleh mata, apa lagi saat sedang ngblog.

Hasil Full HD 1080p melalui HDMI

Aktivitas blog yang padat tentu butuh hiburan, apalagi bisa nonton dirumah bersama keluarga dengan TV layar lebar.

2-Second Instant Resume

Jadi gak perlu kuatir kalau tiba-tiba laptop mati, karena data kita akan tersimpan secara otomatis dan bisa dibuka dan dilanjutkan.

Teknologi SonicMaster

Teknologi Sonic Master tentu memberikan kita kualitas suara yang dalam dan  jernih  dengan audio terbaik.

Konektivitas yang Luas

Kini memindahkan berkas penting tidak sulit, karena ASUS X555 dilengkapi USB 3.0, HDMI dan VGA ports, 2-in-1 SD/SDHC card reader.

ASUS WebStorage

Kebutuhan menyimpan file bisa kapan saja dan dimana saja tanpa takut file hilang, karena ada ASUS WebStorage.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dari ASUS X555 yang bikin mupeng banget. Udah gak sabar ya pastinya pengen buru-buru ganti laptop di tahun ini, yang pasti saya pengen juga ganti laptop ASUS X555 yang sangat recommended banget buat nulis dengan baterai yang bisa bertahan lama hingga seharian. Keren banget gak tuh!

Bagi kalian yang memiliki niatan untuk membeli laptop, saya sarain buat beli laptop ASUS yang perfomanya canggih dan bagus seperti ASUS X555. Dengan spesifikasi yang mumpuni tentu akan mendukungmu semakin produktif untuk berkarya. ASUS X555 juga dijual di Tokopedia lho, jadi kalian tidak perlu bingung cari-cari lagi tempatnya.

Akhir kata, ASUS X555 merupakan laptop yang recommended banget buat blogger, karena performanya yang mantab akan mendukung aktivitas kita seharian dengan daya tahan baterai yang bisa dibilang tahan lama hingga seharian. So, saatnya makin produktif dengan ASUS X555.

Jangan lupa untuk #GantiLaptopASUS, dapatkan penawaran menarik ASUS X555 di Tokopedia.