Temukan Ide Desain dari Inspirasi Rumah Bergaya Graphical Pop

Sebagai seorang desainer, saya tentu butuh inspirasi ide ketika mengalami artblock. Tapi terkadang inspirasi itu bisa datang dari dalam rumah kita lho. Cari tahu yuk inspirasinya!

Pernah gak sih kalian mengalami ide buntu saat melakukan kreativitas?

Ngomongin ide buntu, sering kali saya alami saat melakukan aktivitas desain. Di kalangan para seniman, ide buntu biasa disebut dengan istilah artblock. Kondisi semacam ini terjadi ketika pekerja kreatif tidak dapat mengeluarkan ide atau kreativitasnya karena ada suatu hal yang tidak jelas yang membuat mereka ‘stuck‘ dalam berkarya. 

Ide buntu biasanya dipicu oleh beberapa faktor diantaranya karena terlalu lama vacum di dunia seni, sulitnya berimajinasi atau merasa bosan dan jenuh saat berkarya. Sehingga artblock sering kali menyebabkan perasaan tidak semangat, buntunya kreativitas dan juga penurunan kualitas dari karya yang dihasilkan.

Kalian pasti pernah dong mengalami kondisi semacam artblock atau buntu ide. Kalau saya sendiri sih, bisanya mengalami artblock ketika jodoh tak kunjung datang, ditambah para mantan datang tiba-tiba sebar undangan. Ups! 

Oh iya, Jangan menganggap remeh ketika gejala artblock datang melanda, karena bisa berdampak pada penurunan kualitas pada hasil karya kita. Tetapi tenang saja, setiap permasalahan tentu ada solusinya, termasuk saat kita dihantui masalah seperti datangnya ide buntu.

Solusi Artblock Untuk Para Desainer

Suatu ketika saya pernah mengabaikan artblock dan memaksa melanjutkan job desain karena dikerjar deadlineYa, dapat dipastikan hasilnya pun ala kadarnya. Alhasil, Komplain pun datang dari pelanggan dengan revisi desain yang bertubi-tubi. Dampaknya tentu berpengaruh kepada reputasi dan kredibilitas saya sebagai seorang desainer.

Oleh karena itu pentingnya kita mengetahui solusinya agar terhindar dari kondisi ‘stuck’ kreativitas atau buntu Ide. Nah, di bawah ini merupakan tips yang saya lakukan untuk mencegah artblock. Yuk Simak Infografis berikut ini!

Infografis di atas pastinya bisa menjadi solusi jika kita mengalami artblock saat melakukan kegiatan desain. Berdasarkan pengalaman saya, langkah tersebut sangat manjur untuk mengembalikan imajinasi dan kreativitas kita dalam menggali ide desain. Kalau ide sudah di tangan tentu karya akan menghasilkan desain yang berkualitas. Nah, berikut ini penjabaran dari solusi di atas!

1. Refresh Otak dengan Main Game

Bermain game ternyata bisa menjadi mood boster bagi sebagian orang. Ketika bermain game pastinya kita akan melupakan sejenak permasalah yang ada dan mulai me-refresh otak kita dengan tantangan yang ada dalam game tersebut. Bisa saja dengan bermain game dapat menemukan ide-ide desain yang baru. 

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Tubuh terasa lemas dan kurang bersemangat salah satu faktornya adalah makanan yang kita konsumsi. Dengan memakan sesuatu yang penuh nutrisi dan vitamin seperti sayuran dan buah-buahan maka kebutuhan tubuh kita akan tercukupi. Dengan begitu berkarya akan lebih terasa menyenangkan.

3. Traveling Bersama Sahabat atau Keluarga

Jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan, saatnya ajak keluarga atau sahabat traveling bersama. Bisa jadi kesuntukan yang menghambat ide tak kunjung datang. Dengan traveling pastinya bisa membantumu menyegarkan otakmu kembali untuk berimajinasi dan berkreasi.           

4. Mencari Referensi

Seperti yang sudah saya lakukan, mencari referensi juga penting dilakukan. Dengan berdiam diri di kafe atau tempat tongkrongan, bisa lho memunculkan ide-ide baru tentunya sambil menyeruput secangkir kopi ditemani roti bakar. Kalian bisa juga mencari referensi dengan membaca atau sekedar browsing.

5. Ganti Dekorasi Ruangan

Ruangan yang monoton dan gitu-gitu aja biasanya jadi faktor penyebab ide buntu. Re-desain atau dekorasi ruangan tentu bisa menjadi solusinya. Ruangan pun akan terihat lebih cerah dan menyenangkan. Bisa saja Ide desain muncul dari ruangan yang telah kita perbaharui.

Ngomongin dekorasi ruangan nih, ada salah satu gaya inspirasi rumah Home Decor ala Informa yang membuat saya tertarik untuk menguliknya yaitu graphical pop. Gaya ini cukup menginspirasi karena kombinasi ruangan yang minimalis ditambah dengan sentuhan warna pastel yang menyegarkan. Pastinya cukup menginspirasi jiwa muda saya sebagai seorang pekerja kreatif. Mau tahu gaya graphical pop? simak ulasannya dibawah ini!

Inspirasi Rumah

Grapical Pop

Gaya ini mampu membangkitkan suasana menyenangkan di hunian bertema minimalis. Graphical Pop dapat menjadi pilihan bagi kita yang energik dan berjiwa seni tinggi.

Ide buntu terkadang datang tiba-tiba saat saya melakukan desain. Hal ini lantaran suasana ruangan berpengaruh terhadap imajinasi.

Kalau suasanya monoton apalagi desain ruangan dengan warna yang kurang tepat, tentu akan membuat sebagian orang seperti saya sulit untuk menemukan ide desain.

Jadi, inspirasi rumah bergaya graphical pop, bisa menjadi solusi untuk merubah suasana ruangan menjadi lebih segar dan menyenangkan.

Lalu apa saja yang harus saya persiapkan untuk mengubah ruangan monoton menjadi gaya graphical pop? Nah, Ini dia langkah-langkahnya!

1. Mengkombinasikan Warna Pastel dan Monokrom

Konsep ruangan modern dengan gaya Graphical Pop memiliki nuansa yang lembut dan menyegarkan. Tentunya kita membutuhkan perpaduan warna pastel dan monokrom yang pas untuk gaya graphical pop. Furnitur berwarna monokrom dengan aksesoris berwarna pastel tentunya menjadikan ruangan menjadi lebih nyaman.

Nah berikut ini contoh pengaplikasian gaya Graphical Pop pada ruangan.

Pengaplikasian Gaya Graphical Pop untuk Ruang Tamu.

1. Sofa Maine berwarna abu-abu klasik

2. Bantal dekorasi berwarna pastel

3. Harvest Cabinet untuk koleksi buku dan majalah

Pengaplikasian Gaya Graphical Pop untuk Kamar Tidur Anak.

1. Ragam warna pastel yang cerah untuk lapisan ruangan

2. Pacal Triplet Bunkbed mengajarkan anak untuk berbagi

3. Bean Bag dan Mini London Table Chail untuk aktivitas anak.

2. Furnitur Material Kayu 

Gaya Graphical Pop juga bisa dikombinasikan dengan furnitur berbahan material kayu. Furniturnya tentu yang memiliki warna cerah agar selaras dengan warna disekitarnya. Material kayu juga mengubah suasana ruangan menjadi lebih minimalis.

3. Dekorasi Motif Print

Dekorasi dengan motif print baik itu pajangan foto, divider dan storage akan lebih menyempurnakan Gaya Graphical Pop.

Motif print bergambar abstrak seperti gambar di samping ini memperlihatkan tipe yang energik dan berjiwa seni yang tinggi.

Gunakan Divider Black & White dengan Canvas Print dan Graphical Cube Storage.

Itulah gaya Graphical Pop yang bisa kita aplikasikan dalam ruang belajar, ruang bekerja, ruang tamu, kamar tidur atau dapur sekali pun untuk menciptakan suasanya yang energik dan menyengkan. Kita bisa mewujudkan suasanya seperti itu dengan produk furnitur yang telah tersedia di Informa. Bersama Informa kita bisa memiliki furnitur idaman untuk kita apliakasikan di dalam rumah Impian kita.

Ayo Dekorasi Rumah Impian Bersama Informa

Kini tidak perlu bingung dekorasi rumah impian, karena sudah ada INFORMA yang siap melengkapi furnitur idaman dengan berbagai produk mulai dari ruang tamu hingga perlengkapan dapur.

Kenapa Informa ?

Mudah

Store Informa tersebar di seluruh Indonesia

Lengkap

Menyediakan berbagai macam produk sesuai kebutuhan

Informa Reward

Nikmati keuntungan lebih menjadi member Informa

Mengusung konsep one stop shopping untuk semua produk furnishings, Informa hadir untuk melengkapi segala kebutuhan rumah idaman mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga perlengkapan dapur. Informa juga menyediakan berbagai koleksi berkualitas untuk hunian, kantor, aksesoris, sampai ruang komersial.

Setiap saat Informa selalu menampilkan beragam gaya dan desain terbaru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap furnitur idaman. Dengan konsep inilah, Informa furnishings mampu mengembangkan konsep terbarunya yaitu “desain inovatif dan tahan lama dengan harga terjangkau”. Tak herankan kenapa banyak orang berbondong-bondong memilih Informa untuk melengkapi rumah impian mereka.

Key Facts Informa

Hadirnya Informa dengan berbagai pilihan produk furnishing telah mewujudkan banyak orang memiliki furnitur idaman untuk rumah impian mereka.

Terbukti lebih dari lima ratus ribu orang telah bergabung menjadi bagian dari Informa sejak tahun 2005. Informa juga mampu meningkatkan keikutsertaan pengunjung untuk menjadi pelanggan setia (membership) yang mencapai 90.ooo member setiap tahunnya.

Kepuasan pelanggan tentu menjadi prioritas Informa. Dari data yang ada, lebih dari 4.000.000 pengunjung dan pelanggan mengunjungi Informa setiap tahunnya. Itulah yang menjadi bukti kesetiaan pelanggan terhadap Informa. 

People Membership in 2005

Increase Membership / year

Customers & Member Visit

Kelebihan Belanja di Informa

Tren belanja secara online semakin hari semakin berkembang karena kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan kepada pelanggannya. Namun, bagaimana dengan belanja online produk-produk dengan ukuran yang besar seperti sofa, meja makan, lemari pakaian hingga matras tidur. Padahal barang tersebut menjadi salah satu pelengkap rumah idaman. 

Tenang! Informa pastinya hadir sebagai solusi mengatasi masalah tersebut. Berbagai pelayanan mulai dari pembayaran hingga delivery semua tersedia di Informa. Nah ini dia kelebihan Informa untuk mewujudkan furnitur idaman, terpampang ciamik di rumah idaman Anda.  

Produk Banyak

Banyak pilihan produk furnishing yang telah dihadirkan di Informa

Banyak Promo

Yang tak kalah pentingnya yaitu banyaknya promo yang dihadirkan

Pembayaran Mudah

Pembayaran menjadi mudah karena telah terintegrasi secara online

Pengiriman Mudah

Tak perlu kuatir soal pengiriman, bisa juga ditunggu di rumah

Selain berbelanja produk furnitur dilakukan di informa store, Informa juga dapat diakses melaui website, bahkan saat ini sudah tersedia aplikasi Informa Mobile yang memudahkan kalian berbelanja produk furnitur tanpa harus keluar rumah. Secara praktis, kita dapat temukan foto, nama, harga hingga informasi produk terlengkap saat membuka halaman Informa Online.

Keunggulan Informa juga terletak pada banyaknya produk furnitur yang tersedia, jadi kita bebas memilih produk mana yang cocok untuk rumah idaman. Selain alat pembayaran konvensional seperti debit online dan cicilan 0% menggunakan kartu kredit Bank ternama, Informa juga telah bekerja sama dengan metode pembayaran digital atau biasa disebut “uang elektronik” yaitu OVO. Pastinya pembayaran semakin mudah karena telah terintegrasi secara online.

Belanja tentu akan semakin menyenangkan karena di Informa terdapat banyak diskon dan promo. Ditambah lagi dengan potongan biaya ongkir atau bahkan gratis dengan pembelian senilai minimal, sesuai ketentuan yang berlaku. Jadi, kita cukup tunggu barang sampai ke rumah idaman. Tak cukup sampai disitu, ini dia kelebihan lainnya dari Informa.

Mudah

Store Informa tersebar di seluruh Indonesia dan bisa dibeli secara online.

Lengkap

Informa menyediakan berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mulai dari produk untuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, kantor, hingga aksesoris rumah tangga.

Informa Reward

nikmati keuntungan lebih jadi member mulai dari gratis pengiriman hingga bayar pakai poin.

Saatnya kunjungi Store Informa terdekat yang telah tersedia di lebih dari 31 kota di Indoneisa. Lengkapi berbagai kebutuhan ruang mulai dari furnitur, dekorasi rumah, perlengkapan rumah tangga, peralatan dapur, aksesori, serta hobi dan gaya hidup terlengkap di Informa.

Belanja juga lebih mudah dengan informasi ketersediaan produk yang telah tersedia dalam katalog online. Dapat dipastikan bahwa produk yang muncul di dalam website maupun Informa mobile apps adalah produk yang tersedia dan bisa kita beli. Apalagi kalau kita menjadi membership Informa, tentu akan lebih banyak keuntungannya!

Langkah Mudah Jadi Member Informa

Berbagai manfaat juga bisa kita dapatkan jika kita tergabung menjadi member Informa. Keuntungan seperti point rewards, spesial diskon untuk member, merchant promo dan berita terkait produk dan promosi akan kita dapatkan secara uptodate. 

Ayo saatnya bergabung menjadi member Informa! cukup dengan 5 langkah mudah berikut ini, kita bisa sepenuhnya menjadi  bagian dari promo dan diskon menarik yang menguntungkan.

5 Langkah Mudah Jadi Member Informa Reward

Registrasi di Informa.co.id

Daftarkan diri Anda melalui website Informa 

Isi seluruh data diri dengan lengkap dan benar

Membayar Biaya pendaftaran di store Informa

Lakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp100.000 di store Informa terdekat

mendapat email berisi nomor member

Setelah transaksi pembayaran berhasil, Anda akan mendapat email berisi nomor member dan nomor TIM (Temporary Informa Membership)

Download aplikasi Informa di smartphone

Download aplikasi Informa di smartphone 

Aktivasi Member dan Jadilah member informa

Klik tombol Informa Reward

Akan muncul tombol  Konfirmasi Member atau Daftar Baru

Lakukan verifikasi dengan masukkan nomor member dan nomor TIM

Informa membership telah terverifikasi

Aplikasi Siap digunakan!

Ini dia salah satu kenyamanan paling utama saat menjadi member informa. Berbelanja semakin mudah karena sudah tersedia Informa Mobile Apps. Kita cukup membuka smartphone atau laptop sambil bersantai di ruang keluarga dan memilih produk yang diinginkan untuk dikirim ke rumah. Prosesnya yang cepat dan aman sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya. Jika ingin lebih cepat, setelah belanja online, kita juga bisa memilih fitur Self Pick-Up dengan memilih toko Informa terdekat.

Jadi, tidak perlu ragu dan kuatir lagi! Ayo nikmati layanan, promo diskon dan kemudahan belanja online furnitur dan aksesoris rumah dengan menjadi member Informa. Transaksi dan berbelanja pun dapat dilakukan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun kita berada.

Kesimpulanya…

Inspirasi ide itu bisa datang dari mana saja, termasuk di dalam rumah. Dengan dekorasi yang minimalis dan menyenangkan bergaya Grapical Pop, ide bisa datang kapan saja.

Saatnya jadikan rumah sebagai inspirasi bersama Informa, karena berbagai kebutuhan dekorasi tersedia di Informa.

Informa, furnishing with style!

Saatnya Dekorasi Ruanganmu!

Daftar

Referensi

Disclimer

Artikel ini diikutesertakan dalam Inspirasi Rumah Blog Competition Bersama Informa

Sumber Referensi

https://informa.co.id/company

https://informa.co.id/inspirations

Infografis / Illustrasi

Infografis: Adhi Hermawan

Ilustrasi: freepik.com. flaticon.com

Gambar: Informa/graphic pop

Video / Youtube

Chanel Youtube: Informa Furnisihing

Follow juga media sosial Informa untuk dapatkan Informasi menarik terkait layanan, produk dan promosi